Ceriwis
love yourself
Home » Umum » 10 Cara Yang Paling Bisa Diandalkan Untuk Mencintai Dirimu Setiap Hari

10 Cara Yang Paling Bisa Diandalkan Untuk Mencintai Dirimu Setiap Hari

love yourself

Self-Love adalah sebuah konsep dari kebanyakan kita berjuang setiap harinya. Apakah arti dari benar-benar mencintai dirimu sendiri? Diseluruh jaringan internet, artikel mengenai efek transformatif dari mempelajari mencintai dirimu, tetapi apakah artinya itu? Apakah ada satu ukuran yang sesuai dengan semua jawaban dari Self-Love ketika semua dari kita, adalah, berbeda?

Satu hal yang pasti: kamu hanyalah satu-satunya yang tahu bagaimana mencintai dirimu sendiri. Ada banyak saran praktis online, tetapi semua terserah padamu untuk mencoba metode berbeda dan mengaplikasikan pendekatan efektif sesuai dengan dirimu.

Mungkin cara mencintai dirimu sendiri berbeda seringing pertumbuhanmu. Tidak apa-apa. Untuk mengarahkanmu kearah jalan yang benar, ini adalah 10 cara praktek Self-Love yang bisa membantumu untuk mencintai dirimu sendiri lebih dan lebih lagi setiap harinya.

  1. MEMULAI HARI DENGAN AFIRMASI POSITIF

Penulis Maria Robinson pernah menulis,” Tidak ada yang bisa kembali dan memulai sesuatu yang baru, tetapi setiap orang bisa mulai hari ini untuk membuat akhir yang baru.” Daripada mengakhiri hal dalam kondisi baik, kenapa tidak memulai nya sekarang?

Afirmasi diri sendiri dapat mengembalikan rasa percaya diri dan mengaktifkan sistem dalam otak kita yang memungkinkan kita untuk melihat kedalam diri dan merefleksikan diri kita sendiri. Kamu bisa menemukan banyak afirmasi positif online; gunakanlah ketika kamu bermeditasi atau cukup dengan menuliskannya di buku dan ulangi di pikiranmu sepanjang hari.

Love yourself as much as you want to be loved.

  1. MEMBUAT JADWAL HARIAN

Manajemen waktu akan memimpin produktifitas dan pengaturan organisasi yang baik, yang bisa mereduksi stress. Menulis jadwal harian dapat membantumu memprioritaskan tanggung jawab teratas kamu dan menghindari terikat dengan sesuatu yang tidak penting.

Kamu bisa mengalokasikan periode waktu yang spesifik dalam bekerja, istirahat, dan sosialiasi. Aspek ini memainkan peran penting dalam kesehatan mentalmu, dan mengetahui bagaimana memenuhi tanggung jawabmu tanpa merasa terbeban adalah aksi terbaik dari self-love.

  1. MENGINGAT TUJUANMU

Ini hal yang sulit untuk mencintai dirimu ketika kamu merasa hidupmu tidak mengarah kemana-mana. Kita semua mengalami berhenti di satu titik, entah dalam kesehatan mental kita, hubungan atau karir. Ini penting untuk mempertahankan rencanamu untuk masa depan untuk memotivasi dirimu setiap harinya.

Dengan membentuk perspektif mencintai dirimu, kita dapat belajar untuk selalu termotivasi, melihat kedepan, dan melihat gambaran yang lebih besar. Ini mengurangi frustasi dengan masa kini dan membiarkan diri kita untuk tetap sabar dan optimis melewati waktu yang stagnan.

  1. MENDAPATKAN UDARA SEGAR

Kebanyakan diantara kita senang menghabiskan waktu di dalam ruangan. Kita bangun, pergi kerja, duduk di meja dan hanya melihat matahari ketika kita pulang kerumah. Gaya hidup seperti ini berbahaya untuk beragam alasan, dan salah satunya memiliki dampak negatif  dari kurangnya bersentuhan dengan cahaya matahari dalam kesehatan mentalmu.

Habiskan waktu diluar ruangan dapat meningkatkan Vitamin D dalam tubuhmu dan meningkatkan moodmu. Ambillah waktu setiap hari untuk bernafas dan menikmati udara segar, bahkan jika hanya untuk 15 menit. Keuntungan akan kamu rasakan dalam jiwamu, tingkat stress, dan kesehatan mentalmu.

  1. BEROLAHRAGA SETIAP HARI

Menimbulkan kesan yang mengerikan dan buruk pada orang-orang berdasarkan latihan cardio mereka. Kalau kamu memaksa tubuhmu untuk pergi ke gym, dengan mengikuti kelas yang kamu sukai. Dari kickboxing sampai zumba, banyak cara untuk tetap sehat dan mendapatkan aliran endorphin tanpa harus melakukan olahraga yang membosankan seperti berjalan di treadmill.

  1. JADI SAHABAT BAGI DIRIMU SENDIRI

Menyenangkan ketika kamu memiliki support system, tetapi kita juga harus menjadi sahabat bagi diri kita sendiri. Bergantung pada validasi emosional dengan orang lain justru akan meningkatkan kecemasan kita. Belajar bagaiman untuk menikmati pertemanan dengan dirimu sendiri, mendengarkan pikiranmu dan menilai opinimu adalah latihan harian yang membantu kamu untuk mempunyai perasaan kuat akan diri sendiri.

Create a necklace with your best friends

Ketika kamu belajar untuk mencintai dirimu sendiri, kamu akan menemukan kamu tidak selalu melihat orang lain. Ini bukan berarti kamu tidak menghargai penilaian dan pendapat mereka; malah kamu akan membentuk hubungan yang lebih kuat dengan berkomitmen untuk menikmati kehadiran orang lain. Kamu akan merasa percaya dirik dengan dirimu sendiri dan percaya dalam nilai kontribusimu dalam setiap hubungan.

  1. MERUBAH PRESPEKTIFMU

Menangkap bahwa dirimu dalam keadaan autopilot dan mengingatkan dirimu akan gambaran yang lebih besar. Mudah bagi kita untuk merasa terbeban dengan stress dan obligasi. Kebanyakan dari kita melewati hidup ini tanpa benar-benar merasakan pengalaman yang menyenangkan. Malam hari kita hanya bergelung di tempat tidur seperti hari lain telah tiba dan pergi tanpa arti apapun.

Mudah dikatakan untuk tersesat dalam dirimu kedunia, jadi ambilah waktu melewati hari demi hari untuk meningkatkan dirimu untuk mundur selangkah, bernafas, dan hidup untuk saat ini. Kamu bahkan bisa menetapkan pengingat dalam teleponmu untuk membantu mu fokus kembali di sepanjang hari.

  1. MELUANGKAN WAKTU UNTUK MENGENAL EMOSIMU

Apakah kamu memiliki kecenderungan untuk menunjukkan kesedihan, frustasi, atau perasaan tidak nyaman lainnya? Ini adalah insting alami manusia untuk menghindari sakit, dan mengubur dalam-dalam sebagai satu cara untuk melindungi diri kita sendiri. Tetapi apakah kamu bisa merubah perasaan tersakiti itu menjadi hal yang positif?

Kamu harus membuat keputusan yang sadar untuk mengetahui perasaan mu, tidak peduli betapa menyakitkannya. Meditasi dan pikiran yang tenang adalah alat terbaik untuk menghadapi emosi negatif.daripada intrik selalu dikaitkan dengan berbagai macam pemikiran dan perasaan yang melewati hatimu, kamu mempelajari untuk melihat prespektif lain dan membiarkan perasaanmu kuat melewatinya.

Kecerdasan emosional akan membiarkan kita untuk mengerti diri kita sendiri dan berempati lebih baik dengan orang lain. Belajar mengenai mengenal, menerima, dan mengaplikasikan perasaan negatif dapat membantumu untuk mencapai IQ emosional yang lebih tinggi dan menjadi orang yang lebih bahagia.

  1. MENCARI BANTUAN JIKA KAMU MEMBUTUHKANNYA

Kamu mungkin membutuhkan terapis, atau kamu hanya perlu mengangkat telepon dan mencurahkan isi hatimu dengan sahabatmu. Kesadaran diri adalah kualitas penting yang orang lain belum tentu punya; ketika kamu mencintai dirimu sendiri, kamu belajar untuk berhenti meremehkan kemampuan dan memandang rendah dirimu sendiri.

Kesadaran diri berarti mengerti bahwa kamu tidak bisa melakukan segalanya sendiri dan self-love akan membuat kita bisa menyadarinya tanpa merasa malu atau lemah. Jika kamu memulai untuk melawan suara dalam kepalamu untuk tetap diam, kamu mengalami kemajuan.

Tidaklah mudah untuk meyakini kita sedang berjuang, dan bahkan lebih sulit untuk menerima fakta bahwa kita tidak bisa melakukan hal yang benar dengan kekuatan diri kita sendiri. Kesehatan mental memang sulit, tetapi bagian dari self-love akan menajdi pilar kesehatan mental,emosional,dan fisikmu.

  1. BERANI MENJADI RAPUH

Dalam bukunya “Daring Greatly: How to Courage to Be vulnerable Transforms the Way We Live,Love,Parent,and Lead,”Dr. Brene Brown mendiskusikan apa arti kerapuhan dan menuntun pembaca untuk mendapatkan kekuatan dalam melepaskan. Salah satu cara terbaik untuk belajar mencintai dirimu sendiri adalah melalui kerapuhan. Kebanyakan dari kita takut akan kritik/tuduhan, pengabaian atau penolakan yang menahan kita dari mengambil resiko yang kita butuhkan untuk menjadi sosok yang kita inginkan.

Menjadi rapuh bukan berarti kamu membiarkan orang-orang untuk menginjak dirimu. Ada alasan batasan emosional, dan mereka melindungi kita dari hubungan racun dan menyakiti. Bagaimanapun juga beberapa dari kita menganggap kerapuhan sebagai tanda lemah, sehingga kita menghindari untuk terlalu dekat, mengatakan terlalu banyak dan hidup ketakutan atas kemungkinan kita tersakiti.

love yourself

Biarkan dirimu untuk mengambil resiko tersebut. Ketika kamu berani untuk rapuh, kamu akan bisa merasakan dan menerima banyak cinta dari dunia sekitarmu. Ini tidak akan mudah, dan bahkan akan balik menggigitmu. Tetapi ketika kamu membiarkan dirimu sendiri untuk melewatinya, kamu akan mengerti kebebasan yang muncul dari self-love.

AMBIL WAKTU UNTUK DIRIMU

Praktek kesabaran dengan dirimu. Berbaik hati bahkan ketika kamu mengkasihani dirimu sendiri atau ketika kamu mengatakan dirimu tidak cukup baik. Pikirkan Inner Child mu. Apakah kamu sering berbicara dengan mereka seperti kamu berbicara dengan dirimu sendiri? Perhatikan bagian terkecil dalam dirimu ini dan jadilah apapun yang kamu mau.

Kamu akan mempelajari bagaimana mencintai diri sendiri dengan waktu. Setelah mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari kamu akan mulai mengidentifikasi latihan yang cocok denganmu. Apa yang membuat kamu bersyukur?apa yang membuat kamu merasa dicintai dirimu sendiri?

Setelah kamu melalui proses perjalanan yang menyenangkan dan memberikan dampak baik, kamu harusnya merasa antusias mengenai orang yang akan kamu temui. Kamu akan terkesima bahwa banyak hal yang bisa kamu pelajari ketika kamu mencintai dirimu sendiri.

Yane Pranata

Add comment

window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({flush: true});