Ceriwis
makanan penurun gula darah pixabay

10 Makanan yang menurunkan gula darah dan mecegah diabetes

Ceriwis – Diabetes adalah sebuah penyakit yang bisa diderita seumur hidup. Penyakit ini muncul akibat naiknya kadar gula darah dalam tubuh. Diabetes adalah penyakit di mana kadar glukosa darah atau gula darah terlalu tinggi. Diabetes berkaitan dengan insulin dalam tubuh. Insulin adalah hormon yang membantu glukosa masuk ke sel tubuh sebagai energi.

Dilansir Ceriwis dari medlineplus.gov, diabetes memiliki dua tipe, yaitu diabetes tipe 1 dan tipe 2. Pada diabetes tipe 1, tubuhmu tidak akan menghasilkan insulin. Sedangkan diabetes tipe 2 lebih umum diderita orang. Pada diabetes tipe 2 ini tubuhmu tidak bisa menghasilkan insulin dengan baik atau insulin yang ada pada tubuh tidak bisa bekerja dengan baik.

Gula darah yang memicu penyakit diabetes berasal dari makanan yang selama ini kamu konsumsi setiap hari. Seiring waktu, memiliki terlalu banyak glukosa dalam darah atau diabetes dapat menyebabkan masalah serius. Di antaranya adalah bisa merusak mata, ginjal, saraf, menyebabkan penyakit jantung, dan bahkan stroke.

Alangkah baiknya bagi penderita diabetes untuk mulai mencegah makanana yang dapat meningkatkan gula darah pada tubuh. Sedangkan bagi yang sudah terjangkit diabetes, kamu bisa mulai mengonsumsi beberapa makanan yang bisa menurunkan kadar gula dalam tubuh atau diabetes.

Tujuan utama dari semua makanan ini adalah menjaga kadar gula darah dalam tubuh terkontrol dengan baik. Penting bagi seseorang untuk mengonsumsi makanan yang membantu mencegah komplikasi diabetes sehingga tidak akan berisiko terkena penyakit lebih parah.

Nah, makanan apa saja yang dapat menurunkan gula darah pada penderita diabetes dan tentunya sebagai pencegah bagi mereka yang belum terkena penyakit diabetes. Simak rangkuman Ceriwis dari berbagai sumber, Sabtu (23/3).

1. Kayu manis.

makanan penurun gula darah pixabay

foto: pixabay

Kayu manis adalah bumbu yang lezat dengan antioksidan yang kuat. Kayu manis dapat menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan insulin. Kayu manis dapat meningkatkan kontrol gula darah, sensitivitas insulin, kadar kolesterol dan trigliserida pada penderita diabetes tipe 2. Pasien diabetes tipe 2 yang menggunakan kayu manis selama 90 hari, akan dapat mengurangi hemoglobin A1c lebih dari dua kali lipat.

2. Yogurt.

makanan penurun gula darah pixabay

foto: pixabay

Dilansir dari milkandeggs, mengonsumsi yogurt tawar setiap hari dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2. Penulis meta analisis menyimpulkan kalau yogurt dapat menurunkan risiko diabetes. Yogurt adalah makanan yang rendah akan kandungan gula.

3. Beri.

makanan penurun gula darah pixabay

foto: pixabay

Dilansir dari saveritemedical, buah beri kaya akan serat, nutris, dan vitamin yang baik untuk tubuh. Beri adalah buah yang memiliki kadar gula rendah, sehingga bisa membantumu penderita diabetes untuk menurunkan gula darah yang tinggi.

4. Kunyit.

makanan penurun gula darah pixabay

foto: pixabay

Kunyit adalah rempah yang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan memperkuat tubuh. Bahan aktif pada kunyit dapat menurunkan kadar gula darah sekaligus mengurangi risiko penyakit jantung. Senyawa curcium yang ada pada kunyit bermanfaat bagi kesehatan penderita diabetes.

5. Brokoli.

makanan penurun gula darah pixabay

foto: pixabay

Brokoli adalah sayuran yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Brokoli dapat membantu menurunkan kadar insulin dan melindungi tubuh dari radikal bebas berbahaya pada metabolisme tubuh. Brokoli adalah makanan yang rendah karbohidrat sehingga makanan ini dapat membantu menurunkan gula penyakit diabetes.

6. Biji rami.

makanan penurun gula darah pixabay

foto: pixabay

Biji rami kaya akan serat yang dapat membantu mengontrol kadar gula darah pada tubuh. Penderita penyakit diabetes tipe 2 yang mengonsumsi biji rami selama 12 minggu memiliki peningkatan hemoglobin A1c secara signifikan. Sehingga kadar gula yang ada pada tubuh dapat turun dan terkontrol dengan baik.

7. Stroberi.

makanan penurun gula darah pixabay

foto: pixabay

Stoberi adalah buah yang memiliki banyak gizi saat dikonsumsi. Stoberi kaya akan antioksidan yang dikenal sebagai anthocyanin. Stoberi telah terbukti baik dan meningkatkan kontrol gula darah pada tubuh. Sehingga dapat membantu pasien diabetes menurunkan gula darah pada tubuhnya.

8. Bawang putih.

makanan penurun gula darah pixabay

foto: pixabay

Satu lagi bumbu masakan yang mengandung manfaat tinggi bagi kesehatan tubuh, yaitu bawang putih. Bawang putih mengandung dapat mengurangi peradangan, gula darah, dan kolesterol pada penderita penyakit diabetes tipe 2. Satu siung bawang putih mentah hanya mengandung 4 kalori dan 1 gram karbohidrat.

9. Mi shirataki.

makanan penurun gula darah pixabay

foto: pixabay

Mi ini berasal dari tanaman yang ada di Jepang, kemudian dioleh menjadi beras atau mi yang dikenal dengan shirakati. Mi shirataki mengandung glukomanan, yang sangat baik baik untuk mengontrol kadar gula penderita diabetes dan sebagai kontrol berat badan.

10. Kacang.

makanan penurun gula darah pixabay

foto: pixabay

Semua jenis kacang mengandung serat dan rendah karbohidrat yang dapat mudah dicerna tubuh. Mengonsumsi kacang secara teratur dapat mengurangi peradangan dan menurunkan kadar gula dalam tubuh. Penderita diabetes yang mengonsumsi 30 gram kacang misalnya kenari dalam diet harian selama satu tahun akan mengalami penurunan kadar gula yang signifikan.

Editor Baik