Login to Website

Login dengan Facebook
Mau Beriklan di Ceriwis? Klik disini

 

Balas Posting
SHORT URL : http://ceri.ws/1975458
 
Thread Tools
Old 27th September 2012   # 1
 

RamboRoma's Avatar
Ceriwis Lover
Join : Sep 2012
Posts : 1,457
RamboRoma mempunyai hidup yang Normal 4
THREAD STARTER

Berkenalan Dengan "BETELGEUSE", Bintangnya Bintang


[/spoiler]
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for Read Me First:




Pertama2, mohon maaf klo repost, thread kurang rapi, informasi kurang, dll. Hanya sharing pengetahuan, mohon masukan dan kritikannya.



Jika berkenan, di rate atau di melonin











Baiklah, mari kita mulai. Untuk perkenalan, mari kita lihat video dari youtube berikut ini mengenai Betelgeus.




Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for Video Betelgeuse:






















Untuk menggambarkan seberapa besar nya Betelgeuse, mari kita simak pict berikut ini, yang saya ambil dari thread ceriwisser juga.




Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for Perbandingan:






1. Perbandingan Bumi dengan planet2 di tata surya kita.









2. Perbandingan dengan matahari





3. Perbandingan dengan bintang2 yg lain



















Betelgeuse adalah bintang yang terletak 427 tahun cahaya dari Bumi. Bintang ini merupakan bintang paling terang kedua di rasi bintang Orion (Rigel adalah bintang paling terang di sabuk Orion) dan bintang paling terang kesembilan pada langit malam. Jika saja Betelgeuse berdampingan dengan matahari, maka Anda akan bisa melihat Betelgeuse mempunya cahaya 10.000 kali lebih terang dari matahari. Suhu permukaan Betelgeuse hanya sekitar 6.000 derajat Fahrenheit, 4000 lebih rendah dari suhu matahari yang 10.000 derajat Fahrenheit. Dalam hal massa, Betelgeuse mempunyai masa 15 kali lebih besar dari massa matahari, 600 kali lebih luas dan 200 juta kali volume matahari. Dalam hal usia, Betelgeuse lebih muda dari matahari, namun di bandingkan dengan bintang-bintang lainnya, Betelgeuse termasuk bintang tua. Usia Betelgeuse diperkirakan hanya sekitar enam juta tahun. Jadi bisa dikatakan, untuk Betelgeuse mempunyai ukuran yang ekstrim untuk masa hidup yg hanya

sebentar.



Posisi Betelgeuse di Sabuk Orion


Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for Sabuk Orion:
























Sejak tahun 1921,Francis G. Pease dan Albert Michelson, mencoba melakukan estimasi diameter Betelgeuse. Hasilnya didapatkan bahwa diameter Betelgeuse hampir sama dengan orbit Mars. Akan tetapi hasil pengukuran tersebut tidak dapat dibandingkan, sebab ukuran bintang bergantung terhadap panjang gelombang yg dipakai untuk mengukurnya.



Dalam sebuah penelitian, Betelgeuse mengalami pengerutan massa dan mulai kehilangan materi secara teratur sekitar 15% sejak tahun 1993, dan semakin cepat seiring bertambahnya tahun.Betelgeuse saat ini sedang menghadapi masa tuanya sebagai bintang raksasa merah dan tak lama lagi akan mengakhiri hidupnya, meledak sebagai ledakan supernova. Pada saat itu, para pengamat astronomi di bumi akan disuguhi sebuah pemandangan bintang cemerlang di siang hari. Akan tetapi para ilmuwan masih belum mengetahui, mengapa Betelgeuse mengalami penyusutan.



Teleskop Hubble (1995) menemukan bahwa permukaan Betelgeus diselimuti oleh titik api yg misterius. Titik api yg sangat terang, 10 kali diameter bumi dan 2000 derajat Kelvin lebih panas dari permukaan betelgeus itu sendiri. Hal tersebud diperkirakan disebabkan oleh turbulensi dibawah permukaan Betelgeus, yg akhirnya akan menyebabkan titik terang yg berubah setiap waktu. Betelgeus juga diselimuti oleh debu yg membentuk sel2 dengan ukuran

besar.



Banyak berita yg mengatakan bahwa Betelgeuse akan meledak di tahun 2012 dan akan menciptakan matahari kedua. Memang ada kemungkinan Betelgeuse akan meledak, bisa saja di tahun 2012, mengingat penyusutan massa yg konstan sebesar 15%.. Akan tetapi, hal tsb tidak akan menciptakan matahari kedua bagi bumi di tahun 2012, sebab, untuk mencapai bumi, setidaknya Betelgeuse memerlukan waktu sekitar 460 tahun dari tahun 2012.



Nama lain Betelgeuse dari berbagai bahasa:


Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for Nama lain Betelgeuse:




Mankib al Jauzā' / Bahu = bahu sang raksasa

Yad al-Jauzā', Ied Algeuze / Yedelgeuse = tangan sang raksasa

Baţ al-Jauzā' = ketiak sang raksasa

Al Dhira / Ban = tangan

Al Mankib = ketiak

Al Yad al Yamma = tangan kanan

Klaria = gelang

Shēnxis = bintang keempat pada rasi Tiga Bintang

Shēnzuǒjiān = bintang di bahu kiri rasi Tiga Bintang

Shēnxidōngběixīng = bintang di timur laut rasi Tiga Bintang[8]

Juǎnshdōngdxīng = bintang besar di timur rasi Lidah yang Tergulung

Heike-boshi = bintang Klan Heike

Kin-waki = bintang di samping Bintang Emas

Orach = penggembala









Daftar pustaka:


Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
[spoiler=open this] for Komen Agan2:







[/quote][quote]






Originally Posted by kwacymen



mang luar biasa y gan antariksa ntu gan cz bnyk menyimpan hal yg menjadimisteri gan mpe sekarang n bnyk jg hal yg membuat kita berdecak kagum akan pesona,keindahan mpe kebesaran'a gan wow nice treat y gan ane bantu rate yoooo






Yup, ane bikin nih thread setelah baca tentang fenomena supernova yg katanya akan ada matahari kedua. Pas ane search ternyata memang ada kemungkinan terjadi, tapi TIDAK dalam waktu dekat ini.



Makaasi udah dibantu rate gan.











 
Sponsored Links.
Sponsored Links
Balas Posting

Thread Tools



Switch to Mobile Mode