Health Mencegah lebih baik dari mengobati. Cari tahu dan tanya jawab tentang kesehatan, medis, dan info dokter disini

Reply
 
Thread Tools
Old 2nd January 2010 #1
core_unstable core_unstable is offline
Ceriwis Lover

core_unstable's Avatar
 
Join Date: Jan 2010
Location: Earth, Andromeda
Posts: 1,103
Rep Power: 7
core_unstable memiliki kawan yg banyakcore_unstable memiliki kawan yg banyakcore_unstable memiliki kawan yg banyak
Default Manfaat Beras/Ketan Hitam



Beras hitam merupakan varietas lokal yang mengandung pigmen paling baik, berbeda dengan beras putih atau beras warna lain. Beras hitam memiliki rasa dan aroma yang baik dengan penampilan yang spesifik dan unik. Bila dimasak, nasi beras hitam warnanya menjadi pekat dengan rasa dan aroma yang menggugah selera makan.

Warna beras diatur secara genetik, dan dapat berbeda akibat perbedaan gen yang mengatur warna aleuron, endospermia, dan komposisi pati pada endospermia. Beras putih agak transparan hanya memiliki sedikit aleuron dan mengandung amilosa sekitar 20%. Pada beras hitam, aleuron dan endospermia memproduksi antosianin dengan intensitas tinggi sehingga warna beras menjadi ungu pekat mendekati hitam. Ketan hitam merupakan versi ketan dari beras hitam. Beras hitam memiliki khasiat yang lebih baik dibanding beras merah atau beras warna lain.

Beras hitam belum menjadi bahan pangan pokok seperti halnya beras putih, meskipun beras berwarna ini mempunyai nilai gizi tinggi. Produk makanan dan minuman dari kacang hitam, wijen hitam, dan beras hitam menjadi populer. Di Korea, beras hitam menjadi bagian penting dalam pemeliharaan kesehatan karena kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan.



Dari hepatitis, kanker sampai penyakit jantung

Beras hitam berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit, memperbaiki kerusakan sel hati (hepatitis dan chirosis), mencegah gangguan fungsi ginjal, mencegah kanker/tumor, memperlambat penuaan, sebagai antioksidan, membersihkan kolesterol dalam darah, dan mencegah anemia.



Kandungan zat besi tinggi

Beras hitam mengandung sedikit protein, namun kandungan besinya tinggi yaitu 15,52 ppm, jauh lebih tinggi dibanding beras dari varietas IR64, Ciherang, Cisadane, Sintanur, Pandanwangi, dan Batang Gadis yang kandungan besinya berkisar antara 2,9-4,4 ppm. Zat besi dibutuhkan tubuh dalam pembentukan sel darah merah



Last edited by core_unstable; 3rd January 2010 at 08:34 AM.
core_unstable is offline   Reply With QuoteReply With Quote
Sponsored Links.
Old 2nd January 2010 #2
skillfulmen skillfulmen is offline
Ceriwis Lover

skillfulmen's Avatar
 
Join Date: Jan 2010
Location: Somewhere Over The Rainbo
Posts: 1,740
Rep Power: 9
skillfulmen memiliki reputasi yang sangat baikskillfulmen memiliki reputasi yang sangat baikskillfulmen memiliki reputasi yang sangat baikskillfulmen memiliki reputasi yang sangat baikskillfulmen memiliki reputasi yang sangat baikskillfulmen memiliki reputasi yang sangat baik
Default

btw di pasar udah ada yang jual belom tuh?harga sekilo ato seliternya berapa ya...pengen nyobain
skillfulmen is offline   Reply With QuoteReply With Quote
Old 2nd January 2010 #3
core_unstable core_unstable is offline
Ceriwis Lover

core_unstable's Avatar
 
Join Date: Jan 2010
Location: Earth, Andromeda
Posts: 1,103
Rep Power: 7
core_unstable memiliki kawan yg banyakcore_unstable memiliki kawan yg banyakcore_unstable memiliki kawan yg banyak
Default

Quote:
Originally Posted by skillfulmen View Post
btw di pasar udah ada yang jual belom tuh?harga sekilo ato seliternya berapa ya...pengen nyobain
whaduw ane lom tau ndan..
ane aja paling nunggu tukan bubur kacang ijo lewat, baru bisa nikmatin tu ketan item..
core_unstable is offline   Reply With QuoteReply With Quote
Old 2nd January 2010 #4
winston winston is offline
Member Aktif

winston's Avatar
 
Join Date: Dec 2009
Location: Padang Pasir Modern
Posts: 101
Rep Power: 0
winston mempunyai hidup yang Normal
Default

mantep mass infonye ... ntar daku cari dolo referensinya, baru nanti bikin stock beras item...
winston is offline   Reply With QuoteReply With Quote
Old 2nd January 2010 #5
dhieyaz dhieyaz is offline
Member Aktif

dhieyaz's Avatar
 
Join Date: Jan 2010
Location: di depan laptop
Posts: 163
Rep Power: 0
dhieyaz mempunyai hidup yang Normal
Default

lumayan buat nyampur ke bubur kacang ijo ane nih..hmm
dhieyaz is offline   Reply With QuoteReply With Quote
Old 3rd January 2010 #6
core_unstable core_unstable is offline
Ceriwis Lover

core_unstable's Avatar
 
Join Date: Jan 2010
Location: Earth, Andromeda
Posts: 1,103
Rep Power: 7
core_unstable memiliki kawan yg banyakcore_unstable memiliki kawan yg banyakcore_unstable memiliki kawan yg banyak
Default

nih ada ndan..
mauuuuuu...??
core_unstable is offline   Reply With QuoteReply With Quote
Old 30th August 2012 #7
Vvvv Vvvv is offline
a spammer?
 
Join Date: Aug 2012
Posts: 1
Rep Power: 0
Vvvv mempunyai hidup yang Normal
Thumbs up DI Pasar Jatinegara Mester

Kemarin, 28 Agustus 2012 saya beli Beras Merah per liter Rp.10.000, Ketan Hitam Rp. 13.000, Ketan Putih Rp.9000 s.d 11.000.

Beras Merahnya per kilo jadi Rp. 12.000. Belum ada Beras Hitam.

Kalau di Carrefour Beras Merah agak mahalan, semuanya sih.
Vvvv is offline   Reply With QuoteReply With Quote
Old 2nd October 2012 #8
untung48 untung48 is offline
Banned
 
Join Date: Oct 2012
Posts: 21
Rep Power: 0
untung48 mempunyai hidup yang Normal
Default

beras hitam kayaknya ga ada deh
yg ada ketan item,ama beras merah




Kami Toko AVR online menawarkan Jual Genset dan sparepart Genset untuk keterangan lebih lanjut kunjungi .: Selamat datang di Toko AVR Online :. Genset | AVR Genset | Spare part Genset
untung48 is offline   Reply With QuoteReply With Quote
Old 4th October 2012 #9
barbara_lid barbara_lid is offline
Newbie
 
Join Date: Oct 2012
Posts: 6
Rep Power: 0
barbara_lid mempunyai hidup yang Normal
Default

ternyata itu manfaat beras hitam..Nice Info bro!
barbara_lid is offline   Reply With QuoteReply With Quote
Reply

Thread Tools

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off



All times are GMT +7. The time now is 11:23 AM.

 

About Us

"Ceriwis Forum is a place to find information in various categories. Be inspired, Be social, Join the Community!"

 

Advertising

Interested to Advertise with us? simply click the button below.

Copyright � 2015