Login to Website

Login dengan Facebook
Mau Beriklan di Ceriwis? Klik disini

 

Balas Posting
SHORT URL : http://ceri.ws/1034456
 
LinkBack Thread Tools
Old 28th May 2012   # 1 (permalink)
 

sevenbar's Avatar
Ceriwiser
Join : May 2012
Posts : 642
sevenbar mempunyai hidup yang Normal 4
THREAD STARTER

Pengertian dan jenis-jenis mikroskop


Spoiler for 1:

[/quote]
Quote:
 





PENGERTIAN DAN JENIS-JENIS MIKROSKOP



Quote:
 











Quote:
 





Bagi orang-orang yang berkecimpung di bidang IPA, pastinya sangat paham apa itu mikroskop. Ada banyak jenis-jenis mikroskop, yang dipergunakan dalam banyak bidang, misalnya bidang sains dan kedokteran.





Quote:
 





Mikroskop berasal dari bahasa Yunani yang berasal dari kata micros yang berarti kecil, dan scopein yang berarti melihat. Jadi, secara definisi mikroskop adalah sebuah alat untuk melihat objek yang terlalu kecil untuk dilihat dengan mata kasar. Mikroskop juga bisa didefinisikan sebagai alat yang bisa digunakan untuk melihat benda-benda yang ukurannya sangat kecil yang tak bisa diamati oleh mata telanjang. Sedangkan ilmu yang mempelajari tentang mikroskop ini disebut dengan mikroskopi.






[/spoiler]
Spoiler for open this:
for Bagian & Fungsi Mikroskop:





Spoiler for open this:
Quote:
 





Bagian-bagian dari Mikroskop dan Fungsinya

Secara umum, mikroskop itu sendiri memiliki dua bagian yang sangat penting yang menyusun benda bernama mikroskop ini. Bagian-bagian itu adalah bagian optik ban bagian non-optik. Bagian optik terdiri atas alat-alat seperti lensa objectif, lensa okuler, dan kondensor. Dan, bagian non-optik, yang terdiri atas kaki dan lengan mikroskop, meja objek, pemutar, penjepit, dan juga sumber cahaya.



Quote:
 





Berikut merupakan bagian-bagian dan fungsi dari jenis-jenis mikroskop yang ada.

Quote:
 











Quote:
 





1. Lensa okuler.

Lensa ini merupakan lensa yang lokasinya paling dekat dengan mata si pengamat. Fungsi dari lensa ini adalah untuk membentuk bayangan obyek yang diperbesar, tegak lurus, dan maya dari lensa obyektif mikroskop.





Quote:
 





2. Lensa obyektif.

Kebalikan dari lensa okuler, lensa yang satu ini lokasinya justru paling dekat dengan obyek yang diamati. Bayangan yang dibentuk dari lensa obyektif ini adalah nyata, terbalik, dan diperbesar. Lensa ini diatur oleh alat yang bernama revolver yang berfungsi untuk perbesaran obyek yang diamati dengan cara diputar.





Quote:
 





3. Tabung mikroskop.

Tabung mikroskop atau tubus ini berfungsi untuk mengatur fokus serta sebagai penghubung antara lensa okuler dengan lensa obyektif.

Kebalikan dari lensa okuler, lensa yang satu ini lokasinya justru paling dekat dengan obyek yang diamati. Bayangan yang dibentuk dari lensa obyektif ini adalah nyata, terbalik, dan diperbesar. Lensa ini diatur oleh alat yang bernama revolver yang berfungsi untuk perbesaran obyek yang diamati dengan cara diputar.





Quote:
 





4. Makrometer.

Makrometer merupakan pemutar kasar yang memiliki fungsi sebagai alat untuk menaikkan dan menurunkan tabung mikroskop dengan cepat.





Quote:
 





5. Mikrometer.

Alat yang disebut juga dengan pemutar halus ini bertugas untuk mengatur naik turunnya mikroskop secara lambat. Alat ini lebih kecil bentuknya dari makrometer.





Quote:
 





6. Revolver.

Dengan cara diputar, revolver ini bertugas mengatur perbesaran lensa obyektif.





Quote:
 





7. Reflektor.

Fungsi dari alat benama reflektor ini adalah untuk memantulkan cahaya dari cermin ke meja obyek lewat sebuah ubang pada meja obyek yang mengarah ke mata pengamat. Reflektor terdiri atas dua buah cermin, yaitu cermin cekung dan cermin datar. Jika cahaya dirasa kurang, maka cermin cekung yang akan berfungsi mengumpulkan cahaya. Sedangkan jika cahaya sudah bagus, maka cermin datar yang akan berfungsi.





Quote:
 





8. Diafragma.

Diafragma ini berfungsi untuk mengatur cahaya yang masuk, apakah sudah banyak atau masih sedikit.





Quote:
 





9. Kondensor.

Alat kondensor ini bisa diputar-putar naik ataupun turun sesuai kebutuhan untuk mengumpulkan cahaya yang masuk.





Quote:
 





10. Meja mikroskop.

Alat ini berguna untuk menaruh obyek yang akan diamati.





Quote:
 





11. Penjepit kaca.

Alat ini bisa digunakan untuk menjepit obyek agar tidak mudah terlepas atau bergeser dari tempatnya.





Quote:
 





12. Lengan mikroskop.

Sesuai dengan namanya, lengan mikroskop berfungsi sebagai pegangan untuk menciptakan kondisi yang lebih fokus.





Quote:
 





13. Kaki mikroskop.

Seperti kaki pada umumnya, kaki mikroskop juga sebagai alat penopang atau penyangga mikroskop agar tetap berdiri tegak dan tidak bergeser atau goyang.





Quote:
 





14. Sendi inklinasi.

Fungsi utamanya adalah mengatur tegak tidaknya mikroskop.



























Quote:
 
[spoiler=open this] for Jenis Mikroskop:




Jenis-jenis Mikroskop



Quote:
 





Jenis-jenis mikroskop memang sangat banyak, tetapi kesemuanya memiliki fungsi yang sama, yaitu melakukan pembesaran. Tujuan utama dari ditemukannya alat bernama mikroskop ini adalah untuk menghasilkan bayangan dari benda dengan ukuran yang lebih besar dari aslinya. Pembesaran yang terjadi dalam hal ini tergantung banyak faktor, diantaranya:
  1. Titik fokus kedua lensanya.
  2. Lensa obyektif terhadap lensa okulernya.
  3. Jarak pandang pada mata normalnya.
Disamping itu, sifat bayangan yang dihasilkan dari jenis-jenis mikroskop ini pun sama. Karena lensa-lensanya merupakan lensa cembung, baik untuk yang obyektif maupun okuler, maka sifat bayangan yang dihasilkannya pun adalah semu, terbalik, dan diperbesar. Dan bayangan ini kemudian akan diperbesar lagi oleh fungsi yang dihasilkan lensa okuler.





Quote:
 





Seiring dengan perkembangan teknologi, jenis-jenis mikroskop yang ada pun menjadi bermacam-macam. Semua jenisnya memiliki fungsinya masing-masing. Namun, jenis yang paling umum dan banyak digunakan oleh orang di dunia ini adalah mikroskop optis, yang merupakan mikroskop yang pertama kali diciptakan.





Quote:
 





1. Mikroskop Optis

Quote:
 











Mikroskop optis adalah mikroskop yang memiliki lebih dari satu buah lensa. Mikroskop ini memiliki kemampuan untuk memproduksi gambar yang diperbesar dari benda kecil yang diletakkan pada sebuah meja obyek pada lensa tersebut.





Quote:
 





2. Mikroskop Cahaya

Quote:
 











Mikroskop cahaya dibedakan lagi menjadi dua macam, yaitu:
  • Mikroskop cahaya yang berdasarkan kegiatan pengamatan. Mikroskop jenis ini dibagi menjadi dua macam, yaitu mikroskop diseksi yang digunakan untuk mengamati bagian permukaan obyek dan mikroskop monokuler dan binokuler untuk mengamati bagian dalam sel. Mikroskop monokuler adalah mikroskop dengan satu lensa okuler saja, sedangkan binokuler memiliki 2 lensa okuler.
  • Mikroskop cahaya berdasarkan kerumitan kegiatan pengamatannya. Pada mikroskop cahaya yang berdasarkan kerumitan kegiatan pengamatannya, juga dibagi menjadi dua jenis, yaitu mikroskop sederhana yang umum dipakai oleh para pelajar jurusan IPA serta mikroskop riset.





Quote:
 





3. Mikroskop Elektron

Quote:
 











Mikroskop elektron merupakan mikroskop dengan fungsi perbesaran yang paling tinggi dibandingkan dengan jenis-jenis mikroskop lainnya. Perbesaran benda yang bisa dilakukan oleh mikroskop ini adalah sampai dengan 500.000 kali dari obyek aslinya. Hal ini bisa dicapai karena penggunaan electron sebagai pengganti cahaya pada mikroskop ini.





Quote:
 





4. Mikroskop Kamera

Quote:
 











Mikroskop kamera merupakan sebuah mikroskop inovasi baru. Mikroskop ini menawarkan kemudahan dan kenyamanan bagi para pemakainya. Hal ini sangat membantu untuk pengamatan yang banyak melibatkan pengamat di dalam sebuah penelitian.



Dari jenis-jenis mikroskop yang ada, mikroskop kamera memiliki kelebihan dalam hal tampilan serta data storage nya yang besar dalam bentuk data elektrik. Dari mikroskop inilah, hasil bisa ditampilkan secara nyata lewat sebuah gambar atau film pada layar komputer.





Quote:
 





5. Mikroskop Stereo

[quote]











Dari sekian banyak jenis-jenis mikroskop, mikroskop ini adalah jenis mikroskop yang sering digunakan untuk mengamati benda-benda dengan hasil pembesaran yang lebih dari mikroskop lainnya. Perbesaran yang bisa dilakukan oleh mikroskop jenis ini sampai dengan 30 kali dari obyek yang sebenarnya. Yang lebih hebat, obyek yang diamati dengan mikroskop jenis ini bisa ditampilkan dalam tiga dimensi, jadi lebih jelas dan mudah untuk diamati.



Pada dasarnya, komponen yang ada pada mikroskop stereo sama dengan jenis-jenis mikroskop lainnya. Hanya saja, ada perbedaan dalam hal ketajaman lensa yang digunakannnya.



Pada mikroskop stereo, ketajaman lensa jauh lebih tinggi dibandingkan dengan yang digunakan pada mikroskop cahaya atau yang lainnya. Oleh sebab itulah, mikroskop jenis stereo ini bisa menghasilkan hasil dalam bentuk tiga dimensi. Mikroskop inilah yang bisa membuat kita seringkali melihat berbagai kegiatan mikroorganisme lewat layar kaca kita dewasa ini.













Itulah tadi sekelumit tentang jenis-jenis mikroskop yang ada. Semoga bermanfaat.

Sumber => http://www.anneahira.com/jenis-jenis-mikroskop.htm










Last edited by Qadmin; 7th June 2012 at 10:10 PM.
 
Sponsored Links.
Sponsored Links
Balas Posting

Thread Tools



Switch to Mobile Mode