Ceriwis
plotting against you
Home » Umum » 10 Perilaku Yang Mengungkapkan Seseorang Diam-Diam Berencana Melawan Kamu

10 Perilaku Yang Mengungkapkan Seseorang Diam-Diam Berencana Melawan Kamu

plotting against you

Apakah kamu memiliki seseorang dalam hidupmu yang perilakunya mulai tidak kamu percayai? Apakah kamu pernah memperlakukan mereka sebagai teman tetapi sekarang kamu merasa bahwa mereka diam-diam merencanakan untuk melawanmu? Sayangnya, pengkhianatan adalah bagian dari sifat manusia. Menurut sebuah penelitian di Philosophical Transactions dari jurnal Royal Society B , wanita sebenarnya mulai merencanakan satu sama lain sebagai bagian dari evolusi alami untuk bereproduksi ribuan tahun yang lalu.

Tetapi merencanakan melawan seseorang juga merajalela dalam kelompok, organisasi, dan tempat kerja, menurut para ahli di California State University . Sayangnya, selama karakteristik manusia seperti rasa tidak aman, kecemburuan, dan daya saing ada, akan selalu ada seseorang yang keluar untuk mendapatkan orang lain. Berikut adalah beberapa perilaku yang menunjukkan seseorang mungkin secara diam-diam merencanakan melawan kamu.

 

10 PERILAKU YANG MENGUNGKAPKAN SESEORANG SECARA DIAM-DIAM BERENCANA MELAWAN KAMU

  1. MEREKA SUKA MEMULAI PERTENGKARAN KECIL

Kamu mungkin tipe orang yang tidak suka bertengkar tetapi, entah bagaimana, kamu sepertinya selalu menemukan dirimu bertengkar kecil dengan seseorang yang diam-diam merencanakan untuk melawan kamu. Misalnya, kamu memiliki rekan kerja yang tampaknya senang mempermalukan kamu ketika kamu bersama kelompok orang lain. Tetapi jika kamu meminta mereka untuk berhenti atau memberi isyarat bahwa kamu tidak mundur, rekan kerjamu akan mengatakan bahwa mereka hanya bercanda dan kamu hanya terpancing emosi.

Orang ini senang menekan tombolmu. Sebanyak apapun kamu berusaha mengabaikan apa yang mereka lakukan,kamu tidak bisa tidak menjadi jengkel, dan bereaksi atau membalas. Namun, pahamilah bahwa mereka sengaja menciptakan ketegangan di antara kamu berdua untuk mendapat jawaban. Ini adalah tanda besar bahwa mereka secara diam-diam merencanakan kejatuhanmu.

 

  • Respon terbaik dalam situasi ini adalah tidak menyerah.
  • Jangan tunjukkan bahwa kita terpengaruh secara fisik atau emosi.
  • Jika memungkinkan, ber tahu teman dekatmu atau keluargamu tentang kondisi ini.
  • Mereka mungkin tidak dapat berbuat sesuatu tapi mereka dapat memberikan dukungan dan menunjukkan bahwa kamu adalah berharga dan berbakat tidak peduli apapun yang teman kerjamu katakan atau lakukan.

Sebuah survey tentang membully di tempat kerja menyatakan 27persen dari pekerja memiliki pengalaman konflik dengan teman kerja yang suka membully. Ini terjadi bahwa di dalam organisasi yang terbaik dan melibatkan atasan dan bawahan mereka.

  1. MEREKA BANYAK BERGOSIP TENTANG ORANG LAIN

Seseorang yang suka mencari dukungan orang lain adalah berlebihan. Mereka menggunakan waktu untuk bergosip tentang orang lain. Mereka tahu ini akan menjadi lebih mudah untuk memotong habis orang jika mereka mempunyai sumber informasi orang dalam.

Orang ini tahu bahwa sisa  hidupmu sebagai pekerja akan lebih menarik dalam mencari detail tentangmu juga. Jadi, berhati-hatilah dengan gossip kantor dan waspadalah dengan apa yang kamu bagikan kepada siapapun. Jika penjagamu lelah, apapun yang kamu bagikan mungkin saja sampai ke orang yang berencana melawan kamu, yang mungkin menggunakan ini sebagai keuntungan mereka.

Sekarang, semua orang mungkin merasa bersalah telah ikut bergosip. Ini juga sifat alami manusia, seperti dikatakan Psychology Today. Tapi orang yang merencanakan akan lebih biasa melakukannya. Kamu harus bertanya kepada dirimu sendiri, jika mereka emngetahui begitu banyak tentang teman kerjanya, mengapa mereka tidak membicarakan langsung ke orangnya daripada membicarakannya di belakang?

 

  1. MEREKA TERLIHAT SANGAT BAIK KEPADAMU PADA AWALNYA

Jika si tukang gossip(dan berpotensi menjadi konspirator dan pengkhianat) menjadi sangat baik,  dan positif kepadamu, ambil hal tersebut sebagai peringatan. Seseorang yang merencanakan kejatuhanmu akan berbuat datar untuk menghilangkan egomu. Jadi mereka akan menjadi sangat baik atau mungkin membantumu. Mereka akan memujimu di setiap kesempatan yang mereka dapat dan bahkan menawarkan nasihat jika kamu membutuhkannya.

Akan tetapi waspadalah…. Teman yang seperti itu hanya sedang berakting.

Mereka akan bertindak seperti mereka adalah teman terdekatmu sehingga kamu dengan percaya akan membeberkan rahasiamu kepadanya, atau memberitahu tentang idea tau rencana kerja untuk proyek pekerjaanmu.

Mereka akan mencoba untuk menarikmu ke dalam lingkaran mereka dan membagikan cerita menjijikan tentang orang lain agar mereka tahu apa yang kamu pikirkan tentang teman kerjamu.

Berhati-hatilah karena suatu hari ketika ini tidak nyaman untuk mereka, apapun yang kamu katakan akan digunakan untuk melawanmu.

Qoutes

  1. MEREKA AKAN MEMBUAT SEGALANYA MENJADI KOMPETISI

Ada hal-hal aneh di dalam pertemanan dengan seseorang yang secara diam-diam berencana untuk melawanmu. Singkatnya, mereka mungkin berperilaku seperti apa yang mereka coba untuk hentikan apapun yang kamu sedang selesaikan dan membuat semuanya menjadi kompetisi diantara kalian berdua.

Jika kamu siap untuk hal yang sama dan kamu akhirnya melakukan yang lebih baik, temanmu mungkin merasa sulit untuk menerimanya karena mereka membenci kesuksesanmu . Seorang teman sejati akan benar-benar bahagia untukmu bahkan jika kesuksesanmu menyoroti kegagalan mereka.

Selain itu, pada titik tertentu kamu akan menyadari bahwa kamu tidak tahu apa pun tentang rahasia, impian, atau tujuan temanmu  ini. Kamu harus bertanya-tanya persahabatan seperti apa yang kamu miliki jika mereka mengatakan mereka adalah sahabatmu, tetapi kamu tidak tahu tentang kehidupan pribadi mereka.

Karena mereka kompetitif, mereka akan tahu rahasia dan titik lemah kamu tetapi mereka tidak akan pernah membagikan rahasia mereka. Ini pertanda bahwa mereka belum benar-benar tertarik untuk menjadi temanmu. Mereka hanya ingin apa yang bisa mereka dapatkan darimu untuk digunakan untuk merencanakan melawan kamu.

  1. MEREKA TIDAK BISA BERKERJA SAMA DENGANMU DAN BERUSAHA MENJATUHKANMU

Orang yang bersekongkol melawan orang lain memiliki sifat egois. Mereka tidak memikirkan siapa pun selain diri mereka sendiri dan akan sulit untuk berkolaborasi. Ini adalah orang yang suka mengatakan “itu bukan pekerjaan saya” jika ada tugas yang menurut mereka di bawah nilai gaji dan fungsi pekerjaan. Ini juga rekan kerja yang tidak akan dapat beradaptasi dengan perubahan tugas atau prioritas karena, sekali lagi, “itu bukan pekerjaan mereka.”

Cukuplah untuk mengatakan, plotter hanya akan peduli pada sesuatu jika itu menguntungkan mereka atau akan menempatkan mereka dalam cahaya positif. Dan mereka juga akan cepat mendapatkan kredit, bahkan jika Kamu telah melakukan sebagian besar pekerjaan.

Jika ini terdengar asing bagi Kamu, biasakan untuk mendokumentasikan hal-hal yang Kamu lakukan di tempat kerja mulai sekarang.

Dengan cara ini, jika muncul masalah atau tuduhan, Kamu memiliki jejak kertas dan buktinya.

Jika ada dokumen atau file yang akan disampaikan kepada rekan kerja, pastikan untuk memiliki nota tkamu terima, saksi, dan cc di email.

Sedapat mungkin, diskusikan dan ungkapkan ide, rencana, dan masalah Kamu hanya kepada atasan tepercaya sehingga orang lain tidak dapat mengambil kredit untuk itu.

 

  1. MEREKA SUKA MENJATUHKAN KAMU

Apa pun yang keluar dari mulut orang ini adalah kekecewaan.

  • Mereka akan selalu memiliki sesuatu yang buruk untuk dikatakan. Mereka akan mengkritik Kamu, lebih dari memuji Kamu, untuk apa pun yang telah Kamu capai atau capai.
  • Jika mereka memberikan pujian, itu biasanya dilakukan dengan tangan kosong atau sarkasme.
  • Ketika Kamu tidak ada, mereka berbicara tentangmu dengan cara yang kritis. Mereka kemungkinan melakukan ini untuk mendapatkan simpati dari kelompok atau membuat satu atau dua orang berbalik melawan kamu juga.

Orang yang merencanakan melawanmu mempunyai agendamu, mereka mau menjatuhkan kepercayaan dirimu, kebahagiaanmu, atau semangat positifmu. Lalu mereka akan menyapumu ketika kamu jatuh atau gagal untuk mendorong dirimu sendiri.

Sekarang, kamu berdiri sendiri setelah mereka menjatuhkanmu, kamu akan terlihat sebagai ancaman, orang yang positif, atau bahkan orang yang kasar. Mereka memiliki alasan lebih untuk membenarkan telah melawanmu hanya karena perspektif mereka, mereka adalah korban.

 

  1. MEREKA TERLIHAT TIDAK DAPAT MENJAGA PERSAHABATAN

Jika mereka tipe orang yang mempunyai beberapa teman tapi tidak dekat secara personal dengan siapapun, itu adalah tanda dari kelakuan mereka. Itu berarti orang lain yang suka bersamanya mungkin pernah mengalami pengkhianatan.

Jika kamu menyadari mereka tidak mempunyai teman sejati, maka kamu harus bertanya mengapa tidak ada seorangpun yang ingin dekat dengannya? Jika orang menjauhi dia, itu adalah bendera merah bahwa mereka bermasalah.

  1. MEREKA BERUSAHA MENYABOTASE KAMU

Apakah ada tanggung jawab di pekerjaan yang kamu harapkan untuk dapati tapi kamu tidak dapati? Apakah ada orang yang tadinya bersikap baik tapi sekarang mulai berubah mendingin? Apakah ada perubahan tiba-tiba secara dinamis di dalam grup atau organisasi yang membuatmu tiba-tiba merasa sekelompok?

Seseorang bisa secara diam-diam berencana untuk melawanmu dari belakang jika ada hal yang tidak dapat dijelaskan terjadi di sekitarmu. Mereka tidak akan menunjukkan bahwa mereka secara aktif menyabotase kamu, tentunya. Tapi jika seseorang tidak merasa benar dan kamu merasa lebih dan lebih frustasi dan tidak bahagia di dalam grup atau kelompok, maka kamu mendapatkan pelaku berada di sana.

  1. MEREKA BERBOHONG KEPADAMU

Seseorang yang berencana melawan kamu akan membuat cerita atau memberi detail yang tidak konsisten. Disamping dari mengecilkan usahamu dan meminjam uang, mereka akan coba untuk menutupi kesalahan mereka dan mempertahankan diri mereka ketika mereka pikir terjepit.

KAMU AKAN MENGETAHUI ORANG YANG BERBOHONG UNTUK MENUTUPI RENCANA MEREKA KETIKA MEREKA:

  • Tidak dapar melihat matamu secara langsung. Mereka akan melirik ke atas dan kanan karena mereka sedang mencoba mengarang detail.
  • Menggaruk hidung, menyentuh muka atau menggerakkan jari-jarinya ketika mereka berbicara dengamu.
  • Butuh waktu untuk menjawab pertanayaan ketika ditekankan tentang detail.
  • Suka menggunakan kata “sejujurnya” atau “percayalah”.
  • Bernafas lebih kencang, mengeluh lebih kencang, atau membersihkan tenggorokan ketika sedang coba menjelaskan sesuatu.
  • Posisi tangan di belakang mereka atau di dada.
  • Membagikan detail yang samar ketika kamu bertanya.

How To Overcome Self-Sabotage

  1. MEREKA MULAI MENYEBARKAN RUMOR TENTANG KAMU

Jika kamu memberi tahu bahwa mereka berbohong kepadamu, itu adalah awal yang baik untuk mereka mulai bergosip tentangmu. Jika kamu mencium seseorang memperlakukanmu dengan berbeda, atau keanehan teman kerjamu yang lain berurusan denganmu, maka kamu dapat berasumsi bahwa orang yang merencanakan untuk melawanmu telah mulai membanting stir untuk mengacaukanmu.

  • Menggoda untuk beraksi atau mempertahankan diri sendiri, tapi redakan emosi negatifmu dan beri waktu untuk mendinginkannya.
  • Daripada berekasi tiba-tiba, muncullah dengan konstruksi dan solusi positif untuk issue ini.
  • Mengerti bahwa ini bukanlah pantulanmu, ini sebuah hasil dari masalah kelakuan orang lain
  • Ketika kamu siap, bicaralah dengan orang ini ketika kamu telah mengumpulkan dirimu cukup banyak untuk mendekati mereka dengan cara yang tidak konfrontatif.

Pada titik ini, inilah mengapa penting bagimu untuk percaya pada seseorang yang bisa dipercaya tentang masalah kamu dengan orang ini. Inilah mengapa berguna juga memiliki jejak kertas atau dokumentasi segala sesuatu. Ketika situasi seperti ini muncul, kamu dapat meminta orang kepercayaan kamu dan kamu memiliki bukti untuk menangkal rumor.

KESIMPULAN

Untungnya, tidak setiap contoh perilaku yang mengganggu atau tidak pengertian berarti seseorang merencanakan untuk melawan kamu. Jadi, ada baiknya juga untuk tidak menjadi paranoid tentang masalah ini. Terkadang perilaku buruk seseorang mungkin saja seperti itu.

Meskipun penting untuk berpengetahuan luas, cobalah berfokus pada hal-hal baik dan pikiran positif dalam hidupmu. Penelitian dari American Psychological Association mengatakan bahwa jika kamu berpegang teguh pada hal-hal besar yang terjadi di sekitarmu, maka kamu pasti akan mengalami hal-hal positif tiga kali lebih banyak setiap hari.

Yane Pranata

Add comment

window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({flush: true});