Login to Website

Login dengan Facebook
Advertise? Click here

 

Post Reply
SHORT URL : http://ceri.ws/955702
 
Thread Tools
Old 27th May 2012   # 1
 

tahugejrot's Avatar
Ceriwis Pro
Join : May 2012
Posts : 2,008
tahugejrot mempunyai hidup yang Normal 6
THREAD STARTER

Makan Bukan Untuk Kenyang, Tapi Untuk Sehat




Hari ini saya melihat sebuah tayangan bertajuk “Secret Extract Herbal” di salah satu televisi satelit.



Ada pelajaran yang bisa dipetik dari acara ini. Yaitu sewaktu Tengku Maulana (herbalis) menceritakan ketika dia bertemu dengan seorang profesor sewaktu menjadi pembicara seminar di bogor. Sehabis seminar, beliau ngobrol-ngobrol dengan Prof tersebut :



“Prof, usianya sekarang berapa?”



“85 tahun”



“Ga pernah terasa pegal-pegal atau encok-encok?”



“Ga pernah tuh!”



“Wah.. saya yang umur 30 iri jadinya… Apa rahasianya nih?”



“Jangan makan makanan yang enak-enak…. itu saja!”



“Bisa dijelaskan prof?”



“Dari dulu nenek moyang kita makan nasi… itu tidak bisa kita hindari.. tapi lebih baik hindari makan banyak karbohidrat.. hindari makan banyak daging..lebih banyak makan sayur-sayuran dan buah-buahan…”



Saking penasaran, Tengku Maulana kemudian mengajak Prof untuk makan bersama. Tapi prof tersebut menolak dan lebih memilih untuk makan sendiri, yaitu memakan sayur-sayuran dan buah-buahan.



Nilai yang bisa kita ambil adalah bahwa makanlah bukan untuk KENYANG, tapi makanlah untuk KESEHATAN.



Kita sering sewaktu menghadiri acara perjamuan kimpoi, kita mengambil nasi dan daging yang banyak.. hampir sedikit sayuran (karena biasanya hampir sedikit menu sayurnya..,,, namanya juga pesta kok..kekekkek) … pikirnya barangkali “kesempatan nih.. jarang-jarang kan makan kayak gini. he3″...





Sewaktu pergi ke plasa, sering kan juga kita makan ke restoran cepat saji.. yang hampir semuanya itu mengandung lemak jenuh sangat tinggi…. apalagi junk food (goreng-gorengan sampah)…. berlagak sok kebarat-baratan.. nah loh!!!! akibatnya : obesitas, memicu tekanan darah tinggi, kencing manis…. KOMPLIKASI!!! jantung koroner dan stroke… Tidak sadar kalau kita sedang BUNUH DIRI SECARA PELAN-PELAN!





Memang makan kalau tidak kenyang rasanya bukan makan yach…. Dan makanan yang membuat kita kenyang salah satunya ya KARBOHIDRAT itu sendiri…. Dan jika karbohidrat tersebut tidak kita gunakan untuk aktivitas yang mengeluarkan energi banyak, seperti olah raga, maka akan berubah jadi lemak.. akibatnya ? kegemukan atau obesitas… dan kegemukan merupakan faktor risiko terjadinya Penyakit Jantung dan Diabetes.





Penelitian terkini menyatakan bahwa HAMPIR SEMUA PENYAKIT DISEBABKAN OLEH RADIKAL BEBAS. Radikal bebas muncul akibat mengkonsumsi makanan yang teroksidasi dengan suhu yang tinggi seperti goreng-gorengan dlsb. Sebagai lawannya yaitu ANTIOKSIDAN. Antioksidan banyak terdapat dalam sayur-sayuran dan buah-buahan segar.



Sekarang pilihannya : mau panjang umur dengan tidak sakit-sakitan??? maka makanlah sayur-sayuran dan buah-buahan, serta kurangi karbohidrat dan lemak.





Ada seorang teman saya yang bilang kepada saya : “kamu jangan makan terlalu pantang.. entar malah sakit loh. Nikmati hidup ini. Kalau makan apapun doa terlebih dahulu”.. kelihatannya nasihat itu bagus dan religius yach.. pakai doa dll….. Tapi bukankah berarti sama saja dengan kita minta kepada TUHAN supaya dilindungi dalam perjalanan, tetapi kitanya sendiri seenaknya ugal-ugalan di jalan raya?…. apa ga sama aja dengan mencobai yang di atas? (OOT)



Intermezzo : Ternyata untuk kenyang tidak harus makan karbohidrat loh.. kita bisa minum banyak air putih… itu bisa sebagai penunda lapar.. sekaligus untuk membersihkan tubuh kita dari racun-racun dengan cara membuangnya lewat ginjal. Triknya : sediakan air putih di setiap tempat di rumah kita / ruang kerja kita…. begitu melihatnya, minumlah.. sehingga tidak terasa kita sehari minum air putih lebih dari 4 liter. Great!






Ingat, makan bukan untuk supaya kenyang.. tapi makan untuk kesehatan!




[/quote][quote]





ceriwiser YANG BIJAK AKAN MENINGGALKAN KOMEN BERMUTU










 
Sponsored Links.
Sponsored Links
Post Reply

Thread Tools



Switch to Mobile Mode