Login to Website

Login dengan Facebook
Advertise? Click here

 

Post Reply
SHORT URL : http://ceri.ws/2350998
 
Thread Tools
Old 20th October 2012   # 1
 

Kaori17's Avatar
Ceriwis Pro
Join : Oct 2012
Posts : 2,020
Kaori17 mempunyai hidup yang Normal 5
THREAD STARTER

[Share] Serba-Serbi sealant/sealer/sil/lem gasket


Permisi agan2 sekalian.. ijin om mod & min.. ane mau coba share tentang sealant atau sealer atau biasa juga disebut sil atau lem gasket dan beberapa jenisnya, semoga bisa menjadi rekomendasi agan2 dan menambah info produk juga masukan jenis dan produk sealant lain yang agan2 rekomendasikan juga..

mudah2 an ga repost nih dan bisa melengkapi informasi tentang sealer buat agan2 sekalian.. langsung aja yuk..



sealer pasti udah lekat banget sama dunia otomotif ya gan.. mungkin semua mobil agan2 dimari pada pake sealent!

Tugas dari sealer ini memang simpel, tapi ini sangat berperan penting gan.. fungsinya buat menyumpal celah2 dua permukaan biar ga bocor, jadi setiap dua komponen yang disatukan sekecil apapun pasti akan ada celahnya, karena kemampuan rembes dari air dan udara itu bner2 mantap gan!! belum lagi didukung pressure (tekanan) yang tinggi, celah sekecil apapun bahkan sekelas mikron bisa dirembes walaupun pelan tapi pasti gan

ceritanya pada jaman sebelum diciptakan sealer, solid gasket atau paking sangat diutamakan untuk ngejalanin tugas ini gan.. dan dipisahan dari jenis bahan dan ketebalan sesuai dengan kebutuhannya, ada yang bahan kertas/karton, besi, alumunium, kuningan sampai gabus.. mungkin agan2 juga ada yang pernah praktekin bikin sendiri paking dari karton ato alumunium..

Nah seiring perkembangan teknologi sealer kimia / lem sealer ini malah lebih populer dan sangat dibutuhkan untuk jadi pelengkap wajib gan dalam mengatasi pengamanan celah yang ekstra ketat..

Untuk jenis sealer ini seiring waktu juga menjadi semakin banyak jenis dan fungsnya nih gan, malah kebanyakan orang awam ga tau juga, mungkin marak informasi di kalangan mekanik doang.. itu juga kadang mekanik ga tau semua jenis2 sealer gan.. contohnya makein sealer khusus waterpump di gardan ,ini bisa jadi pengawalan ekstra yang salah (kegagalan sealer), malah jadi ngerepotin ujung2nya karena harus bongkar2 lagi gara2 ada rembesan atau malah penyumbatan..



jadi mari agan2 kita pahami sedikit tentang serba serbi sealer ini, sangat banyak jenis sealent yang diproduksi untuk banyak pula fungsinya masing2 gan.. sampe2 ada Dewan khusus yang menjadi wadah para produsen sealer sedunia, namanya The Adhesive and Sealent World Control (ASC)




[/spoiler]
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for dewan ASC:














Menurut ASC tadi gan, pengertian sealer itu adalah "Material yang tidak bisa mengeras dan elastis yang digunakan untuk menyumbat atau mengisi suatu permukaan untuk mencegah merembesnya zat seperti udara, cairan atau suara diantara dua permukaan yang direkatkan".

Secara umum nih gan, ada 4 jenis sealer terbagi menurut fungsinya, pertama untuk komponen elektronis, kedua untuk umum atau mesin, kemudian untuk gedung dan terakhir untuk otomotif.. yang jelas disini lebih share ke yang otomotif dong



jadi fungsi sealer ini juga beragam gan.. ada yang buat nyumbat, buat ngisi celah, nambal permukaan yang retak atau tidak rata, sampai ngasih efek ngunci pada dua benda yang disatukan.. karena fungsi yang beragam itu , maka banyak pula bahan berbeda yang digunakan gan pastinya..



nah buat agan2 sekalian jangan asal pilih sealer buat keperluan mobil kesayangannya, harus diperhatiin nih spek dari sealer yang bakaan dipake.. karana sealer ini juga banyak kelemahannya ga, terutama dalam ketahanan panas, contoh untuk yang jenis silicone kalo udah diatas 250 derajat kondisinya bisa mulai melemah atau lumer, jadi skali lagi kudu pinter milih ya gan menyesuaikan dengan kebutuhan, dan jangan terkecoh sama warna sealer gan, karna warna biasanya hanya digunakan per pabrikan untuk membedakan antar produk2nya gan.. jadi yang penting liat spesifikasi dari sealer tsb..



Nah sekarang ane coba tampilkan contoh2 spesifikasi sealer berikut bahan, warna dan fungsinya, ga bakal banyak2 gan, soalnya jenis dan produsen sealent itu banyak banget, ini ane coba tampilin produk2 yang beredar di Indonesia aja, mungkin kalo kurang agan2 share juga ya, mariiii....




Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for ThreeBond:








ThreeBond Super Sealer No 1. Warna=Abu2, Bahan=Karet sintetik, fungsi=oil pan/gigi transmisi/water outlet.











ThreeBond Super Sealer No 2. Warna=Merah, Bahan=Karet sintetik, Fungsi=oil pan/water outlet/gigi transmisi. Jadi keduanya memiliki fungsi kuranglebih sama, cuma beda warna












Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for DAP:








DAP Gasket Sealent, Bikinan Amerika nih gan.. Warna=Hitam, bahan=100% silicone rubber gasket, fungsi=mesin/ketahanan 40-400 derajat F







DAP Auto/Marine. Fungsi=Windshield/lampu/trim









DAP Silicone. bahan=silicone, fungsi=melapisi bahan karet
















Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for Permatex:








Permatex Ultra Copper 101BR. masih bikinan AS juga nih gan.. Warna=hitam, Fungsi=menjadi Paking pada temperatur tinggi.







Permatex UltraBlue 778. fungsi=melapisi paking yang selalu terkena oli









Permatex Auto Glass DWS-37. Warna=bening, fungsi=Perekat kaca dan bahan kaca lainnya.









Permatex Adhesive. Bentuk=batangan, fungsi=maenambal tangki bocor












Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for WURTH:








Super RTV Silicone WURTH. kalo yang ini bikinan Jerman gan.. Fungsi=melindungi kebocoran oli dan air/ Tahan panas hingga 315 derajat celcius dan terndah 60 derajat









PU Sealent WURTH. Warna=bening & hitam, Fungsi=nambal karet2 kaca yg bocor












Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for Pattex:








yang ini ane belum dapet gambarnya gan

ada dua yang pernah ane liat, type N34 sama N24.



untuk yang N34 bentuknya batangan gan.. Fungsi=nambal kerusakan bahan metal (spt tutup klep)



kalo yang N24 dalemnya ada dua gan, jadi kudu dicampur, fungsi=melapisi bagian yang sering kelieatan air, seperti waterpump..












[spoiler=open this] for Lain-lain:








GOOP Automotive. ini sama bikinan amrik juga gan.. terbuat dari Adhesive dam sealent, Warna=bening, fungsi=perekat teminal aki yang sobek









Seal All. masih Amrik juga gan.. terbuat dari cairan Liquid, fungsi=lem ruang interior panel/generator/gasket atau tutup distributor.









Super Lube Anti Corosion Gel. Fungsi=ngelapis permukaan yang kemungkinan korosi tinggi seperti kepala aki. Cuma merk ini ane baru liat sekali gan, kalo yang dijual biasanya merk Victor









LOCTITE Threadlocker. Warna=Bening, fungsi=perekat baut yang kendor..

kalo dari namanya sih (threadlocker) kayanya ini yang biasa dipake om momod yah atau ada juga yang merk Devcon nya gan..









Rubber cement V600. Warna=hitam, fungsi=memperbaiki komponen bernahan karet, konon sih ktanya bisa buat ban juga gan.. trus ini juga sama gan, lebih banyak yang merk Victor









Performix VLP. lagi2 buatan Amrik nih gan.. Fungsi=memperbaiki bahan kulit atau vinyl, ga cuma otomotif, biasa dpake di perabotan rumah juga gan..









Aluma Seal. Amerika Fungsi=khusus nembal radiator bocor gan..











gimana agan2 info nya? kalo kurang monggo ditambah/ share dimari ya gan, baik produk2 lainnya atau fungsi2 lainnya juga



sekian dulu informasi dari ane gan, semoga bermanfaat



sorry kalo ya gann.. jangan di ya gan,,

yang jelas ane ga bakalan nolak gaann... jangan lupa di




 
Sponsored Links.
Sponsored Links
Post Reply

« Previous Thread | Next Thread »
Thread Tools



Switch to Mobile Mode