Ceriwis

100 Juta Subscriber Membuat T-Series Jadi Akun YouTube Pertama di Dunia

Akun YouTube T-Series raih 100 juta subscriber.

Ceriwis – Akun YouTube hiburan asal India, T-Series, semakin bersinar. Setelah berhasil menggeser posisi PewDiePie sebagai akun dengan subscriber terbanyak, kini T-Series resmi menjadi akun YouTube pertama yang meraih 100 juta subscriber.

Hari bersejarah untuk akun T-Series ini terjadi pada Rabu (29/5). T-Series mencatat 100 juta subscriber dalam kurun waktu 13 tahun sejak pertama kali bergabung ke YouTube pada 13 Maret 2006. T-Series didirikan oleh Gulshan Kumar yang saat itu ingin mulai memproduksi musik. Kini, channel tersebut menampilkan video-video film Bollywood.

Jika dirata-rata, T-Series mampu mendapatkan 20.890 subscriber per hari selama 4.784 hari untuk mencapai 100 juta subscriber. Total T-Series kini memiliki 13.446 video yang di-upload dengan jumlah view melebihi 71 miliar.

Entah apa yang akan diberikan YouTube kepada T-Series atas keberhasilannya itu. Seperti yang diketahui, YouTube biasanya memberikan penghargaan berupa ‘Play Buttons’ kepada saluran yang mencapai angka 1 juta, 10 juta, dan 50 juta subscriber. Khusus di angka 50 juta subscriber, YouTube memberikan penghargaan berupa Custom Play Button, yang bisa dipesan sesuai dengan keinginan.

Situs Social Blade mencatat, channel YouTube T-Series mampu menghasilkan pundi-pundi uang mencapai 10,8 miliar dolar AS atau sekitar Rp 155 triliun per bulan.

T-Series yang kontroversial

Berbicara tentang T-Series tentu tidak hanya soal prestasinya yang menjadi sorotan, tapi juga kontroversi yang menyelimutinya. Misalnya saja perlombaan antara T-Series dan PewDiePie sebagai ‘raja YouTube’ yang membuat heboh dunia streaming video tersebut.

Persaingan antara PewDiePie dengan T-Series telah dimulai sejak 2017 silam. Saat itu, T-Series berhasil meraih 63 miliar view dari 100 ribu video yang mereka sajikan di YouTube. Seiring berjalannya waktu, akhirnya pada awal April lalu, T-Series berhasil memenangkan perlombaan dan melampaui raihan jumlah subscriber milik PewDiePie.

PewDiePie alias Felix Kjellberg, YouTuber populer dunia.

Atas kemenangan T-Series itu, PewDiePie memberikan video ucapan selamat kepada T-Series, yang tak hanya sekadar selamat tapi juga berisi sindiran.

Kini, selisih jumlah subscriber antara kedua akun ini telah terlampau jauh. Saat berita ini ditayangkan, jumlah subscriber T-Series telah mencapai angka 100.211.228, sementara PewDiePie masih berada di bawah angka 100 juta, yakni 66.253.427 subscriber.

Ucapan selamat pun datang dari YouTube. Melalui akun Twitter resminya, YouTube memposting video singkat tentang perjalanan panjang T-Series mulai dari video pertama yang di-upload hingga pencapaian saat ini sebagai channel YouTube dengan subscriber terbanyak di dunia.

Melanie Putri