Ceriwis
dating tips for introverts
Home » Inspirasi » 12 Tips Ngedate Untuk Orang Introvert

12 Tips Ngedate Untuk Orang Introvert

dating tips for introverts

Bila kamu orang yang pemalu atau memiliki kepribadian INFJ, Kamu tahu betul semua kesulitan yang dimiliki orang dengan kepribadian INFJ, khususnya dalam dunia percintaan. Bagaimanapun, ini bukan berarti kamu ditakdirkan untuk menghabiskan hidupmu menjadi jomblo selamanya, tapi berarti kamu harus mencari mekanisme mencontoh supaya kamu dapat melewati “point yang itu-itu saja.” Dan ternyata, banyak strategi dalam percintaan yang biasanya digunakan kaum ekstrovert yang dapat membantu kamu si pemalu atau orang dengan kepribadian INFJ. Dalam artikel ini, kita akan memberi beberapa detail menarik tentang ide kencan pertama yang dapat meredakan kecemasanmu dan membuatmu menikmati waktu yang akan kamu habiskan dengan si calon pacar.

MENJADI NYAMAN SEBAGAI INTROVERT

Banyak hari-hari dan momen-momen yang berakhir dengan rasa panik, tapi cara terbaik untuk mengalahkan perasaan panik tersebut adalah dengan melakukan sesuatu yang membuatmu merasa lebih percaya diri dan, lebih pentingnya, nyaman dengan dirimu sendiri. Lalu artinya bagaimana? ya, jadi bisa jadi seperti contoh kecil: membeli sepasang sepatu atau seperti memotong rambut. Walaupun hal-hal tersebut nampaknya sepele,, namun bisa membantu meredakan kecemasanmu selama kencan atau pdkt dan membuatmu menjadi percaya diri ketika kamu lagi jalan dengan si dia

KENCAN YANG SINGKAT MEMBAWA KEUNTUNGAN UNTUK INTROVERT

Kencan yang singkat dapat membantu mengurangi stress pada saat kencan pertama; dapat membantu mencegah momen yang awkward dan canggung ketika ngobrol, dan akan menghilangkan harapan yang berlebihan. Dan bila kencanmu berjalan dengan mulus, selalu ada pilihan untuk memperlama dan menambah waktu kencanmu. Jadi intinya, jauh lebih mudah untuk merencanakan kencan singkat daripada kencan lama tapi jadinya sebentar. Ini strategi kencan umum yang sering digunakan para ekstrovert yang sudah biasa ngedate, yang tentunya akan membawa manfaat buatmu

PILIH LOKASI NGEDATE YANG TEPAT

Seperti di dunia real estate, lokasi sangat berpengaruh ketika bicara soal kenyamanan ngedate, khususnya pada kencan pertama. Kencan pertama di resto atau bar yang sudah biasa kamu datangi akan menghapus kesulitan untuk mengenal satu sama lain dibandingkan kencan di tempat yang belum pernah kamu datangi dan punya atmosfer baru, bukan karena menu makan ataupun minumannya. Tapi ibarat seperti kamu sudah familiar dengan para staf dan pelayan, kondisi meja, tempat parkir, yang akan membuat kamu lebih konsentrasi untuk pdkt dengan si dia dan ngedatemu akan lancar.

Bila kamu sudah membaca artikel sejauh ini, ada kemungkinan kamu akan terinspirasi dan berpikir untuk mepraktekan langsung. Bila iya, lanjutkan membacanya karena dibawah aka lebih banyak hal menarik yang bisa kamu contoh

 PRACTICE MAKES PERFECT

Sebagai bagian dari persiapan untuk kencan berikutnya, Kamu harus berlatih Kepekaan sosial, yang bisa dilatih bersama temanmu. Kedengarannya memang aneh, tapi ini bisa menjadi strategi yang sangat efektif untuk kencanmu di kemudian hari. Tapi apakah ini benar-benar diperlukan? Ya, ini termasuk berlatih interaksi verbal dan nonverbal sampai kelihatannya benar-benar mudah. Ini termasuk memiliki persiapan yang cerdas dan juga berlatih gestur dan ekspresi wajah. Anggap saja, ini seperti ketika kamu sedang di interview pada saat melamar kerja, tapi bisa juga lho diaplikasikan untuk ngedate. Setelah dipikir-pikir, ngedate itu sebenarnya seperti sosial interview untuk mencari pasangan yang ideal.

TANYA BERBAGAI HAL YANG MENURUTMU MENARIK

Keuntungan untuk menanyakan hal-hal yang menarik adalah, ini akan terfokus tidak ke diri kamu sendiri tapi kepada orang yang kamu kencani, yang berarti akan sementara meringankan rasa canggung yang mungkin kamu alami pada saat itu. Untuk membuat lebih mudah, coba untuk untuk menanyakan hal-hal seperti “kamu kerja dimana?” contohnya, atau mungkin pertanyaan-pertanyaan seperti berikut:

  • Kamu hobinya apa?
  • Olahraga apa yang kamu suka?
  • Eh, ada film bagus apa ya di bioskop?
  • Apa makanan kesukaanmu?

 

Pada dasarnya, itu adalah pertanyaan-ptertanyaan level dasar yang tidak terlalu serius tapi bikin kamu lebih kenal satu sama lain. Dan juga, akan membantu menenangkan kecangguan pada kencan pertama, Bila kamu yang ditanya oleh si dia, lebih baik kamu hindari terlalu banyak bicara ke level yang lebih dalam karena bisa membuat canggung kalian berdua. Sebaliknya, cari bahan omongan yang tepat dan coba untuk ngobrol senyaman mungkin. Dan yang terakhir, coba jauhi topik-topik seperti politik dan agama.

AJAK BERAKTIFITAS

Bagi kebanyakan introvert, yang kalau dinner saat ngedate rasanya kurang nyaman. Mungkin bisa mencoba activity date. Sebenernya apa sih activity date itu? Ya, dari namanya sudah bisa ditebak, artinya adalah ngedate sambil beraktifitas seperti main bowling, billiard, pergi ke taman, main gocart. Dijamin rasa malu dan canggung kamu akan hilang ketika melakukan sesuatu yang kamu sendiri menikmatinya.

SIAPKAN RENCANA CADANGAN

Punya rencana cadangan untuk kemungkinan terburuk adalah ide yang bagus, apalagi jika kamu seorang introvert, sangat wajib. Bila kencanmu kelihatannya tidak berjalan mulus, kamu perlu strategi cadangan, seperti seolah-olah teman atau saudara menghubungi ketika sedang ngedate. Ini membuat kamu punya alasan untuk menyudahi kencanmu yang kelihatannya tidak akan berjalan mulus. Sebagai seorang introvert, Wajar saja bagi kita untuk “go with the flow” dalam situasi seperti itu. Ketika soal ngedate, bagaimanapun kamu harus siapkan yang terburuk dari terburuk. Tanda-tanda kencan tidak mulus seperti:

  • Komentar yang meremehkan tentang masa lalu
  • Terlalu narsis dan memuji diri sendiri
  • Tidak sopan kepada karyawan restoran

Menjadi introvert seperti dua sisi pedang; di satu sisi, sifat introvert cenderung perseptif, introspektif, dan peka/jeli yang membuat dengan mudah membaca sikon yang tidak enak. Tapi introvert juga cenderung menekan perasaan sendiri untuk menghindari masalah atau supaya tidak dilihat negatif dimata orang lain. Oleh sebab itu jarang sekali orang introvert mengalami masalah buruk ketika sedang ngedate

 JANGAN HILANGKAN FAKTA BAHWA KAMU INTROVERT

Satu hal yang menonjol dari introvert adalah keinginan untuk menyembunyikan fakta bahwa mereka introvert. Ini sama saja dengan “pura-pura terus sampai terbiasa” taktik yang digunakan banyak orang untuk melewati situasi yang menantang. Dalam ngedate, ini bisa menjadi boomerang, biasanya berujung pasangan kamu akhirnya tidak benar-benar mengenal kamu.

KENAPA KAMU HARUS MENGHINDARI PERUBAHAN DRASTIS SEBAGAI INTROVERT

Seringkali dalam upaya kita untuk membuat orang lain tertarik, kita mencoba merubah diri kita sendiri. Bila kamu melakukan ini, kamu berarti menambah kekhawatiranmu dan bukan menghilangkannya. Bagaimana mungkin? Ya, perubahan dramatis seperti menjadi merawat diri, contohnya, bisa membuatmu merasa terlalu perhatian pada dirimu sendiri selama ngedate. Bukannya fokus saat ngedate, kamu malah akan lebih memikirkan penampilanmu di mata orang lain. Situasi ini tidak kondusif untuk kencan pertama yang bisa membuatmu resah dan tidak tenang. Walaupun tidak percaya diri menjadi masalah oleh banyak introvert, menghindari perubahan drastis dapat membantumu untuk mengatasi rasa tidak percaya diri.

HINDARI PIKIRAN BERLEBIHAN

Sebagai seorang introvert, kita punya kecenderungan untuk mengingat-ingat yang sudah terjadi di kepala kita, menyesali dengan apa yang pernah kita lakukan dan berpikir bahwa seharusnya yang terjadi lebih baik dari pada saat itu. Ini sebenarnya seperti bakat dan juga kutukan, tergantung konteksnya; bagaimanapun, ketika bicara tentang ngedate, lebih baik menghindari pikiran berlebihan karena malah akan menambah kecemasan yang akan berpengaruh pada kencan berikutnya. Ingat, Apa yang sudah terjadi ya terjadilah. Bila kamu membuat kesalahan, belajar dari kesalahan tersebut dan terus maju melangkah. Dengan kata lain, ini bukan berarti meledek bahwa semua introvert itu orang yang ribet dan selalu overthinking. Bagaimanapun intinya, pikiran-pikiran yang berlebihan tidak membantumu sama sekali, apalagi yang sudah terjadi.

JADI DIRI SENDIRI

Mengabaikan kecemasanmu dan tetap menjadi diri sendiri adalah salah satu cara terbaik untuk melewati kencan pertamamu bila kamu seorang introvert. Dengan bersikap palsu, sama saja kamu membiarkan orang lain jatuh cinta pada orang lain dan bukan dirimu yang sebenarnya ketika dalam kondisi normal dan tidak dalam situasi cemas

FOKUS DAN ATUR NAPAS

Ciri-ciri introvert ketika berada dalam situasi tidak nyaman adalah sulitnya mengatur napas, yang bisa membuat tambah cemas. Kalau kamu mengalami masalah ini ketika ngedate, cobalah untuk menarik napas panjang sebagai cara untuk menenangkan diri. Bernafas panjang dan terukur akan membawa banyak manfaat salahd atunya menurunkan detak jantung dan menghilangkan rasa cemas.

Intinya, jangan biarkan sifat-sifat dasar introvert malah mencegahmu mendapatkan orang yang kamu impikan. Sebagai introvert, memang kamu harus ada upaya lebih dibanding ekstrovert, tetapi tidak ada alasan untuk tidak sukses di dunia percintaan, terlepas dari sifat introvert-mu.

Add comment

window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({flush: true});