Lounge Berita atau artikel yang unik, aneh, dan menambah wawasan semuanya ada disini dan bisa dishare disini.

Reply
 
Thread Tools
Old 27th May 2012 #1
rumahmenteng rumahmenteng is offline
Senior Ceriwiser

rumahmenteng's Avatar
 
Join Date: May 2012
Posts: 5,960
Rep Power: 11
rumahmenteng mempunyai hidup yang Normal
Default Tanda Isyarat Membunyikan Kentongan

بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم





[/quote]
Quote:





BANTU RATE BINTANG 5 DULU YE GAN










Kentongan merupakan salah satu alat komunikasi yang bersejarah dan dahulu sangat populer digunakan di Indonesia. Saat ini keberadaan Kentongan dapat dikatakan hampir punah, walaupun masih ada di beberapa daerah di Indonesia [tapi biasanya cuma jadi "hiasan" Pos Ronda aja sih gan].



Membunyikan kentongan sebenarnya ada aturan-nya gan, jadi nggak cuma asal pukul doang. Berikut tanda-tanda isyarat membunyikan kentongan :



[quote]





a) Pembunuhan : 1 Kali : . . . . .

b) Perampokan : 2 Kali : .. .. .. .. ..

c) Kebakaran : 3 Kali :

d) Bencana Alam : 4 Kali : . . . . .

e) Pencurian : 5 Kali : .. .. .. .. ..

f) Aman : 6 Kali :

g) Kecelakaan LANTAS : 2 Kali jarak 1 Kali : .. . .. . .. . .. . .. .






*Keterangan :

Apabila keadaan darurat maka tidak jadi masalah apabila tidak mengikuti instruksi bunyi kentongan diatas, yang penting informasi komunikasinya yang diberikan oleh petugas ronda kepada masyarakat jelas dan nyaring sehingga masyarakat menjadi mengerti dan tidak panik.




Begitu gan tanda isyarat membunyikan kentongan. Walaupun saat ini kentongan udah rada nggak eksis lagi, tapi nggak ada salahnya juga kalau kita sebagai generasi muda mengetahui tentang Kentongan.



*Tambahan :

Kata simbah ane, per daerah beda-beda gan formula kentongan-nya . hehe, harap maklum gan. itu formula kentongan di daerah Bantul Yogyakarta.




Oiya, TS juga menerima kok

Asal jangan dikasih aje gan. Bapak ane udah juragan bata sih soalnya.







*Other Threads :

Fungsi Tahi Lalat



Share Cara Nulis Artikel di Koran Komp*s



FAQ BlackBerry CDMA 8530 AHA



rumahmenteng is offline   Reply With QuoteReply With Quote
Sponsored Links.
Reply

Thread Tools

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off



All times are GMT +7. The time now is 02:05 PM.

 

About Us

"Ceriwis Forum is a place to find information in various categories. Be inspired, Be social, Join the Community!"

 

Advertising

Interested to Advertise with us? simply click the button below.

Copyright � 2015