Segelas Kopi Mempengaruhi Tubuh Sejak Tegukan Pertama

Alamy

Orang Inggris menghabiskan 70 juta cangkir kopi setiap hari tapi sedikit dari kita menyadari sejauh mana minuman pagi kita memengaruhi tubuh kita sejak tegukan pertama. Penelitian terbaru telah mengungkapkan bahwa segelas kopi larut malam memperlambat jam biologis tubuh kita dan menghentikan kita tidur—tapi kopi melakukan jauh lebih banyak hal daripada membuat kita begadang menghitung kambing sampai dini hari.

Kopi adalah raksasa kimia, cepat diserap dan didistribusikan ke seluruh tubuh, memengaruhi segalanya dari kemampuan otak dan penglihatan sampai pencernaan dan fungsi usus. Bagaimanapun kamu meminumnya—minuman dingin, espresso, diseduh atau dituangkan—kopi memengaruhi seluruh sistem tubuh kamu.

“Secangkir kopi memiliki daya serap yang cepat dengan penyerapan kafein pada darah hanya dalam waktu 20 menit dan akan tetap dalam aliran darah selama lebih dari 12 jam,” kata Dr Owen Bain, pendiri konsultan Gourmet Focus.

Denyut dan tekanan darah

Tak lama setelah minum kopi, tekanan darah kamu sedikit meningkat—efeknya akan lebih besar jika kamu tidak minum kopi secara teratur. Jika kamu minum satu cangkir, detak jantung kamu benar-benar melambat karena peningkatan tekanan darah. “Namun, lebih dari beberapa cangkir kopi dapat menyebabkan percepatan denyut jantung,” kata Dr Bain. Bagi orang sehat ini bukan masalah, tapi mungkin jadi masalah bagi mereka yang punya masalah mendasar seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, atau denyut jantung yang abnormal, menurut beberapa ahli.

Kopi bisa meningkatkan tekanan darah, mungkin berisiko bagi mereka yang punya masalah jantung. Credit: ALAMY

Lambung

Memesan segelas espresso setelah makan menimbulkan rasa fisiologis tertentu—kafein meningkatkan kadar asam dalam lambung kamu, yang memperlancar pencernaan. Namun para ahli menyarankan agar menghindari kopi saat perut kosong karena cairan lambung bisa mengiritasi lapisan usus, menyebabkan rasa sakit, kembung, dan mulas.

Latte pagi mungkin bisa melancarkan pencernan. Credit: REX

Usus dan kandung kemih

Senyawa dalam kopi merangsang usus dan dapat menyebabkan limbah didorong keluar lebih cepat daripada biasanya—dalam waktu 5 menit sejak minum bagi beberapa orang! Karena hal yang sama terjadi dengan kopi tanpa kafein, peneliti percaya bahwa senyawa selain kafein bertanggung jawab untuk itu. Tapi Dr Bain mengatakan bahwa kopi membuat kamu buang air kecil lebih sering daripada minum air dengan jumlah yang setara itu adalah mitos. “Efek diuretik kopi sangatlah kecil, dan kopi sama-sama menghidrasi seperti air,” tambahnya.

[AdSense-A]

Mata

Dalam waktu 20 menit sejak minum kopi, kafein menimbulkan pelepasan adrenalin, mengaktifkan modus “lawan atau lari”. Akibatnya, pupil kamu sedikit membesar dan kamu mungkin benar-benar memiliki pandangan yang tajam.

Kemampuan otak dan memori

“Kafein adalah zat stimulan dan 20 menit setelah minum kopi kamu bisa mulai merasa lebih waspada, dengan peningkatan konsentrasi, dan kurang cenderung melakukan kesalahan,” kata Dr Bain. “Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa kopi dapat meningkatkan memori kamu 24 jam setelah konsumsi. Ini mungkin tidak tampak lama, tapi sebagian besar memori hilang dalam beberapa jam setelah pembelajaran.” Banyak penelitian juga menunjukkan bahwa konsumsi kopi secara teratur selama seumur hidup berkaitan dengan penurunan risiko terkena penyakit Alzheimer.

Banyak orang lebih suka kopi baru digiling pada pagi hari

Energi

Jangan terburu-buru mengambil secangkir pertama saat kamu bangun di pagi hari, karena kadar kortisol kamu sedang tinggi dan akan terus seperti itu selama sebentar. “Waktu terbaik untuk minum secangkir kopi adalah sekitar satu jam setelah kamu bangun,” kata Dr Bain. Kafein juga meningkatkan produksi panas kamu, yang bisa membantu menurunkan berat badan kamu, katanya. Tapi setelah sekitar tiga jam, efek dari kafein mulai memudar dan kamu mungkin mengalami “coffe crash”. “Ini karena kafein dalam kopi tidak benar-benar membuat kamu lebih energik, kafein hanya membuat kamu kurang bisa merasa bahwa kamu lelah,” katanya. “Jadi, kecuali kamu cukup istirahat kamu akan mulai merasa lelah lagi.”

kopi disukai para pekerja yang menggunakannya untuk membantu konsentrasi. Credit: ALAMY

Paru-paru

Kafein dalam kopi mirip dengan obat teofilin, yang diberikan kepada pasien masalah pernapasan, dan membantu membuka paru-paru untuk memudahkan pernapasan.

Suasana hati

Kopi merangsang pelepasan hormon perasaan nyaman dopamin. “Satu jam setelah minum kopi, ada penurunan tingkat kecemasan dan peningkatan perasaan puas,” kata Dr Bain. “Wanita yang mengonsumsi kopi secara reguler terbukti kurang depresi.” Namun dia mengatakan, terlalu banyak kopi bisa menimbulkan efek sebaliknya, menyebabkan kecemasan dan kegelisahan.

Kopi bisa membantu meningkatkan memori. Credit: GETTY

Tidur
Kopi yang dikonsumsi tengah malam bisa me-reset jam biologis dengan menunda kenaikan tingkat melatonin, hormon tidur utama dalam tubuh. Naik turun tingkat melatonin membantu menentukan waktu alami untuk tidur dan bangun, jadi espresso dobel tiga jam sebelum waktu tidur bisa membuta kamu begadang dan tidak bisa tidur. (Sue Quinn)

Kalau mau tidur jangan minum kopi. Credit: GETTY

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *