Lounge Berita atau artikel yang unik, aneh, dan menambah wawasan semuanya ada disini dan bisa dishare disini.

Reply
 
Thread Tools
Old 27th May 2012 #1
pingpong pingpong is offline
Senior Ceriwiser

pingpong's Avatar
 
Join Date: May 2012
Posts: 5,959
Rep Power: 11
pingpong mempunyai hidup yang Normal
Default Mari Mengenal Distrik Oksibil, Pegunungan Bintang, PAPUA

[/quote]
Quote:





mungkin banyak yang gak tau, apa itu oksibil? masih di indonesia kah? kok pakai bahasa distrik?









Quote:





Oksibil adalah sebuah distrik yang juga merupakan pusat pemerintahan (ibu kota) Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, Indonesia. Distrik itu setingkat dengan kecamatan... kenapa gak pakai nama kecamatan? saya juga tidak tahu....





Quote:





gimana cara ke Oksibil?? yang jelas ke Sentani dulu, Bandara Jayapura, darisitu naek pesawat lagi, pesawat kapasitas maksimal 20 orang.. perjalanan ke oksibil kurang lebih satu jam dari sentani.





Quote:







kondisi di Distrik Oksibil nyaman kok, sejuk, dengan ketinggian 1300 an mdpl, dijamin sejuk.... oiya disini bukan merupakan endemik malaria. Orang yang tinggal di daerah sini macam-macam, warga asli, sulawesi, maluku, jawa, sumatra juga ada, nyatanya ada warung makan padang juga... . Orang orang disini ramah-ramah... setiap bertemu satu sama lain pasti saling menyapa dan tersenym, sembari mengucapkan kata, YEPMUM, yang artinya selamat/ salam sejahtera....






Quote:





disini juga sudah ada sinyal, jadi tetep bisa sms an n telpon nan gan.... gprs juga ada...





Quote:





listrik di daerah ini masih di subsidi oleh pemerintah, tapi belum semua tempat mendapatkan listrik, listrik hanya hidup pada saat malam hari saja. pagi jam9 an mati lagi. malah ada di beberapa tempat jam stengah 11 malam sudah mati, (tandanya disuruh tidur )

yang bikin heboh disini adalah harga-harga barang, yang dibahas nanti.






berikut sedikit tentang oksibil :


[/spoiler]
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for oksibil dari udara:













Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for rumah adat khusus lelaki:






rumah khusus lelaki berbentuk agak bulet, pada dindingnya (gak siku siku)








Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for rumah khusus wanita:






rumah khusus wanita berbentuk kotak










Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for rumah rakyat biasa:






rumah ini memiliki ciri khas atap rumah seng tak berwarna










Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for rumah seng biru:






rumah seng biru dibangun untuk pegawai biasa di distrik ini










Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for komleks rumah seng merah:






rumah untuk pegawai yang lebih tinggi










Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for rumah sekertaris daerah:















Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for babi sebelah rumah:
















Fasilitas Umum


Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for mikrohidro:






mikro hidro merupakan pembangkit listrik mini / kecil dengan tenaga air, mikro hidro ini dibangun hanya untuk memenuhi kebutuhan listrik satu desa saja








Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for pom bensin:













Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for mushola:













Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for bank papua:













Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for pasar:













Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for instalasi farmasi:













Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for puskesmas:






harga obat disini gratis, subsidi pemerintah











Lain lain


Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for murbei di hutan:













Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for anak kecil:













Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for anak kecil lagi:













Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for anak smp:






warga disini senang bergandengan tangan kalau jalan, jadi jangan dikira kalau mereka maho, itu tandanya mereka bersahabat akrab








Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for penjual pinang:






warga di papua sangat suka sekali makan pinang, begitu pula warga di oksibil, konon kalau pertamakali makan pinang bakal pusing seperti habis mabok, saya pernah coba sekali langsung saya buang, pait banget








Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for sore di lapangan bola:






disini ada juga club sepak bolanya, PERSIGUBIN, mereka hanya mengandalkan bakat alam, menurut cerita dari warga setempat, PERSIGUBIN pernah menahan imbang PERSIJA, tapi gak tau juga bener apa nggak










Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for mobil:






mobil-mobil disini semua menggunakan jenis ini, sesuai sama kondisi lapangan mungkin ya....









Harga


Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for bensin:






harga bensin 1 liter 35 ribu








Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for bensin:



















[spoiler=open this] for daftar harga:







Quote:





mie instan @ Rp 4000

bimoli 250 ml Rp 10.000

Sandal Jepit Swalow Rp 20.000

Bensin 1 liter Rp 35.000

Minuman Kaleng (fanta, pocari, dll.) Rp 10.000

Aqua 600 ml Rp 18.000

Nasi ayam/ikan Rp25.000, tambah tempe + 5000, tambah telur + 5000

teh manis Rp 10.000

kopi susu Rp 15.000

susu Rp 15.000

harga tiket Sentani - Oksibil Rp1.450.000 free bagasi 10 kg, kelebihan perkilo + 20.000

harga tiket Oksibil -Sentani Rp 765.000 free bagasi ( tidak ditimbang)

harga bensin di pom bensin 5 ribu rupiah, karena subsidi pemerintah




Quote:



Quote:





kenapa harga di Oksibil mahal2?? karena tidak ada akses jalan darat, semua kebutuhan warga disini diangkut menggunakan pesawat terbang.... berikut adalah daftar list barang2 dan makanan disana








Quote:





harga barang, merupakan harga bulan Maret 2010




Quote:

Quote:







gimana menurut agan agan....? mau kah memulai bisnis di Oksibil??? Kesempatan masih banyak....


















segitu dulu gan..... maksut saya membuat trit ini adalah berbagi pengalaman.... mungkin hanya sedikit yang tahu Oksibil itu dimana, semoga berkat adanya trit ini Oksibil akan dikenal dan Semakin Maju... Indonesia Juga semoga semakin Maju indonesia itu luas gan...!!! daripada maen2 ke luar negeri, mending maen2 ke indonesia,




gak mungkin repost gan... karena semua hasil jepretan sendiri.... terimakasih ditunggu komen nya ya.... no JUNK





tambahan dari juragan

Quote:






Originally Posted by MyNameIsAvi



wah bokap ane sering terbang ke situ tuh gan ,..sekerdar info..,harga semen di sana 1 sak nya adalah 1,4 juta gan..bayangin deh kalo bangun rumah abiz brp di situ






hahaha, seharga tiket sentani oksibil...

sbenernya pernah dikasih tau sih harga semen,,, katanya sih kemaren 1,1 juta... tapi berhubung gak pasti,,, gak tmasukin aja... hehe,,, tengs infonya gan....



oiya,,, rumah disana cuma sedikit aja bagian rumahnya yang pake semen, kebanyakan bahan dasarnya pake kayu... biar gak mahal2 banget mungkin ya....



tambahan lagi....



[quote]






Originally Posted by Geopreneur





DSCF1012 (2) by Gayuh Putranto, on Flickr



Saya juga baru pulang dari Oksibil beberapa minggu yang lalu nih. Tapi bukan di kotanya, tapi di hutannya, ketinggian 2000 m dpl , kurang lebih 4 hari jalan kaki dari Oksibil (untung naik helikopter ). Tuntutan pekerjaan kantor, Gan



Selama +- 3 minggu di sana, saya tulis di blog plus foto2nya, Gan. Termasuk foto ama Kanguru



http://gayuh.putranto.net/2010/10/19...gini-bagian-1/





http://gayuh.putranto.net/2010/10/20...gini-bagian-2/







ayo siapa mau nambah lagi???



pingpong is offline   Reply With QuoteReply With Quote
Sponsored Links.
Reply

Thread Tools

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off



All times are GMT +7. The time now is 04:28 PM.

 

About Us

"Ceriwis Forum is a place to find information in various categories. Be inspired, Be social, Join the Community!"

 

Advertising

Interested to Advertise with us? simply click the button below.

Copyright � 2015