Ceriwis

10 KEBIASAAN 2 MENIT YANG AKAN MENGUBAH HIDUPMU

BERLATIH PERNAPASAN DENGAN TERATUR

Ketika kamu merasa gelisah, aliran pernapasanmu terganggu. Kamu mungkin tidak menyadari adanya gangguan kecil dalam pola pernapasan dan bagaimana gangguan tersebut dapat mempengaruhimu. Menormalkan kembali pernapasan memulihkan energi&fokusmu.

Caranya, dengan bernapas melalui hidung selama lima detik. Bayangkan seolah-olah ada balon yang mengisi rongga pinggul dan kemudian mengembang ke segala arah. Tahan udara yang masuk untuk beberapa saat, kemudian hembuskan udara keluar selama lima detik sambil mengencangkan otot dalam dan sekitar tulang punggung. Ulangi selama 10 kali.

MENGUNYAH SECARA LEBIH PERLAHAN

Bukan hanya apa yang kita makan yang berpengaruh, tapi juga bagaimana kita makan. Kamu bisa makan semua makanan sehat yang kamu inginkan, tapi jika kamu tidak mengunyahnya dengan baik, bisa mengakibatkan gangguan pencernaan, kembung dan kekurangan penyerapan nutrisi. Semakin banyak kita mengunyah, semakin banyak air liur yang diproduksi. Air liur melapisi partikel makanan dengan enzim yang memecah partikel makanan agar lebih banyak nutrisinya diserap tubuh.

Mengunyah 25 kali tiap gigitan melatih makan dengan berhati-hati. Kamu makan dengan kondisi pikiran yang santai, yang kemudian membantu pencernaan, semakin perlahan kamu makan, kamu juga kemungkinan mengonsumsi lebih sedikit karena kamu memberi tubuh waktu untuk merasa kenyang.

MINUM AIR LEMON HANGAT

Tubuhmu memerlukan air di pagi hari. Gantilah air dingin dengan air lemon hangat dalam kebiasaan sehari-harimu. Air lemon hangat menghilangkan rasa haus, mempersiapkan sistem pencernaan, membantu proses detoksifikasi dan memberikan kita vitamin C.

Lemon mungkin rasanya asam, tapi sesungguhnya membentuk alkalin, membantu tubuh mempertahankan keseimbangan pH yang ideal dan menetralisir radikal bebas, membuatmu tetap bersemangat. “Air lemon menguntungkan fungsi enzim dalam tubuh, merangsang hati dan membuang racun,” menurut Josh Axe, DNM(Doctor of Natural Medicine).

LAKUKAN PERGERAKAN SECARA RUTIN

Untuk meningkatkan pergerakan tubuh, tidaklah cukup hanya melakukan olahraga 1 jam di pagi hari. Tubuh kita berkembang dengan pergerakan. Dengan melakukan lebih banyak pergerakan sepanjang hari adalah sangat menguntungkan bagi tubuh dan otak.

Latihan pergerkan membantu melumasi sendi-sendi untuk mencegah badan kaku, melancarkan peredaran dan meningkatkan energi, juga meningkatkan fokus dan produktifitas. Untuk setiap jam kita duduk, lakukanlah setidaknya beberapa menit latihan pergerakan kaki dan tangan.

PERBAIKI POSTURMU

Postur tubuh yang pantas, -dengan tulang belakang sejajar dan sendi ditumpukkan-membuat tubuh santai, mengurangi ketegangan dan menjamin jaringan otot mendapat cukup oksigen dan nutrisi agar dapat berfungsi dengan baik.

Katy Bowman, ahli biomekanika dan pergerakan natural, merekomendasikan agar kita pertama mensejajarkan ujung luar kaki. Kemudian pastikan kedua kaki berjarak sepinggul. Tekan keempat sisi kaki ke tanah. Pastikan panggul di atas  tumit. Gerakkan paha mengangkat tempurung lutut, dada terangkat, tahan kepala dalam posisi netral.

LEPASKAN SEPATUMU

Salah satu alat kesehatan terbaik berada di bawah kakimu- secara harafiah, berjalan atau berdiri telanjang kaki di tanah, kedengarannya sederhana, tapi seberapa sering kamu telanjang kaki di luar? Kelihatannya kotor, tapi pada Journal of Environmental Public Health diterbitkan tahun 2012 diumumkan penelitian yang mendukung keuntungan bertelanjang kaki, termasuk meningkatkan kualitas tidur dan mood dan juga mengurangi peradangan dan rasa sakit kronis. Jangan sampai menginjak paku berkarat!

LAKUKAN DRY BRUSHING PADA KULITMU

Jagalah organ terbesar tubuhmu-kulit. Dry Brushing adalah teknik alami yang dapat menampakkan keindahan kulitmu dengan mengelupaskan sel kulit mati sambil merangsang sistem getah bening. Dry Brushing juga dibilang memberikan kulit warna terang alami.

Belilah  sikat kering dengan bulu alami. Mulailah dari kaki dan menyikat dengan gerakan seperti menyapu ke arah jantung(menghindari wajah) jangan menggunakan terlalu banyak tekanan. Jangan lakukan dry brush terlalu sering atau lama. Lakukan cukup beberapa menit seminggu sekali.

MENGATUR NIAT UNTUK BERKEMBANG

Ketika kamu ingin keluar dari zona nyaman dan memulai kebiasaan baru yang sehat,  kamu pertama harus memiliki keinginan yang kuat untuk itu. Seperti yang dikatakan Wayne Dyer, penulis buku “The Power of Intention”, “Kekuatan Niatan adalah kekuatan untuk mewujudkan, untuk membuat, untuk menjalani kehidupan berlimpah tanpa batas, dan menarik orang yang tepat dalam kehidupanmu pada saat yang tepat.” Kamu bisa mengatur niatan untuk setiap tindakan dalam hidupmu.

Sebelum makan, aturlah niatan untuk makan dengan berhati-hati. Sebelum berolahraga, hubungkan dengan niatanmu. Tanyalah diri sendiri, “Apa yang ingin kamu capai?”

MENGGUNAKAN PELINDUNG MATAHARI

Pelindung Matahari bukan hanya untuk musim panas. Dermatologist merekomendasikan menggunakan pelindung matahari setiap hari karena, menurut Skin Cancer Foundation, satu dari lima orang Amerika akan terkena kanker kulit dalam masa hidupnya. Ya ampun! Walaupun kamu tidak di luar ruangan dalam waktu lama, sinar UVA yang menyebabkan keriput dan penuaan dini dapat menembus kaca jendela. Periksalah bahan baku pelindung mataharimu dan gunakanlah yang mengandung mineral zinc oxide untuk perlindungan UVA. Kalau kamu berencana akan berada di luar ruangan dalam waktu yang lama (setidaknya dua jam) gunakanlah pelindung matahari dengan SPF 30 yang tahan air&keringat.

JANGAN LUPA BERSYUKUR

Masyarakat selalu menyuruh kita menjadi lebih, berbuat lebih, memiliki lebih dan mencapai lebih.  Hal ini bisa menguras kita dan menyebabkan depresi. Jagalah agar semangat tetap tinggi, saringlah suara mengganggu dalam hidupmu dan isilah dirimu dengan rasa syukur setiap hari. Terdapat banyak penelitian mengenai dampak positif aksi bersyukur setiap hari atas pikiran, tubuh dan jiwa.

Simpanlah sebuah jurnal di mana kamu tulis apa yang disyukuri setiap malam sebelum tidur atau ketika bangun pagi. Cobalah menulis penguatan- hal-hal positif mengenai dirimu dan hidupmu. Atau tulislah ucapan terima kasih kepada seseorang untuk mengatakan betapa bersyukurnya kamu memiliki orang tersebut dalam hidupmu.

BAGAIMANA MENURUT PENDAPAT KAMU?

Manakah dari kebiasaan sehat ini yang kamu siap mulai lakukan hari ini? Apa kebiasaan sederhana yang

kamu terapkan sehari-hari agar menjadi lebih sehat? Kami ingin mendengarkan gagasanmu dan ingin tahu bagaimana dengan pendapatmu? Jangan lupa untuk tinggalkan komentarmu di bawah  untuk bergabung dalam percakapan kami ya.

Yane Pranata