Lounge Berita atau artikel yang unik, aneh, dan menambah wawasan semuanya ada disini dan bisa dishare disini.

Reply
 
Thread Tools
Old 27th May 2012 #1
belanjayuk belanjayuk is offline
Ceriwis Pro

belanjayuk's Avatar
 
Join Date: May 2012
Posts: 1,993
Rep Power: 6
belanjayuk mempunyai hidup yang Normal
Default Tokoh-tokoh Proklamasi Kemerdekaan RI

kali ini ane mau nyampein siapa aja sih tokoh penting dalam peristiwa proklamasi kemerdekaan RI?



moga ni trit nggak aja deh


[/spoiler]
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for no repost:

















[/quote]
Quote:





Sebelumnya, agan-agan tau ga apa itu “PROKLAMASI”?

Proklamasi tu berasal dari bahasa yunani (PRODAMATION) yang artinya pengumuman kepada seluruh rakyat.



Udah ngerti kan sekarang gan?





Quote:





Proklamasi merupakan salah satu peristiwa penting bagi bangsa Indonesia gan. Kalo nggak ada proklamasi nggak kebayang deh sekarang kita kayak apa . KASKUS aja ngga bakalan ada kalli ya gan.

Makna dari proklamasi bagi bangsa Indonesia sendiri sangat banyak gan. Nih diantaranya :



- Sebagai puncak perjuangan

- Merupakan sumber hukum bagi pembentukan Negara kesatuan

- Titi tolak dari pelaksanaan amanat penderitaan rakyat

- Titik tolak perubahan tata hukum colonial menjadi tata hukum nasional





Quote:





Setiap peristiwa pasti melibatkan orang kan gan.

Agan pernah belajar sejarah? Masih ingat tokoh-tokoh yang terlibat dalam proklamasi serta peranannya? Ini nih gan beberapa diantaranya. ane kasih penjelasan singkat aja ye biar ngga males bacanya gan





yuk cekibrott..



[quote]





1. Ir. Soekarno


Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for 1:








Selain sebagai pembaca teks proklamasi, beliau juga berperan dalam penyusunan / perumusan teks proklamasi gan. Beliau juga yang menandatangani teks proklamasi tersebut.









2. M. Hatta


Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for 2:








Peran beliau hamper sama dengan Ir. Soekarno yakni menyusun teks proklamasi, menandatangani teks proklamasi. Bedanya beliau hanay mendampingi Ir. Soekarno dalam membacakan teks proklamasi. Jadi beliau tidak ikut membaca teks proklamasi.









3. Mr. Ahmad Soebardjo


Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for 3:








Beliau berperan dalam membantu Ir. Soekarno dan M. Hatta dalam menyusun teks proklamasi









4. Sayuti Melik


Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for 4:








Sebagai pengetik naskah proklamasi. Yang pada awalnya teks proklamasi berupa tulisan tangan Soekarno dipindah menjadi teks proklamasi yang berbentuk ketikan









5. Fatmawati


Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for 5:








Istri dari Ir. Soekarno yang menjadi penjahit dari bendera merah putih untuk dikibarakan dalam upacara proklamasi











6. Latief Hendraningrat, S. Suhud, dan Tri Murti


Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for 6:








Sebagai pengibar bendera merah putih dalam upacara proklamasi tanggal 17 Agustus 1945









7. Soewirjo


Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for 7:








Beliau adalah walikota Jakarta Raya yang menjamin dan mengusahakan agar kegiatan upacara proklamasi serta pembacaan teks proklamasi berjalan dengan aman dan lancar









8. B.M. Diah


Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for 8:








Sebagai wartawan yang menyiarkan kabar berita proklamasi ke seluruh penjuru tanah air kita gan. Biar mereka pada ngerti semua









9. Frans S. Mendur


Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for 9:








Sebagai wartawan atau bias dibilang fotografer yang mengabadikan momen proklamasi melalui hasil bidikannya









10. Syahrudin


Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for 10:




Orang yang menyebarakan berita kemerdekaan Indonesia ke seluruh dunia dengan jalan sembunyi-sembunyi











Bijimane gan?

Sekian info dari ane. Semoga bermanfaat ye bagi agan agan semua






Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for asek:




jangan lupa tinggalin ato yah gan. komeng bermutu juga boleh gan










[spoiler=open this] for jangan dibuka:




Jangan nyakitin ane pake . Entar malah nambah dosa lho!













belanjayuk is offline   Reply With QuoteReply With Quote
Sponsored Links.
Reply

Thread Tools

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off



All times are GMT +7. The time now is 03:28 PM.

 

About Us

"Ceriwis Forum is a place to find information in various categories. Be inspired, Be social, Join the Community!"

 

Advertising

Interested to Advertise with us? simply click the button below.

Copyright � 2015