Ceriwis

12 Tips Gaya Kencan Zaman Dulu Yang Masih Relevan Diterapkan Saat Ini

Pada jaman dahulu selalu ada aturan ketat untuk kencan yang semua orang harus patuhi.

Pria dan wanita paham apa yang diharapkan dari mereka

Orang-orang menganggap kencan adalah hal serius. Mengajak seseorang kencan bukan masalah remeh.

Dengan berkembangnya perjodohan online dan pemikiran yang lebih terbuka, rasanya apapun bisa terjadi saat ini. Gaya Berkencan dan hubungan telah sangat bergeser dari masa dulu.

Walaupun hal ini banyak manfaatnya, kelemahannya adalah banyak dari kita kebingungan dalam urusan hubungan percintaaan.

KEBIASAAN KENCAN ZAMAN DAHULU INI MUNGKIN TERLIHAT ANEH UNTUK ABAD 21,  TAPI JIKA KITA MENERAPKANNYA KEMBALI, SEMUA ORANG AKAN MERASA LEBIH SPESIAL DAN DIHARGAI DALAM HUBUNGANNYA:

AJAKLAH SESEORANG UNTUK KENCAN YANG LAYAK

Jika kita menyukai seseorang, hampiri dan ajak mereka untuk kencan. Aturlah tempat dan waktu dan biarkan dia menerima atau menolak ajakan kita.

Tanyakan melalui telpon jika kita tidak bisa melakukannya di hadapan mereka langsung.

Ya, hal ini memerlukan banyak keberanian, tapi dia akan merasa ini adalah perubahan dibandingkan dengan sekedar nongkrong tidak jelas dan hook-up.

SELALU TEPAT WAKTU

Datang terlambat menunjukkan bahwa kita tidak menghargai waktu dari teman kencan kita, dan ini bukanlah kesan pertama yang baik.

Jika kita secara tidak terduga terjebak di suatu tempat, hubungilah si dia dan beritahukan segera. Niatan baik amat sangat menentukan arah dan tujuan kamu ke depannya.

PASTIKAN NIAT KITA JELAS

Jika kita tidak menginginkan hubungan yang serius, buat hal itu jelas dalam beberapa kencan awal.

Jangan kamu buat si dia salah sangka. Sebuah komitmen dalam sebuah hubungan amatlah penting. Jika kamu merasa tidak bisa menjalin hubungan yang lebih serius daripada saat ini,kamu harus meluruskannya dengan segera, sehingga waktu yang kamu dan dia keluarkan untuk berkencan tidak menjadi sia-sia.

SIMPANLAH PONSEL DALAM KANTONG

Berusaha membuat percakapan dengan orang yang terus melihat layar ponselnya, adalah hal yang sangat mengecilkan hati teman kencan kamu.

Teman kencan kita tidak akan terkesan jika kita tidak bisa menahan diri untuk mengecek ponsel selama beberapa jam. Waktu yang berkualitas perlu kamu habiskan bersama dengan teman kencanmu untuk saling mengenal dan menjajaki satu sama lain.

TAMPILKAN DIRIMU YANG TERBAIK

Tidak perlu berpakaian sampai seperti mau wawancara kerja, tapi berusahalah tampil enak dilihat. Tidak ada salahnya bila kamu mengenakan pakaian yang nyaman dan bergaya, rapikan rambutmu dan semprotlah sedikit Eau De Cologne dengan wangi mint atau musk untuk memberi kesan terbaik atas penampilanmu

Kita menginginkan teman kencan kita mengenakan baju yang bagus dan menata rambutnya, jadi pastikan kita berbuat yang sama

LATIHLAH KEMAMPUAN PERCAKAPAN

Beberapa orang memiliki bakat alami untuk obrolan ringan, yang memberikan mereka keunggulan dalam berkencan.

Namun jangan berputus asa jika kita kesulitan memikirkan hal-hal untuk dibicarakan.

Triknya adalah dengan fokus pada teman kencan kita. Tanyakan mengenai kehidupannya; di mana dia tinggal, apa yang mereka lakukan di waktu luang, dan seterusnya. Ketika dia bertanya balik, jawablah dengan jujur. Jadilah diri kita sendiri.

BUKAKAN PINTU UNTUK KENCAN KITA

Tidak peduli apakah kita ini pria atau wanita, sikap ini akan selalu meninggalkan kesan yang mendalam.

Aturan Utama: Tunjukkan perhatian pada setiap waktu.

ATUR KENCAN SIANG HARI MAUPUN MALAM HARI

Kalau kita hanya berkencan di malam hari, ini akan menimbulkan kesan yang keliru, yaitu bahwa kita hanya ingin tidur dengannya.

Usulkan makan siang bersama, atau kencan di siang hari pada akhir pekan.

TELPON SESUDAHNYA DAN UCAPKAN TERIMA KASIH PADA KENCAN

Walaupun kita tidak ingin bertemu lagi dengannya, esok harinya telponlah dia. Setidaknya kita masih mempunyai etika atas kebaikan orang lain dan niat baik untuk mengutarakan rasa terima kasih kita.

Ucapkan terima kasih atas kencannya. Jika kita ingin menghabiskan lebih banyak waktu dengannya, katakanlah.

Dengan demikian kalau kita yang mengajak duluan untuk kencan pertama, dia memiliki pilihan untuk mengajak kita kencan sebagai gantinya.

JIKA KITA YANG MENGAJAK PERGI, TAWARKAN UNTUK MENTRAKTIR

Apapun jenis kelamin kita, selalu tawarkan untuk mentraktir jika kita yang mengajak kencan.

Kalau teman kencan kita inginnya bayar sendiri-sendiri, tidak apa-apa. Buatlah jelas bahwa kita senang untuk menanggung biayanya.  Walaupun pada akhirnya teman kencan kita yang membayar tentu ini bisa meninggalkan kesan yang baik akan diri kamu.

JANGAN MEMPERMAINKAN

Jika kita berjanji untuk menelpon, mengirim pesan, atau bertemu dengan seseorang, lakukanlah.

Jangan sok jual mahal, jangan memberi harapan palsu, jangan pernah berkencan dengan beberapa orang sekaligus kecuali semua yang terlibat memahami bahwa kita tidak ingin hubungan serius.

BERIKAN HADIAH KECIL YANG BERARTI

Memberikan karangan bunga tidak apa-apa, tapi hadiah kecil yang menunjukkan kita orang seperti apa akan selalu dihargai.

Contoh, jika dia menyebutkan bahwa dia menyukai jenis coklat tertentu tapi tidak pernah memakannya lagi sejak kecil, kita bisa secara khusus pergi ke toko tersebut dan membelikannya.

Aturan-aturan ini tidak akan menjamin kencan yang sempurna, tapi akan memastikan kita meninggalkan kesan yang baik. Tidak ada jaminan tentu kencan yang baik akan mengarah ke hubungan yang baik pula, namun tidak ada salhnya bila kamu menerapkan hal ini sebagaiprinsip dasar kamu dalam menjalin sebuah hubungan.

Walaupun kita tidak akan pernah bertemu dengannya lagi, dia akan mengingat kita sebagai teman kencan yang baik, perhatian dan memperlakukan dia dengan hormat.

Yane Pranata