Login to Website

Login dengan Facebook
Advertise? Click here

 

Post Reply
SHORT URL : http://ceri.ws/683988
 
Thread Tools
Old 20th March 2012   # 1
 

Penggal's Avatar
Ceriwiser
Join : Mar 2012
Posts : 399
Penggal mempunyai hidup yang Normal 4
THREAD STARTER

TRAGEDI PEMBANTAIAN SODONG SUMSEL (VIDEO AMATIR) cpt ntar keburu dihapus..!!!!!




VIDEO ASLI NO EDIT NO CENCOR

yang video gandengan yang katanya dari video ABU Gosok dari TahiLand itu udah ane delete....dan tinggal yang aslinya.....seperti yang anda saksikan diatas.



Sbg bukti ini video asli pada akhir video akan jelas terlihat ada seorang Aparat Berseragam dan itu adalah seragam aparat Indonesia... bukan seragam aparat negara lain...

dan dengan demikian sudah bisa dipastikan ini video asli tanpa edit atau penambahan fragmen/sambungan dari video2 lain.









[/spoiler][spoiler=open this] for AWAL KISAH TRAGEDI BERDARAH DI DESA SODONG:








Desa sungai sodong terletak di Kecamatan Mesuji Kabupaten Ogan, Komering Ilir Sumatera Selatan. Awal 1997 ada kesepakatan antara masyarakat dengan PT Treekreasi Margamulya (TM/Sumber Wangi Alam) untuk melakukan kerjasama pembangunan klub plasma.



Pada 6 April 1997 masyarakat menyerahkan sebanyak 534 Surat Keterangan Tanah (SKT) seluas 1068 Ha kepada pihak perusahaan untuk dibangunkan plasma desa. Pada tanggal 1 Juli 1997, Kepala Desa Sungai Sodong, Camat Mesuji, Pemerintah Kabupaten OKI dan PT. TM menandatangani daftar anggota plasma desa sungai sodong KKPA menginduk kepada Koperasi Makarti Jaya Desa Suka Mukti (dikarenakan Sungai Sodong belum terbentuk Koperasi).



Pada tahun 2002, perkebunan dianggap tidak efektif oleh perusahaan. Sehingga perusahaan mengajukan pembatalan plasma, dan akhirnya masyarakat setuju dengan syarat, bahwa lahan yang sudah ditanam untuk diganti rugi dan SKT dikembalikan kepada warga.



Setelah menerima persetujuan warga dengan syarat, pihak perusahaan tidak dapat memenuhi, dan sebagai solusinya pihak perusahaan menawarkan pola kerjasama pemakaian lahan selama 10 (sepuluh) tahun, dengan besaran nilai ditentukan oleh perusahaan yang akan dibayarkan kepada warga setiap bulan terhitung efektif akhir bulan Maret 2002, sesuai dengan surat PT. TM No. : PAN-GMDE/teranggal 26 Januari 2002, ditandatangani oleh A.M Vincent selaku General Manager.



Sepanjang 2003 sampai 2009, masyarakat desa Sungai Sodong baik secara kelompok maupun melalui Koperasi Terantang Jaya yang sudah dibentuk di Desa Sungai Sodong menanyakan kepada pihak perusahaan mengenai realisasi atas penyelesaian plasma yang dicabeinlkan, baik berupa ganti rugi, pengembalian SKT, maupun pola kerjasama pemakaian lahan, namun hal tersebut tidak mendapatkan tanggapan serius.



Sejak Agustus 2010, warga desa melakukan pendudukan lahan dan memanen diatas lahan yang masih bersengketa tersebut, Pada bulan oktober 2010, dilokasi lahan dilakukan pertemuan dengan dihadiri oleh : 2 (dua) orang anggota DPRD OKI, Pihak Pemkab OKI, Camat Mesuji, Polres OKI, pihak perusahaan dan warga desa.



November 2010, DPRD OKI memfalisitasi pertemuan musyarawarah antara masyarakat desa sungai sodong dengan PT. TM/SWA, namun tidak menemukan titik penyelesaian.



Tahun 2011, Bupati OKI memfasilitasi pertemuan musyawarah antara masyarakat desa sungai sodong dengan PT. TM/SWA, namun tidak menemukan titik penyelesaian.



Februari 2011, Koperasi Tarantang Jaya melayangkan surat kepada BPN Pusat di Jakarta tentang peninjauan kembali luas HGU perkebunan PT. TM/SWA di desa Sungai Sodong.



Pada awal April 2011, pihak perusahaan menambah petugas keamanan (PAM) swakarsa Wira Sandi ke lokasi perkebunan sebanyak lebih kurang 50 orang. Dan sejak masuknya pamswakarsa ini, situasi di perkebunan makin memanas.



Puncaknya pada tanggal 21 April 2011 terjadi pembunuhan terhadap 2 (dua) orang warga desa sungai sodong bernama Indra Syafei bin Ahmad Tutul (Kepala bagian atas terluka akibat benda tajam, pelipis terkelupas, rahang memar, bibir luka terbakar, leher nyaris putus, luka tembak tembus didada kiri dan kanan, punggung dan pinggul kanan dan Syaktu Macan bin Sulaiman (kepala bagian atas luka menganga akibat benda tajam, kuping robek hampir putus, dan punggung tertancap senjata tajam/sangkur), yang didiga pelakunya dalah pihak keamanan perusahaan dan aparat.



Dugaan ini diperkuat berdasarkan pengakuan Syaktu Mada yang pada saat ditemukan dalam keadaan masih bernafas dan sempat menceritakan kejadian tersebut. Syaktu meninggal dalam perjalanan ke puskesmas, Lokasi kejadian di poros lokasi perkebunan.



Mengetahui pembunuhan tersebut, secara spontan warga masyarakat di beberapa desa melakukan serangan balik ke mess perusahaan yang ada dilokasi perkebunan, terjadilah bentrok sehingga menyebabkan korban meninggal sebanyak 5 (lima) orang dari pihak perusahaan.





disadur :

http://erabaru.net/nasional/133-nasional/28821-kronologis-tragedi-mesuji-versi-petani-lsm-dan-tokoh-masyarakat













Link Alternatif Back Up (spa tau aja dihapus si Y*utube)









Silakan Komentarnya




 
Sponsored Links.
Sponsored Links
Post Reply

Thread Tools



Switch to Mobile Mode