Login to Website

Login dengan Facebook
Mau Beriklan di Ceriwis? Klik disini

 

Balas Posting
SHORT URL : http://ceri.ws/1005836
 
LinkBack Thread Tools
Old 27th May 2012   # 1 (permalink)
 

rajamacan's Avatar
Ceriwis Lover
Join : May 2012
Posts : 1,987
rajamacan mempunyai hidup yang Normal 6
THREAD STARTER

10 kota terkumuh di Indonesia


lagi jalan-jalan malam di jalan raya dan melewati rel kereta api, ane melihat rumah-rumah berhimpitan sekitar 100 meter dari pintu rel kereta api. Pulang ke rumah ane langsung buat thread ini. semoga agan-agan bisa mengenal lebih dalam tentang kawasan kumuh di sekitar kita, sehingga bisa lebih peduli bukan menggusur. mereka juga toh punya masa depan, seperti kita semua



thread ini ane buat berdasarkan data dari DEPARTEMEN PEKERJAAN UMUM DIREKTORAT JENDERAL CIPTA KARYA DIREKTORAT PENGEMBANGAN PERMUKIMAN SUB DIREKTORAT KAWASAN METROPOLITAN tentang pemukiman kumuh yang mengurutkan sepuluh besar kota dengan pemukiman kumuh terluas (ha), silakan menikmati thread ini




[/quote]
Quote:
 






Originally Posted by kawasan kumuh



Kawasan kumuh adalah sebuah kawasan dengan tingkat kepadatan populasi tinggi di sebuah kota yang umumnya dihuni oleh masyarakat miskin. Kawasan kumuh dapat ditemui di berbagai kota besar di dunia. Kawasan kumuh umumnya dihubung-hubungkan dengan tingkat kemiskinan dan pengangguran tinggi. Kawasan kumuh dapat pula menjadi sumber masalah sosial seperti kejahatan, obat-obatan terlarang dan minuman keras. Di berbagai negara miskin, kawasan kumuh juga menjadi pusat masalah kesehatan karena kondisinya yang tidak higienis.






Quote:
 






Originally Posted by sepuluh besar





pernahkah agan melihat rumah berdindingkan kardus? di pinggir rel atau dikolong jembatan? itukah masalah kota yang harus diberantas? atau keborokan pemerintah yang tidak bisa melindungi rakyatnya? pro atau kontra yag pasti kawasan kumuh tumbuh menjamur di kota besar di bawah ini






Quote:
 






Originally Posted by posisi 10





Posisi 10. Kota Medan




[/spoiler]
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for medan:








salah satu kawasan kumuh di medan













Kota medan sebagai salah satu basis bisnis di sumatra menawarkan banyak uang yangmengakibatkan proses urbanisasi meningkat, berbondong bondong masyarakat desa pergi kota untuk memperbaiki hidup mereka.



di Medan terdapat 165 titik lokasi daerah perkumuhan dengan luas wilayah sebesar 31 ha, kalau agan pengen tahu jumlah rumah kumuh sebanyak 14,101 rumah dengan 15,927 keluarga. kalau kita totalkan jumlah masyarak kumuh disana sebanyak 63,708 jiwa, itu baru posisi ke-10.
Spoiler for open this:








Spoiler for open this:
Quote:
 





Posisi 9. Kota Semarang



Quote:
 
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for kota semarang:














seorang ibu menajajakan jualanya di satu titik wilayah kumuh di Semarang.











Kota Semarang sudah menjadi pusat perdagangan sejak dulu kala, menopang banyak kota disekitarnya menjadikan primadona tersendiri. tumbuhnya pusat-pusat bisnis dan perdagangan menjadi ladang tersndiri bagi kaum yang terpinggirkan. Menurut data Potensi Desa tahun 2008, sebaran permukiman kumuh di Kota Semarang paling besar adalah di Kelurahan Kalibanten Kulon Kecamatan Semarang Barat 133 sebagai titik lokasi daerah kumuh dengan luas 40 ha. Kota Semarang juga memiliki 7,365 jumlah bangunan kumuh dengan 8,239 Keluarga dan 32,956 Jiwa.








Spoiler for open this:
Quote:
 






Originally Posted by Kota Surabaya



Posisi 8. Kota Surabaya


Quote:
 
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for kota Surabaya:






daerah kumuh di surabaya













Surabaya sebagai Kota Terbesar kedua setelah Jakarta dengan pelabuhan yang padat aktivitas sangat menjanjikan bagi kaum pendatang, tetapi tidak tanpa keterampilan. Kota ini memiliki 141 titik perkumuhan dengan luas sebesar 59 ha dan 6,158 unit rumah dengan 6,958 Kepala Keluarga dengan jumlah jiwa sebsar 27,832 orang.
Spoiler for open this:








Spoiler for open this:
Quote:
 






Originally Posted by Kota Jakarta Pusat



Posisi 7. Kota Jakarta Pusat


Quote:
 
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for kota Jakarta Pusat:








salah satu pasar tradisional yang berdiri di atas rel, di Tanah tinggi Jakarta Pusat.











Jakarta pusat sebagai pusat perkantoran di Jakarta dan Indonesia mempunyai kondisi terbaik dengan kota lain di Jakarta dengan mempunyai 446 titik daerah kumuh. Luasnya hanya 169 ha dengan jumlah 10,505 unit rumah. Jumlah Kepala Keluarga yang enempati wilayah ini sebanyak 23,162 Kepala Keluarga dengan 90,464 Jiwa.
Spoiler for open this:








Spoiler for open this:
Quote:
 






Originally Posted by Kota Bandung



Posisi 6. Kota Bandung


Quote:
 
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for kota Bandung:








Tampak rumah padat penduduk di Cihampelas yang berdampingan dengan Mal ternama di Kota Bandung. Kemiskinan dan kualitas lingkungan yang rendah adalah hal yang mesti dihilangkan tetapi tidak dengan menggusur masyarakat telah bermukim lama di lokasi tersebut. Photo by Fachry Latief











Kota Bandung sebagai Kota Wisata, Pendidikan, dan Bisnis Kreatif berpenduduk super padat. Lokasi kumuh yang terdata sebanyak 367 titik dengan luas sebesar 202 ha. Jumlahnya pun dikatakan luar biasa yaitu sebanyak 26,264 rumah dengan 30,281 Kepala Keluarga dan 121,124 Jiwa.
Spoiler for open this:












Spoiler for open this:
Quote:
 






Originally Posted by Kota Jakarta Selatan



Posisi 5. Kota Jakarta Selatan


Quote:
 
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for kota Jakarta Selatan:








salah satu pemukiman kumuh di Jakarta Selatan











Di ujung selatan kota Jakarta ini menmpati posisi ke-lima setelah Kota Bandung dengan 325 titik wilayah kumuh, luasnya 277 ha dengan banyak bangunan sebanyak 19,748 buah dan 18,658 Keluarga dengan 73,228 Jiwa.
Spoiler for open this:








Spoiler for open this:
Quote:
 






Originally Posted by Kota Jakarta Timur



Posisi 4. Kota Jakarta Timur


Quote:
 
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for kota Jakarta timur:








salah satu titik daerah kumuh di Jakarta Timur.











Jakarta timur mempunyai 339 titik daerah perkumuhan dengan 282 ha luasnya. Dalam wilayah itu sebanyak 22,184 unit rumah berdiri dengan 25,162 Kepala Keluarga atau 93,345 jiwa.
Spoiler for open this:








Spoiler for open this:
Quote:
 






Originally Posted by Kota Makassar



Posisi 3. Kota Makassar


Quote:
 
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for kota Makassar:






seorang anak berenang diantara sampah di pemukiman padat di Kampung Lette, Makassar











Makassar menjadi kuda hitam perekonomian di Indonesia mewakili Indonesia bagian timur. banyak tokoh-tokoh hebat lahir di Kota ini. juga permasalahan kotanya. 285 titik tercatat sebagai wilayah kumuh dengan luas 323 ha, didalamnya terdapat 11,629 bangunan berdiri dan dihuni 17,278 Kepala Keluarga dengan total 69,112 Jiwa.
Spoiler for open this:








Spoiler for open this:
Quote:
 






Originally Posted by Kota Jakarta Utara



Posisi 2. Kota Jakarta Utara


Quote:
 
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for kota Jakarta Utara:








pemukiman kumuh di pinggir sungai, salah satu daerah kumuh di Jkarta Utara











Posisi kedua berada pada Jakarta Barat, dengan 531 titik daerah kumuh dan mempunyai luas 407 ha, dengan 31,879 unit bangunan yang dihuni 42,084 Kepala Keluarga dan 165,142 Jiwa.
Spoiler for open this:








Spoiler for open this:
Quote:
 






Originally Posted by Kota Jakarta Barat



Posisi 1. Kota Jakarta Barat


Quote:
 
[spoiler=open this] for kota Jakarta Barat:








Salah satu wilayah terparah di Jakarta Barat. Padahal, wilayah ini pernah meraih predikat sebagai kampung paling rapi, bersih, dan indah se-Jakarta Barat pada 1980-an. Tetapi, kini daerah tersebut kumuh dengan bau busuk yang menyengat hidung akibat limpahan air yang tidak pernah surut sejak 22 tahun lalu.













Jakarta Barat sebagai posisi paling wahid.



"Rinciannya 37 RW kumuh ringan, 48 RW kumuh sedang dan 10 RW kumuh berat. Dan total ke 95 RW kumuh tersebut dihuni sekitar 147.593 jiwa," ucapnya kepada wartawan di Jakarta, Senin (12/3/2012).



Kata Darma, 95 Rukun Warga (RW) kumuh dengan kategori berat terdapat di wilayah Kecamatan Cengkareng, yaitu Kelurahan Cengkareng Timur di RW 03 dan Kelurahan Kedaung Kali Angke di RW 02.



"Untuk di Kecamatan Tambora terdapat di RW 03, 09 dan 10, Kelurahan Angke. di Kecamatan Kalideres terdapat di RW 02 Kelurahan Semanan dan Kecamatan Kebon Jeruk di RW 02 Kelurahan Kebon Jeruk. Sisanya ringan dan sedang tersebar pada delapan kecamatan," tuturnya.



Data dari Ciptakarya tercatat 531 titik wilayah perkumuhan seluas 407 ha dengan jumlah bangunan sebanyak 31,879 unit dihuni oleh 42,084 Kepala Keluarga dengan total 165,142 Jiwa.







Quote:
 








Quote:
 






Originally Posted by kumuh di Indonesia





berikut adalah diagram batang mengenai luas daerah kumuh di Indonesia (ha) berdasarkan kota.







untuk agan agan yang pengen mempelajari lebih lanjut, bisa dillihat digital map kawasan kumuh metropolitan di link di bawah ini :



http://118.96.203.55:8080/map.phtml









[quote]






Originally Posted by sumber dan referensi



wikipedia : http://goo.gl/KdJqv

http://fachrylatief.blogspot.com/

Okezone : http://goo.gl/0mHAn

Ciptakarya : http://goo.gl/RjGf7

shnews : http://goo.gl/hxDJK

panyingkul : http://goo.gl/NTFgr







Sekian thread dari ini, sangat senang sekali apabila reputasi abu-abu ane bisa menjadi hijau karena apresiaasi agan semua







 
Sponsored Links.
Sponsored Links
Balas Posting

Thread Tools



Switch to Mobile Mode