Ceriwis

10 Gaya band tahun 90an dan sekarang, gak banyak berubah!

Ceriwis – Membentuk sebuah grup band memiliki tantangan tersendiri. Menyatukan visi dan misi dari beberapa personel yang tentu memiliki pandangan yang berbeda bukanlah hal mudah. Jika salah satu atau dua berbeda pendapat, akibatnya personel tersebut bisa hengkang dan mengganggu stabilitas band itu sendiri.

Hal yang wajar jika ada sebuah band yang gonta-ganti personel dalam perjalanan karier mereka. Namun yang terpenting tentu saja mempertahankan nama band itu sendiri agar terus ada dan berkarya.

Tapi ternyata banyak juga lho, band Indonesia yang sudah mulai aktif sejak tahun 90-an, hingga kini masih tetap eksis. Kepopuleran mereka yang sudah diraih sejak dulu hingga kini tak berkurang sedikit pun. Tak hanya manggung on air maupun off air, mereka juga masih tetap mengeluarkan single dan album baru.

Siapa saja ya? Berikut deretan band 90-an yang masih eksis hingga kini, seperti dihimpun Ceriwis dari berbagai sumber, Selasa (18/9).

1. Base Jam.

 View Image

Bukan Pujangga merupakan lagu hits dari band asal Jakarta ini. Meski sudah aktif sejak tahun 1994, namun Sigit Wardana dan kawan-kawan masih tetap eksis hingga sekarang ini.

2. Tipe-X.

 View Image

Tipe-X merupakan salah satu band bergenre unik di Indonesia. Genre yang mereka ambil yaitu pop ska rock. Tapi nyatanya, Tresno Riadi dan kawan-kawan tetap dapt mengambil hati penikmat musik Indonesia.

Nih, penampilan Tipe-X saat awal-awal kariernya.

 View Image

3. Slank.

 View Image

Tak perlu ditanya lagi, Slank merupakan salah satu band legendaris di negeri ini. Kamu pasti sering melihat bendera Slank berkibar meski band tersebut tidak sedang manggung. Ya, popularitas mereka memang setinggi itu. Bahkan mereka punya label rekaman sendiri lho yang diberi nama Slank Records.

Coba kamu amati deh, foto Slank jadul di bawah ini. Masih formasi lama, ada Pay Burman, Indra Q dan Bongky.

 View Image

4. Kahitna.

 View Image

Siapa nih, yang dulu pernah nembak gebetan pakai lagu dari Kahitna? Grup musik asal Bandung ini memang dikenal dengan lagu-lagu bertema cinta yang isi liriknya romantis abis.

Perbandingan mereka saat dulu dan sekarang kontras banget nggak sih?

 View Image

5. Stinky.

 View Image

Ingat dengan band satu ini? Salah satu lagunya masih populer hingga sekarang berjudul Mungkinkah. Meski beberapa kali bongkar-pasang personel, namun Stinky masih eksis hingga sekarang. Kini vokalis Stinky adalah Yoda penyanyi jebolan Indonesian Idol.

Ini ketika Stinky masih dipimpin Andre Taulany pada departemen vokal.

 View Image

6. Padi.

 View Image

Lagu-lagu dari grup musik ini sangat populer pada akhir tahun 90-an. Sebut saja Mahadewi yang liriknya puitis banget itu. Meski para personelnya sempat membuat proyek sampingan di luar Padi, namun akhirnya mereka kembali dengan memperbarui namanya menjadi Padi Reborn.

Kalau kamu punya akrab sama cover di bawah ini, fix kamu anak 90-an banget.

 View Image

7. Jamrud.

 View Image

Bagi yang kelahiran tahun 90-an, bohong kalau tidak tahu band satu ini. Band bergenre rock yang terkenal dengan suara vokalis yang sangar abis ini memang populer hingga sekarang. Lirik lagunya yang nakal menjadi pembeda grup band ini dengan yang lainnya.

Kangen sama gaya mereka saat awal-awal kariernya?

 View Image

8. Sheila On 7.

 View Image

Kalau urusan musik pop, Sheila On 7 rajanya. Aktif sejak tahun 1996, lagu karya Duta dan kawan-kawan bahkan sudah dirilis versi Malaysia dan Singapura. Selain itu, band yang juga sering disebut SO7 ini juga masih sering tampil on air di beberapa acara televisi lho.

Fix banget foto di bawah ini termasuk langka. Tampilan Duta dkk culun maksimal.

 View Image

9. Dewa 19.

 View Image

Dewa 19 dikenal memiliki personel yang sangat handal. Siapa yang tak kenal dengan Ahmad Dhani, Andra Ramadhan, Ari Lasso dan Once. Lagu-lagu yang mereka ciptakan dan nyanyikan selalu menjadi hits di pasaran. Meski pernah bongkar-pasang personel, kepopuleran Dewa 19 tak turun sedikitpun.

10. /rif.

 View Image

Salah satu grup band rock yang juga sukses di dunia musik Indonesia. Meski beraliran rock, /rif lagu dari band ini selalu terngiang di telinga. Gaya panggung yang nyentrik ditambah warna suara dari sang vokalis, Andy, membuat /rif menjadi band populer yang masih eksis hingga saat ini.

Nih, foto mereka yang vintage abis!

 View Image

Editor Baik

Tidak ada komentar