10 Trik untuk Meningkatkan Memori Kamu dan Mengingat Apa Saja

Mengingat segala sesuatu, seperti nama, tanggal, dan rincian lainnya adalah suatu keterampilan—yang dapat kamu pertajam dan asah. Berikut ini adalah sepuluh teknik meningkatkan memori yang bisa dipelajari semua orang.

10. Visualisasikan apa yang ingin kamu ambil dari kamar sebelum kamu pergi untuk mengambilnya

Ada sesuatu tentang berjalan ke kamar lain atau melewati sebuah pintu sehingga mereset memori jangka pendek kita dan membuat kita lupa untuk apa kita masuk ke sana. Jika kamu memvisualisasikan tujuan kamu sebelum kamu meninggalkan kamar saat ini, kamu akan meningkatkan kesempatan kamu mengingat apa yang kamu inginkan. Ini juga berlaku untuk dunia digital: Sebelum kamu membuka tab browser baru dan lupa kenapa kamu membukanya, bayangkan tujuan kamu. Sebagai mantan orang yang tidak-bisa-menemukan-kacamata-saya, saya telah berhasil menggunakan teknik yang sama: Ketika menaruh kacamata saya, saya sekarang fokus pada seperti apa meja itu dan hal-hal di atasnya jadi saya akan ingat di mana saya menaruhnya. Sering kali kita harus proaktif bila menyangkut mengingat segala sesuatu.

9. Bermain permainan video

Tambahkan banyak manfaat video game: membantu membentuk ingatan yang lebih baik saat kamu menua. Hal ini tampaknya berlaku untuk permainan video 3D daripada  2D. Memainkan permainan video seperti Super Mario 64 selama 30 menit sehari telah terbukti secara signifikan meningkatkan substansi abu-abu dalam otak. Jadi bersenang-senang sambil membangun otak yang lebih besar.

8. Pelajari Teknik Chunking


Kita hanya bisa menyimpan sejumlah hal terbatas dalam memori jangka pendek kita—sekitar empat sampai tujuh item berbeda, menurut sebagian besar perkiraan. Teknik chunking dapat membantu kita mengatasi keterbatasan ini: Kelompokkan beberapa item menjadi keseluruhan yang lebih besar. Inilah salah satu teknik yang saya pelajari ketika berlatih untuk Kejuaraan Memori AS untuk mencoba mengingat urutan angka dan halaman puisi yang sangat panjang angka dalam beberapa menit.

[AdSense-A]

7. Manfaatkan kekuatan musik

Kita mudah lupa nama dan nomor, tapi bagaimana dengan lirik lagu favorit kita atau sajak masa kanak-kanak? Mereka cenderung melekat. Musik membantu kita mengingat hal-hal melalui aliterasi dan irama. Jika kamu ingin belajar bahasa asing, cobalah berlatih dengan video musik dengan teks atau bahkan karaoke. LyricsTraining menawarkan sumber daya video tetapi tentu saja ada juga YouTube. Bernyanyi secara umum dapat membantu meningkatkan otak kamu.

6. Buat “mnemonic peg” untuk mengingat daftar panjang

Bahkan tanpa latar belakang musik, kamu bisa menggunakan sajak dan irama untuk mengingat hal-hal seperti daftar belanja atau daftar-daftar lain atau semua ibukota AS. Kamu buat “mnemonic peg” untuk hal-hal yang berirama.

5. Gunakan Teknik “Istana Memori”

Inilah teknik lain yang digunakan oleh para juara memori: membangun sebuah istana memori di mana kamu memvisualisasikan hal-hal yang ingin kamu ingat dan asosiasikan mereka dengan tempat yang kamu ingat dengan jelas. Jika rumah kamu adalah istana mental kamu, misalnya, kamu bisa mengingat urutan daftar belanjaan kamu dengan membayangkan kendi susu raksasa menyapamu di pintu depan, irisan roti berjajar di lorong rumah kamu, dan sebagainya saat kamu berjalan melaluinya.

4. Ingat nama orang dengan memaksa diri kamu berinteraksi dengan mereka secara berbeda

Dari semua waktu mengesalkan saat ingatan mengecewakan kita, lupa nama seseorang mungkin menjadi waktu terburuk. Memori kerja dasar kita tidak sebagus itu saja. Namun, jika kita mencoba membuat koneksi antara nama abstrak dan orang, kita akan lebih mungkin mengingat nama. Butuh sedikit usaha: Coba tanyakan kepada orang yang baru saja kamu temui pertanyaan yang memberi kamu waktu untuk mengulangi namanya di kepala kamu, memperkenalkan orang itu kepada orang lain (paksa kamu untuk mengulang nama mereka), melakukan kontak mata yang lebih baik, ulangi nama orang itu di akhir percakapan, dan ciptakan kaitan visual untuk nama mereka menggunakan wajah mereka.

[AdSense-B]

3. Buatlah apa yang ingin kamu ingat sevisual (dan seabsurd) mungkin

Kita memiliki memori verbal maupun visual. Kemungkinannya, memori visual kamu jauh lebih kuat, sebagaimana video di atas dari Menghafal Tabel Periodik mungkin menunjukkannya kepadamu. Gambar-gambar mental lebih berkesan—dan semakin menyolok, semakin tidak masuk akal, dan semakin hidup kamu membuat gambaran, semakin baik. Ini membantu membangun sebuah cerita dan mencoba memanfaatkan semua indera kamu juga.

2. Rawatlah kesehatan kamu dan pelajari keterampilan baru

Sayangnya, ingatan kita memburuk seiring bertambahnya usia. Tapi, merawat kesehatan dasar kita bisa bermanfaat untuk mengoptimalkan kesehatan kita. Itu berarti kurangi stres dalam hidup kamu, berolahraga dan tetap bugar, dan juga jaga otak kamu tetap sehat dengan belajar keterampilan baru.

1. Perhatikan dan Praktikkan

Memori yang lebih baik bermuara pada tiga hal: motivasi, observasi, dan mekanik. MOM. Sebagian besar dari kita lupa nama orang karena kita tidak benar-benar memperhatikan atau, mungkin, tidak peduli. Untuk sisi mekanik, temukan trik yang berguna untuk kamu (seperti di atas) dan terus gunakan. Adapun sisi praktik: Beberapa menit pada malam hari untuk meninjau rincian dan nama-nama dalam sehari itu dapat memperkuat memori kamu. Buat catatan saat kamu membaca. Mulai andalkan memori kamu sendiri daripada teknologi. (Melanie Pinola)

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *