10 Rahasia Pramugari Yang Mengejutkan

Heather Poole telah bekerja dan berkarir selama 15 tahun lebih dan dia juga penulis dari buku cerita yang berjudul Tales of Crash Pads, Crew Drama, dan Crazy Passengers At 35000ft. Kita memohon kepada Poole untuk mencari tahu tentang 10 rahasia dari suatu perusahaan. (Setelah usai, kita berjanji akan menghadiahkan sesuatu yang dibeli dari Skymall.) berikut 10 Rahasia pramugari yang menjauhkan

1. Kalau pintu pesawat tidak terkunci, kita tidak mendapatkan bayaran.

Apakah anda mengetahui tentang latihan penerbangan yang di lakukan? Tidak akan ada pembayaran dari sana. Awak kabin hanya dibayar diwaktu jam terbang mereka. Artinya waktu kerja tidak akan di mulai sebelum badan pesawat terdorong keluar dari pintu gerbang penumpang. Batal penerbangan, tertundanya penerbangan tidak membuat para awak kabin dan penumpangnya merasa senang. Maskapai penerbangan juga merasa kecewa. Dari waktu kita check in di loket bagasi sampai pesawat mendarat di tempat tujuan kita. Kita hanya mendapat bayaran sebesar $150 per jam, memang tidak banyak, tapi cukup untuk membantu bayar sewa kontrakan.

huffingtonpost

2. Mendapat pekerjaan ini tidaklah mudah.

Disaat maskapai Delta memberikan kabar adanya lowongan pekerjaan pada tahun 2010, banyaknya lebih dari 100rb lamaran yang diterima. Walaupun lulusan Harvard yang peringkatnya tidaklah rendah, tidaklah mudah untuk bisa dapat pekerjaan ini. Dalam kompetisi ini yang dinilai adalah berapa banyak prestasi yang di dapat dari para pelamar – Aku mengetahui banyaknya para dokter dan pengacara yang membantu menitih sebuah karir. Anda tidak harus mempunyai gelar master hukum untuk mendapatkan pekerjaan sebagai awak kabin. Apabila anda telah menguasai bahasa ke-2 yaitu bahasa Inggris, kesempatan semakin besar, mempunyai pengalaman bekerja sebagai petugas pelayanan nasabah, atau mungkin pernah bekerja sebagai pelayan di restoran elit, atau mungkin juga pernah bekerja di maskapai penerbangan lainya. 4% dari seluruh pelamar yang di panggil untuk interview, mereka harus siap di panggil kapan saja, dan mereka harus memotong pendek rambutnya agar bisa bekerja dam mereka harus siap pergi kemana saja. Apakah dengan gaji sebesar $18000USD cukup untuk membiayai kehidupan anda selama 1 tahun, akan tetapi mereka yang baru saja bekerja tidak ada niat sedikitpun untuk membahas masalah gaji yang mereka dapatkan.

foxnews

3. Kita bisa terlalu tinggi atau terlalu pendek untuk pekerjaan ini.

Dihari perayaan Pan_Am pada tahun 1960s, ada peraturan untuk postur tubuh. Mereka harus mempunyai tinggi badan yang ideal, minimal 165cm dan mempunyai berat badan tidak lebih dari 55kg, dan mereka tidak menikah, dan tidak mempunyai anak. Pada umumnya mereka bekerja paling lama 18bulan saja. Peraturan tersebut lebih mengarah keperempuan. Tetapi ada suatu perubahan dalam peraturan tersebut yaitu mengenai usia, para awak kabin yang harus pensiun pada usia tertentu. Pada masa kita saat ini kebanyakan para awak kabin bisa menjalani pekerjaan ini selagi mereka bisa mentaati peraturan yang ada, dan mereka mengetahui tentang keamanan dan kenyamanan dalam penerbangan, dan mereka dapat bekerja selagi mereka dapat lulus ujian penerbangan, dan mengenai peraturan berat badan, itu sudah tidak terlalu dipermasalahkan selagi masih sewajarnya, dan itu mulai terjadi pada tahun 1990s. Pada kini peraturan lebih fokus pada keamanan dalam penerbangan. Awak kabin sudah tidak di perbolehkan duduk di bangku pelepas tanpa mengenakan sabuk pengaman, dan tinggi badan setidaknya mereka mampu untuk mencapai ke bagasi yang terletak diatas kepala penumpang, tapi juga tidak terlalu tinggi agar kepala tidak terantuk bagasi. Itu berarti mereka diharuskan mempunyai tinggi badan minimal 165cm s/d 175cm, tergantung pada jenis pesawatnya.

foxnews

4. Kita bisa dipecat karena alasan tertentu.

Awak kabin yang baru saja bekerja akan ditaruh pada posisi percobaan selama 6 bulan. Saya mengetahui seseorang yang baru saja dipecat dan diapun baru saja mendapatkan pekerjaan itu karena memakai sweater yang diikatkan pada pinggangnya. Ada juga yang dipecat karena berpura-pura menjadi kepala awak kabin agar dapat terbang pulang secara gratis. (Bonus dapat diberikan kepada pekerja yang sudah lepas dari masa percobaanya.) Tapi yg paling dilarang adalah ketika sedang sakit, mereka tidak boleh dipekerjakan walaupun hanya duduk di bangku penumpang, dan mereka juga tidak dapat menumpang dimaskapai yang lain, dan mereka dapat dipecat dengan seketika.

dailymail

5. Diet Coke adalah minuman terfavorit bagi para awak kabin.

Semua minuman yang kita sajikan, diet coke adalah minuman yang paling tidak digemari penumpang. Untuk menuangnya saja mungkin tidak ada waktu dan sulit pada ketinggian 35rb kaki. Saya bisa melayani 3 orang dengan minuman yang berbeda, tapi tidak ada seorangpun yang memilih diet coke. Dan sangatlah tidak mungkin memberikan minuman kaleng pada penumpang kelas 1.

6. Apabila anda berusaha memasukan jasad manusia kedalam pesawat, kami akan mengetahuinya.

Mungkin anda pernah mendengar cerita tentang penumpang yang berasal dari Miami Florida yang berusaha untuk menerbangkan pesawat dengan jasad ibunya yang di bungkus dengan plastik garmen. Kenapa ada orang yang tega melakukan hal semacam itu, karna sangat lah mahal untuk mengirim jasad manusia melalui udara. Harga relatif berbeda karna tujuan yang berbeda. Harga untuk mengirim jasad manusia sekitar $5000USD atau lebih. Setiap harinya banyak yg melakukan pengiriman dari seluruh dunia. Orang-orang yang hendak mengirim jasad manusia berani mengocek kantong dalam-dalam karena loyalitas mereka, mereka tidak akan mau sibuk mencari tarif yg paling murah untuk itu.
Untungnya tidak ada seorangpun yang mau menyelundupkan orang yg terjangkit virus atau berpenyakit, tapi teman sekamarku ada. Dia mengetahui kalau beberapa lama lagi temannya yg berada di kursi roda akan meninggal karena mukanya yang pucat dan sudah tidak berdaya lagi, tapi sang istri dan anak perempuanya berfikiran kalau ayahnya hanya terkena flu biasa. Sepanjang perjalanan pesawat tersebut tidak dapat mendarat tepat waktu karena padatnya maskapai lain yang hendak mendarat, dan disaat pesawat telah mendarat sang ayah sudah pergi meninggalkan dunia, dan tidak ada yang bisa menghidupkanya kembali. Tidak ada manusia yang meninggal karena menggunakan pesawat terbang, kecuali seorang penumpang memang mempunyai penyakit dan ada dokter ahli yang mendampinginya. Kejadian seperti ini jarang terjadi. Seluruh orang yg berada dalam pesawat akan sangat menghormati dan berprihatin apabila hal seperti ini terjadi. Banyaknya maskapai penerbangan yang selalu penuh dan jarang sekali bisa melakukan pengosongan bangku dalam barisan. Maskapai Singapore Airlines adalah maskapai yang selalu siap untuk mengantar jasad manusia dalam situasi apapun.

7. Kita akan diberikan informasi apabila anda mencoba melakukan perbuatan mesum di dalam pesawat.

Biasanya orang yang ingin menggunakan toilet dalam pesawat mereka harus antri untuk menggunakanya, banyak juga penumpang yang marah ke awak kabin karena penumpang yang lain menggunakan kamar mandi terlalu lama. Memang tidak melanggar hukum untuk bermesuman di kamar mandi. Tapi melanggar hukum jika anda tidak mentaati peraturan yang ada dan pesan yang disampaikan oleh awak kabin. Kalau seorang pramugari menyuruh anda berhenti dengan kegiatan apapun yang anda lakukan saat itu berarti anda harus BERHENTI, kalau tidak, anda akan dimintai keterangan dan anda akan bertemu seorang teman diruang tahanan.

8. Kita sangat mengantisipasi tentang adanya perdagangan manusia.

Pertama kalinya terbang menggunakan pesawat terbang aku tidak pernah terfikirkan untuk bisa bekerja sama dengan polisi, tapi ini adalah bagian terpenting dalam pekerjaan. Dimulai dari Sandra Florini, dia adalah pramugari yang bekerja di maskapai penerbangan American Airlines dan dia memberikan suatu kesaksian tentang seorang pemuda laki-laki yang membawa bayi yang baru saja lahir dengan ari-ari yang masih menempel, ibunya tidak disana, hanya ada 1 botol susu dan 2 buah pampers yang ada di kantong sakunya dalam 6 jam penerbangan. Disaat Florini memberi laporan kepada yang berwajib, Florini tidak ditanggapi sama sekali. Pada tahun 2007 Florini bertemu dengan Deborah Sigmund, dia adalah pendiri organisasi pelayanan darurat, dan mereka memulai suatu oekerjaan dengan melatih para pekerja maskapai penerbangan untuk bisa berbuat sesuatu atau menghubungi orang-orang yang dibutuhkan disaat ada masalah terjadi pada saat itu. Pada tahun 2011, program ini diadakan untuk seluruh maskapai penerbangan dari seluruh dunia dan akan dilatih ke awak kabin yang mau dengan sukarela.

9. Senioritas dilihat dari pendeknya rok yang digunakan.

Misi dan pekerjaan ini bukan hanya tentang rute atau tujuan dari penerbangan, dan bukan masalah hari penerbangan atau jam penerbangan. Sebuah mess yang terisi kurang lebih sebanyak 20 pramugari. Mengetahui senioritas dari seorang pramugari adalah dimana mempunyai letak tidurnya lebih tinggi daripada yang lain, dan seberapa jauh kamarnya dari tempat yang bising, seperti pintu kluar masuk dan tangga. Senioritas juga bisa kita lihat dari pendeknya rok yang digunakan. Kita tidak bisa memendekan rok sebelum masa training kita selesai, tapi setelah kita lulus, kita dapat memendekanya untuk memamerkan sedikit paha. Banyak para pilot mengambil kesempatan dari awak kabin yang baru saja bekerja karna yang baru masih belum terlalu mengerti dengan keadaan yang berada dalam pesawat dibandingkan para senior. Mungkin ada 1 pramugari senior yang tidak memendekan roknya, karena ingin mendapatkan perhatian dari para pilot.

10. Anda tidak pernah mengalami terbulensi yang dahsyat dalam suatu penerbangan.

Lebih dari 2 juta orang di Amerika Serikat setiap harinya dari tahun 1980s, hanya 3 orang telah meninggal dalam sebuah terbulensi. Hal yang fatal terjadi karena adanya 2 orang penumpang yang tidak mengenakan sabuk pengaman di saat terbulensi terjadi. Badan pengawas penerbangan telah mencatat sekitar 300 orang yang mengalami cidera serius akibat terbulensi, lebih dari 2/3 korbanya adalah awak kabin maskapai. Apa maksud dari jumlah angka tersebut? Selagi anda menggunakan sabuk pengaman, mungkin anda hanya terluka karna barang bawaan yang terjatuh dari bagasi. Menariknya lagi, para awak kabin yang terluka akan dirawat dan mendapatkan perhatian khusus karna sedang bertugas. Terbulensi sangatlah berbahaya karena kapten kehilangan kendali atas pesawat yang diterbanginya. Akibat terbulensi badan pesawat mengalami kerusakan dan pesawat akan di karantina untuk perbaikan. Tidak ada yang mau pesawatnya dikarantina karna akan menyebabkan tercemarnya nama baik sang kapten. Salah satu temanku yang bekerja sebagai pengurus maskapai penerbangan mengatakan jarang sekali terjadi seorang kapten gagal dalam menerbangkan sebuah pesawat, seandainya seorang kapten mendapatkan rasa keraguan untuk menerbangkan sebuah pesawat, tariklah nafas dalam-dalam dan ingatkan diri sendiri dengan mengucap “ini adalah hal yang mudah dan tidak berbahaya.”

Original: Heather apoole Magz

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *