Login to Website

Login dengan Facebook
Advertise? Click here

 

Post Reply
SHORT URL : http://ceri.ws/993673
 
Thread Tools
Old 27th May 2012   # 1
 

rumahmenteng's Avatar
Senior Ceriwiser
Join : May 2012
Posts : 5,960
rumahmenteng mempunyai hidup yang Normal 11
THREAD STARTER

Tanda Isyarat Membunyikan Kentongan


بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم





[/quote]
Quote:
 





BANTU RATE BINTANG 5 DULU YE GAN










Kentongan merupakan salah satu alat komunikasi yang bersejarah dan dahulu sangat populer digunakan di Indonesia. Saat ini keberadaan Kentongan dapat dikatakan hampir punah, walaupun masih ada di beberapa daerah di Indonesia [tapi biasanya cuma jadi "hiasan" Pos Ronda aja sih gan].



Membunyikan kentongan sebenarnya ada aturan-nya gan, jadi nggak cuma asal pukul doang. Berikut tanda-tanda isyarat membunyikan kentongan :



[quote]





a) Pembunuhan : 1 Kali : . . . . .

b) Perampokan : 2 Kali : .. .. .. .. ..

c) Kebakaran : 3 Kali :

d) Bencana Alam : 4 Kali : . . . . .

e) Pencurian : 5 Kali : .. .. .. .. ..

f) Aman : 6 Kali :

g) Kecelakaan LANTAS : 2 Kali jarak 1 Kali : .. . .. . .. . .. . .. .






*Keterangan :

Apabila keadaan darurat maka tidak jadi masalah apabila tidak mengikuti instruksi bunyi kentongan diatas, yang penting informasi komunikasinya yang diberikan oleh petugas ronda kepada masyarakat jelas dan nyaring sehingga masyarakat menjadi mengerti dan tidak panik.




Begitu gan tanda isyarat membunyikan kentongan. Walaupun saat ini kentongan udah rada nggak eksis lagi, tapi nggak ada salahnya juga kalau kita sebagai generasi muda mengetahui tentang Kentongan.



*Tambahan :

Kata simbah ane, per daerah beda-beda gan formula kentongan-nya . hehe, harap maklum gan. itu formula kentongan di daerah Bantul Yogyakarta.




Oiya, TS juga menerima kok

Asal jangan dikasih aje gan. Bapak ane udah juragan bata sih soalnya.







*Other Threads :

Fungsi Tahi Lalat



Share Cara Nulis Artikel di Koran Komp*s



FAQ BlackBerry CDMA 8530 AHA



 
Sponsored Links.
Sponsored Links
Post Reply

Thread Tools



Switch to Mobile Mode