Login to Website

Login dengan Facebook
Advertise? Click here

 

Post Reply
SHORT URL : http://ceri.ws/257741
 
Thread Tools
Old 15th April 2011   # 1
 

d_smiling_face's Avatar
Ceriwiser
Join : Apr 2011
Place : perkebunan cabe
Posts : 414
d_smiling_face hobinya dikasih cabe!d_smiling_face hobinya dikasih cabe!d_smiling_face hobinya dikasih cabe! 0
THREAD STARTER

Manfaat Tumbuhan Hijau bagi Manusia


Tumbuhan adalah makhluk hidup dengan organ-organ inti seperti akar, batang dan daun. Tumbuhan hijau adalah kelompok tanaman yang mempunyai pigmen hijau daun atau zat hijau daun yang disebut juga dengan klorofil.

Tumbuhan hijau mampu membuat makanan sendiri, dengan mineral dari dalam tanah, karbondioksida dari udara dan bantuan cahaya. Proses ini dinamakan fotosintesis. Sebenarnya tumbuhan yang tidak berhijau daun juga mampu menghasilkan makanan sendiri melalui zat warna daun dengan nama dan warna yang berbeda.

Hasil fotosintesis tidak hanya berguna bagi tanaman, tetapi bermanfaat pula bagi manusia dan hewan. Tumbuhan tidak hanya menghasilkan glukosa sebagai sumber energinya, tetapi juga mengeluarkan oksigen sebagai hasil fotosintesisnya. Oksigen inilah yang sangat dibutuhkan baik oleh manusia, hewan dan tumbuhan sendiri untuk proses respirasi.

Tumbuhan hijau mempunyai peranan yang sangat besar bagi kelangsungan hidup organisme dan juga bumi ini. Tumbuhan hijau selain sebagai produsen pertama yang menghasilkan bahan makanan bagi hewan herbivora (pemakan tanaman) dan omnivora (pemakan segala), juga mempunyai kemampuan untuk menghasilkan oksigen sebagai sumber kehidupan semua makhluk di muka bumi.

Tumbuhan hijau juga mampu menjadi solusi berbagai problem iklim (krisis lingkungan) yang mendera bumi saat ini, seperti isu pemanasan global akibat jumlah karbondioksida yang melebihi batas (efek rumah kaca).

Perlu disadari bahwa pembangunan perumahan, perkantoran, mall dan bangunan lainnya yang didirikan di atas lahan pertanian maupun ruang terbuka hijau sangat merugikan bagi manusia apabila tidak diimbangi dengan upaya penghijauan yang memadai. Lingkungan perkotaan khususnya, yang dibiarkan gersang tanpa penanaman tumbuhan hijau akan disesaki oleh polusi udara seperti karbondioksida. Padahal zat inilah yang berperan besar terhadap pemanasan global dan kondisi cuaca yang tidak menentu.

Tumbuhan hijau memiliki fungsi sebagai produsen pertama, dengan bantuan energi surya atau energi cahaya mampu menjadi energi potensial bagi mahkluk hidup yang lainnya. Perlu digarisbawahi bahwa dengan meningkatkan penghijauan, maka dampak pencemaran udara oleh beberapa polutan seperti karbondioksida dan beberapa polutan lain dapat dikurangi.

Quote:
 
Beberapa catatan yang bisa diperoleh dari manfaat tumbuhan hijau khususnya bagi manusia adalah sebagai berikut.
  1. Tumbuhan hijau berperan sebagai paru-paru dunia. Tanaman yang kaya dengan klorofil akan menghasilkan gas oksigen yang sangat vital bagi kelangsungan hidup manusia. Terutama bagi respirasi (menghasilkan energi) dan pernafasan manusia.
  2. Tumbuhan hijau berfungsi sebagai stabilisator lingkungan. Adanya vegetasi tumbuhan hijau di sebuah wilayah akan menimbulkan hawa lingkungan menjadi sejuk, nyaman dan segar. Karena itu penghijauan perlu digalakkan.
  3. Tumbuhan hijau yang menjadi produsen oksigen merupakan faktor utama pencipta lingkungan hidup atau ekologis yang berpengaruh bagi keberadaan makhluk hidup lain.
  4. Tumbuhan hijau merupakan penyeimbang alam. Adanya tumbuhan hijau, menjadikan habitat baru bagi makhluk hidup untuk tinggal di sekitarnya.
  5. Tumbuhan hijau juga berfungsi sebagai tempat berlindung bagi kondisi alam yang kurang baik seperti angin kencang, terik matahari yang menyengat, hujan, debu dan polusi. Tumbuhan hijau juga berfungsi sebagai naungan yang melindungi makhluk hidup di bawahnya dari berbagai kondisi yang kurang bersahabat.
  6. Tumbuhan hijau merupakan sumber estetika atau keindahan.
  7. Tumbuhan hijau adalah salah satu faktor penjaga kesehatan.
  8. Tumbuhan hijau juga mampu menjadi lingkungan sarana rekreasi dan pendidikan.
  9. Tumbuhan hijau juga bisa menunjang perekonomian dengan hasil produksi kayu maupun bunga dan buah.
  10. Bagi daerah pegunungan, tumbuhan hijau mampu melindungi dari ancaman longsor. Untuk perkotaan, tumbuhan hijau merupakan salah satu faktor pencegah banjir.
Code:
sumber


 
Sponsored Links.
Sponsored Links
Post Reply

« Previous Thread | Next Thread »
Thread Tools



Switch to Mobile Mode