Login to Website

Login dengan Facebook
Mau Beriklan di Ceriwis? Klik disini

 

Balas Posting
SHORT URL : http://ceri.ws/992944
 
LinkBack Thread Tools
Old 27th May 2012   # 1 (permalink)
 

bakwanmalang's Avatar
Senior Ceriwiser
Join : May 2012
Posts : 5,962
bakwanmalang mempunyai hidup yang Normal 11
THREAD STARTER

Seberapa bahaya Radiasi SUTET


Kontradiksi Bahaya Radiasi SUTET



Banyak kalangan ahli mengklaim bahwa gelombang elektromagnetik yang dipancarkan oleh Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) sangat berbahaya bagi kesehatan orang-orang yang berada atau bermukim di sekitarnya. Anggapan ini dibenarkan oleh para ahli bidang telekomunikasi, namun tidak sedikit pula bantahan-bantahan oleh beberapa pihak yang menyangkal sebaliknya.



Apa sih SUTET itu ?

SUTET adalah singkatan dari Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi dengan kekuatan 500 kV yang ditujukan untuk menyalurkan energi listrik dari pusat-pusat pembangkit yang jaraknya jauh menuju pusat-pusat beban sehingga energi listrik bisa disalurkan dengan efisien. Dalam menyalurkan energi listrik tersebut terdapat radiasi medan magnet maupun radiasi medan listrik yang sangat membahayakan. Berbagai macam kekhawatiran muncul akan dampak SUTET terhadap kesehatan bagi penduduk yang tinggal di wilayah yang dilewati jalur saluran transmisi tersebut. Sehingga kita harus mengetahui apa akibat yang ditimbulkan oleh saluran transmisi tersebut.



Bahaya Kuat Medan Magnet yang Ditimbulkan SUTET 500 KV dan Mengatasinya



Kuat medan magnet yang ditimbulkan Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) dengan kekuatan 500 KV inilah yang menimbulkan radiasi yang dikhawatirkan dapat menganggu kesehatan makhluk hidup khususnya manusia. Menurut IRPA dan WHO, batasan panjang kuat medan magnet yang diduga dapat menimbulkan efek biologis untuk umum adalah 0,5 mili tesla.



Dari penelitian yang sudah dilakukan ditemukan kuat medan listrik di halaman atau luar rumah lebih tinggi dibandingkan dengan didalam rumah, sehingga dalam langkah peningkatan kondisi lingkungan , lingkungan disekitar SUTET perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut:
  1. Mengusahakan agar rumahnya berlangit-langit.
  2. Menanam pohon sebanyak mungkin disekitar rumah pada lahan yang kosong.
  3. Bagian atap rumah yang terbuat dari logam sebaiknya ditanahkan (grounding)
  4. Penduduk disarankan tidak keluar rumah terutama pada malam hari, karena pada malam hari arus yang mengalir pada kawat penghantar SUTET lebih tinggi dari pada siang hari.
  5. Alat-alat yang terbuat dari logam yang berukuran besar (mobil dll) sebaiknya ditanahkan (grounding)
Secara garis besar radiasi medan magnetik total yang dihisap dan didistribusikan dalam tubuh manusia adalah tergantung beberapa hal :
  1. Frekuensi dan panjang gelombang medan elektromagnetik
  2. Polarisasi medan magnetik.
  3. Konfigurasai (seperti jarak) antara badan dan sumber radiasi medan magnetik.
  4. Keadaan paparan radiasi, seperti adanya benda lain disekitar sumber radiasi.
  5. Sifat-sifat elektrik (listrik) tubuh (konstan dielektrik dan konduktivitas).Hal ini sangat tergantung pada kadar air didalam tubuh. Radiasikan lebih banyak diisap pada media dengan konstan dielektrik yang tinggi, seperti otak, otot, dan jarinagan lain dengan kadar air tinggi.

Ketika hal diatas telah dilakukan dan medan magnet tidak melebihi 0,5 mili tesla maka penduduk tidak perlu risau dengan pembuatan tower SUTET 500 KV diingkungan perumahan penduduk, karena medan magnet yang ditimbulkan SUTET radiasinya tidak berbahaya bagi kesehatan manusia.



Jarak Aman Pemukiman dari Radiasi SUTET

Telah dijelaskan di atas bahwa medan magnet tidak melebihi 0,5 mill Tesla maka radiasi medan magnet yang ditimbulkan oleh SUTET tidak berbahaya dan pembangunan SUTET tidak perlu dirisaukan.

Tapi untuk tidak mendapatkan bahaya SUTET maka ada ketentuan-ketentuan didalamnya supaya radiasi tidak dirasakan makhluk hidup. Untuk ketentuan jarak aman SUTET (500 KV) terhadap perumahan, silakan mereferensikan pada atuaran berikut :

1. Lampiran V Keputusan Mentri Energi dan Sumber Daya Mineral No. 1457 K/28/MEM/2000 tangal 3 November 2000 tentang ”Kriteria Tata Ruang Aspek Pertambangan dan Energi”. Disana disebutkan jarak minimum bangunan tidak tahan api dengan saluran SUTET minimal 14 meter (sirkit ganda) dan 15 meter (sirkit tungal).

2. SNI 04-6918-2002 tentang ”Ruang Bebas dan Jarak Bebas Minimum pada SUTET”. SNI mempunyai pendapat yang berbeda dengan kepmen ESDM di atas mengenai jarak runag aman, yang dapat kita lihat dibawah ini :

a. Jarak bebas umum Vertikal dari konduktor dengan bangunan, yaitu 9 meter untuk SUTET.

b. Jarak bebas minimum horizontal dari sumbu menara, yaitu :

• 22 meter untuk SUTET 500 KV sirkit tunggal.

• 17 meter untuk SUTET 500 KV sirkit ganda.



Kita sebagai penduduk janganlah terlalu risau dengan pembangunan SUTET disekitar pemukiman penduduk ketika keberadaan SUTET tersebut telah sesuai standar yang telah dikeluarkan lembaga tertentu.

Ketika keberadaan SUTET mengganggu kesehatan kita jangan terlalu cepat menyimpulkan bahwa keberadaan SUTET lah yang telah mengganggu kesehatan kita, lebih baik kita teliti dulu medan magnet yang ada di sekitar SUTET tersebut, sudahkah sesuai standar kesehatan yang telah ditentukan. Jika telah sesuai setandar kesehatan maka kita lihat kebersihan dari lingkungan kita, mungkin itu penyebab gangguan kesehatan kita.





Saran



Berdasarkan hasil pemaparan dan kesimpulan di atas, berikut ini disampaikan beberapa saran.

1. Janganlah kita terlalu cepat menolak pembangunan SUTET di sekitar pemukiman penduduk dengan alasan bahaya radiasi SUTET tersebut karena semua itu masih dalam penelitian dan SUTET yang sesuai standar kesehatan medan magnet disekitar SUTET tidak melebihi 0,5 mili Tesla.

2. ketika ada gangguan terhadap kesehatan janganlah kita langsung menyalakan keberadaan SUTET, kita teliti terlebih dahulu keberadaan medan magnet SUTET tersebut telah sesuai standar kesehatan apa belum.



Nice info from : Budi Santoso



Berharap aja



Mudah2an tidak







 
Sponsored Links.
Sponsored Links
Balas Posting

Thread Tools



Switch to Mobile Mode