12 Cara Mudah Untuk Menjalani Gaya Hidup Sehat

Simone Becchetti

Masalah dengan pandangan sosial saat ini tentang kesehatan adalah bermuka dua. Satu, kita berada dalam keadaan konstan kehidupan kacau, di mana kita puas dengan pizza yang dihangatkan lagi sisa pesta minum Sabtu 02:00 lalu. Dan dua, kita kembali menonton “Seinfeld” tayang ulang di sofa kita, karena sangat lelah dan kurangnya motivasi.

Tentu, apa yang kita makan dan masukkan ke dalam tubuh kita merupakan salah satu unsur dari kesehatan secara keseluruhan, tapi kesehatan mental sama pentingnya (jika tidak lebih penting) daripada kesehatan fisik kita.

Sejujurnya, kamu tidak perlu makan seporsi sayuan hijau atau makan sereal quinoa campur biji rami agar sehat. Beberapa perubahan sederhana pada cara kamu makan, dan cara kamu hidup, akan sangat berguna bagi gaya hidup sehat secara keseluruhan:

1. Makan makanan yang sebagian besar belum diolah.

Saya tidak mengatakan kamu harus menjadi hippie sepenuhnya dan mendasarkan pola makan kamu sepenuhnya pada makanan mentah. Dan tidak, kamu tidak harus berhenti makan Pop-Tarts di pagi hari.

Mayoritas diet kamu harus terdiri dari daging tanpa lemak seperti dada ayam atau kalkun tanah, beserta berbagai macam sayuran. Mengikuti aturan 80/20 dan makan seluruh makanan 80 persen dari waktu akan sangat berguna.

Kamu masih boleh makan kue juga.

2. Jalan kaki bila memungkinkan.

Latihan Olimpiade, lari marathon, atau bahkan CrossFit tidak diperlukan untuk kesehatan yang optimal. Cukup jangan malas saja.

Sekarang, parkirlah lebih jauh dari kantor kamu di tempat kerja, atau jalan kaki ke toserba daripada mengemudi seperempat mil. Lebih banyak aktivitas melahirkan fleksibilitas, mobilitas, dan kesehatan secara keseluruhan yang lebih baik.

Tubuh kamu akan berterima kasih 20 tahun lagi.

3. Kurangi minum alkohol.

Ketika dokter bertanya berapa banyak yang kamu minum, kamu mengecilkan jumlah ini secara signifikan. Oh, saya minum bersama teman-teman.

Kamu tahu jawabannya adalah 10 sloki Fireball, disusul dengan dua vodka Red Bull, kemudian oleh Sam Adams (ringan, tentu saja).

Dan itu baru permainan awal.

Namun, pada kenyataannya, membatasi minuman keras hanya satu malam seminggu akan menimbulkan perbedaan besar dalam fungsi hati, dan dompet kamu akan berterima kasih untuk itu.

4. Bawa makan siang ke tempat kerja.

Ya, saya bilang itu. Alih-alih mengambil burger untuk ketiga kalinya minggu ini, bawalah makan siang kemasan dari rumah.

Tidak harus ayam dan brokoli. Bawa saja sesuatu, apa saja.

Kemungkinannya adalah, apa pun yang kamu bawa, itu akan jadi perbaikan dari nilai menu Taco Bell.

5. Ambil liburan.

Secara teratur, rencanakan liburan singkat, meskipun hanya untuk akhir pekan.

Ambil cuti sakit! Itulah gunanya cuti itu.

Kamu punya waktu seluruh hidup kamu untuk bekerja. Istirahatlah sesekali.

6. Jauhi hal-hal negatif.

Jika ada orang dalam hidup kamu yang tampaknya hanya penuh dengan energi negatif, putuskan mereka (kemarin).

7. Akhiri hubungan / pertemanan yang beracun.

Maksud saya, lihat poin keenam.

8. Luangkan waktu menjauh dari teknologi

Dalam dunia yang terus dicekoki dengan dan didorong oleh teknologi, singkirkan ponsel dan komputer kamu.

Meskipun hanya untuk beberapa jam per hari, itu akan membantu membersihkan pikiran kamu.

Sebagai bonus tambahan, kamu tidak bakal harus melihat gambar-gambar orang dari kelas matematika kelas 10 kamu di Facebook untuk keempat kalinya sepekan ini.

9. Berpartisipasi dalam aktivitas fisik

Tidak, kamu tidak harus menjadi Arnold. Tapi lakukan semacam kegiatan untuk menjauhkan kamu dari sofa. Jalan kaki. Pergi ke pantai. Naik sepeda. Terserah kamu.

Aktivitas fisik mengurangi stres fisik maupun mental.

10. Baca lebih banyak.

Saya tahu kamu mungkin belum mengambil sebuah buku sejak kamu membaca CliffsNotes untuk “Catcher In The Rye” di kelas sembilan, tapi kita semua harus mulai entah di mana.

Pilih topik yang kamu suka atau ingin kamu pelajari. Mungkin kamu suka arsitektur abad pertengahan, atau mungkin sekadar biologi dasar. Apa pun yang menyenangkan bagi kamu.

Setiap jenis bacaan akan merangsang otak kamu, dan meningkatkan kapasitas intelektual kamu. (Ini tak ada salahnya, kan?)

11. Pilih hobi baru.

Kamu tahu kamu sudah bicara tentang mengambil golf selama tiga tahun terakhir.

Punya minat di luar pekerjaan dan keluarga kamu akan menuntun pada kehidupan yang lebih memuaskan. Jelajahi keahlian baru.

Memilih hobi baru secara otomatis akan membuat kamu tampak lebih menarik daripada setidaknya 50 persen teman-teman kamu (mungkin lebih, tergantung seberapa malasnya teman-teman kamu).

12. Persetan apa kata orang.

Pembenci akan terus membenci, kan? Seperti kata Dr Dre, “Jika kalian semua tidak menyukaiku, persetan.”

Beberapa perubahan sederhana yang mudah dilakukan, bukan? Satu langkah setiap waktu, dan dunia kamu mungkin secara drastis akan berubah menjadi lebih baik. (Ryan Rodal)

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *