Ceriwis

13 Tanda Adanya Orang yang Beracun di Dalam Kehidupanmu

Manusia adalah mahluk organik dan sosial, kita semua butuh berinteraksi sebagai arti dari pertumbuhan. Tapi terkadang, orang-orang beracun dapat masuk ke dalam lingkaran sosial kita, dan meracuni kita secara emosional. Ini dapat menjadi teman atau anggota keluarga,dan tidak selalu berarti bahwa mereka orang yang jahat.

Apakah melalui sebuah penolakan dari proses berpikir kita sendiri atau trauma masa lalu, orang yang beracun tidak selalu mengetahui bahwa mereka beracun.  Dan mungkin saja itu adalah insting pertama kita untuk membantu mereka, karena ada banyak hal yang dapat kita lakukan untuk mereka.

Pada akhirnya, adalah sebuah pilihan setiap individu untuk menjadi orang yang lebih baik atau tidak. Dan jika orang beracun menghalangi pertumbuhanmu, itu mungkin waktunya untuk menjaga jarak dari mereka atau bahkan hilangkan mereka dari hidupmu sepenuhnya, jika itu memungkinkan.

 

Berikut adalah tanda peringatan bahwa ada orang yang beracun di dalam kehidupan kita, sehingga kamu dapat memasang bendera merah dan tahu kapan untuk pergi.

  1. ORANG BERACUN SELALU MENGHAKIMI ORANG LAIN

Jika kamu berkumpul dengan seseorang yang secara konstan menghakimi orang lain yang berada disekitarnya, itu bisa jadi pertanda utama bahwa mereka adalah orang beracun. Hal ini dapat dikatakan mengenai karakter mereka jika mereka menghakimi orang lain berulang ulang terutama jika itu adalah orang lain yang tidak dikenal.

 

Seseorang yang mencoba untuk menunjuk kelemahan orang lain secara terus menerus memiliki lubang di dalam kehidupannya yang coba mereka penuhi dengan cara berfokus kepada kelemahan orang lain secara konstan. Dan orang ini bukanlah orang yang ingin anda ajak untuk berkumpul bersama.

 

  1. MEREKA BUKAN PENDENGAR YANG BAIK

Stephen R. Covery pernah mengatakan bahwa “Kebanyakan orang tidak mendengarkan dengan maksud untuk mengerti, mereka mendengarkan dengan maksud untuk membalas.” Ini sangat benar terutama bagi orang beracun.

Apapun yang kamu katakan kepada mereka, mereka tidak akan pernah mencoba untuk mengerti apa yang kamu sedang bicarakan. Orang yang beracun hanya akan menunggu momen untuk menyisipkan dan mulai berbicara tentang apa yang ingin mereka katakan.

Yang mana akan membawa kita ke tanda berikutnya…

 

  1. MEREKA SERING MEMOTONG PEMBICARAANMU

Tidak apa-apa jika kamu berbicara secara langsung kepada mereka atau di dalam grup. Seorang yang beracun akan selalu mencari cara untuk memotong pembicaraan untuk mengalihkan fokus ke mereka. Mereka tidak mendengarkan apapun yang orang lain sedang katakan kecuali jika itu mengenai mereka. Dan jika tidak ada yang berbicara tentang mereka, mereka akan tetap memotong pembicaraan yang ada.

 

  1. MEREKA SELALU INGIN MENJADI PUSAT PERHATIAN

Mari kita akui, asik rasanya jika terkadang menjadi pusat perhatian dan orang lain dapat mengagumi kamu. Tapi bagi orang yang beracun, itu adalah suatu semua keharusan yang pasti. Seperti obat mereka menginginkan hal itu, dan akan melakukan apapun untuk mendapatkannya.

Termasuk, memotong semua pembicaraanmu yang berbicara tentang mereka, atau bersikap berlebihan dramatis sehingga semua orang melihatnya.

 

  1. MEREKA TIDAK DAPAT MENGAKUI JIKA MEREKA SALAH

Orang yang beracun tidak dapat mengakui kesalahannya. Mereka akan selalu mencari seseorang lainnya untuk disalahkan. Yang mana akan tertuang dalam tanda berikutnya.

  1. ORANG YANG BERACUN AKAN SELALU MENJADI KORBAN

Satu cara yang orang yang beracun akan dapatkan perhatian yng mereka cari adalah dengan berpura-pura menjadi korban. Di dalam lingkungan,bahkan jika merea melakukan sesuatu yang buruk. Seorang yang beracun akan selalu menngubah hal-hal di sekitarnya dan mencoba membuat orang merasa bersalah kepadanya. Atau merasa bersalah karena tidak membantunya. Segala sesuatu yang salah adalah selalu kesalahan orang lain. Dan mereka hanya korban dari lingkungannya.

 

  1. MEREKA DILECEHKAN SECARA FISIK DAN EMOSIONAL

Orang yang beracun merasa jika ada sebuah lubang di dalam dirinya. Dan untuk mengisi lubang tersebut, mereka akan membuat orang lain merasa buruk jika tidak malah lebih buruk dari yang sebelumnya. Ini akan membuat mereka merasa dapat mengendalikan hal-hal, tapi dalam realitanya merekalah yang sedang melecehkan .

Pelecehan fisik lebih mudah dan nyata untuk terlihat, tapi pelecehan emosional dapat menjadi sedikit lebih tersembunyi.

Kedua bentuk pelecehan tersebut adalah racun yang sangat berbahaya. Jika kamu mengetahui seseorang yang melecehkanmu secara emosional dan fisik, hal terbaik yang dapat kamu lakukan adalah dengan memisahkan dirimu sendiri dengan dia sesegera mungkin. Dan jika kamu berada di posisi dimana kamu tidak dapat melakukannya dengan mudah, mintalah bantuan atau nasehat dari psikolog.

 

  1. MEREKA TIDAK MEMPUNYAI EMPATI UNTUK ORANG LAIN

Jika kamu mengenal seseorang yang tidak mempunyai rasa empati untuk orang lain, itu akan menjadi tanda lebih gelap bahwa kamu berurusan dengan sosiopat.

Mempunyai kasih sayang dan empati untuk orang lain adalah salah satu dari perlakuan manusia yang sering kita bagi. Bahkan orang yang beracun yang paling berbahaya orang akan mempunyai beberapa jenis simpati untuk orang lain. Tapi ketika orang yang beracun juga memiliki beberapa simpati untuk orang lain, itu berarti sesuatu yang lebih buruk lagi. Sosiopat tidak mengerti emosi orang lain dam hanya keluar untuk situasi mereka yang lebih baik. Bahkan jika mereka menunjukkan simpati, mereka berpura-pura untuk mendapatkan yang mereka mau.

 

  1. MEREKA MENINGKATKAN EGO MEREKA SECARA KONSTAN

Mari memperjelas satu hal… orang yang hebat tidak pernah butuh untuk membicarakan seberapa hebatnya mereka. Tindakan mereka berbicara lebih keras daripada dirinya. Orang yang beracun akan secara konstan mencari kebenaran dan akan selalu mencoba untuk menunjukan seberapa hebatnya mereka.

Ini seperti yang dikatakan lelucon, jika seseorang memberitahu kamu  “saya benar-benar tidak menyukai drama itu” kamu tahu mereka benar-benar masuk ke dalam drama kehidupan. Jika seseorang secara konstan berbicara tentang bagaimana hebatnya mereka, mereka mungkin tidak benar-benar hebat.

  1. ORANG YANG BERACUN SELALU BERPIKIRAN NEGATIF

Kenegatifan secara konstan adalah ciri khas dari orang yang beracun. Apakah dia memprotes atau menghakimi orang lain, orang yang beracun akan selalu mencoba untuk berada di tingkat yang lebih buruk. Di dalam pikiran mereka, tidak ada yang benar dan dunia ini adalah tempat yang mengerikan. Berada di sekitar orang yang selalu negative setiap saat dapat menguras tanaga. Pastikan untuk menjauh dari mereka.

 

  1. MEREKA BERBOHONG SECARA KONSTAN

Itu bisa jadi kebohongan putih yang kecil atau bahkan kebohongan besar dalam kebaikan mereka untuk membuat mereka terlihat lebih baik, atau bahkan lebih besar daripada mereka. Menjauhlah dari orang yang berbohong secara konstan kepadamu, bahkan jika itu hanya kebohongan kecil. Jika itu konstan, itu akan menjadi masalah.

 

  1. MEREKA MEMPUNYAI KECANDUAN YANG TIDAK TERSELESAIKAN

Mencintai seseorang dengan kecanduan dapat menjadi sulit untuk ditangani. Kecanduan biasanya menggunakan wakil pilihan untuk menutupi kesakitan yang mereka coba untuk sembunyikan, emosional dan fisik.

 

Dan bagian sedihnya adalah mereka dapat menjadi orang yang hebat, tapi kecanduan mereka membuat mereka menjadi racun. Dan seberapa besar kamu ingin menolongnya, itu dapat mungkin menjadi miliknya. Mencari bantuan professional untuk mendapatkan perlakuan mental dan fisik yang dibutuhkan. Dan jika itu tetap tidak berhasil, kita mungkin harus membuat keputusan sulit untuk tetap fokus ke kesehatan kita, dan membiarkan mereka menanganinya tanpa kamu. Karena pada akhirnya kita tidak dapat menolong seseorang yang tidak ingin ditolong.

  1. MEREKA HANYA MEMBERIKAN PENGARUH BURUK

Terkadang kamu tidak dapat menempatkan jarimu disana. Tapi setiap sekarang dan lagi, seseorang akan datang hanya untuk memberikan kamu perasaan yang buruk. Kamu tidak tahu dengan pasti apa itu, tapi kamu hanya merasakan ketidaknyamanan di sekitar mereka. Secara instan, paling baik adalah dengan mempercayai instingmu dan menjauh dari mereka. Kesempatannya mereka akan secara alami menyebarkan racun dan  ketidaksadaranmu akan mengambilnya.

Apakah ini terdengar seperti seseorang di dalam hidupmu?

Jika demikian, hal terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan memisahkan dan memberi jarak dirimu dengan mereka sebisa mungkin. Tapi jika kita memulai dari awal artikel ini, ada beberapa orang diluar sana yang mungkin bahkan tidak menyadari berapa beracunnya mereka.

Mereka sebenarnya mungkin berhadapan dengan kecanduan atau mencoba memerangi depresinya. Kadang itu dapat menjadi sulit untuk memberitahu perbedaannya. Jika orang ini ada di kepala kamu sekarang dan sangat berarti untukmu, cobalah untuk berbicara dengan mereka. Coba untuk membantu mereka agar mendapatkan bantuan. Tapi ingat jika hal itu tidak berhasil, kamu harus melakukan yang benar untukmu. Kita tidak dapat menolong seseorang yang tidak ingin mengakui jika mereka ada masalah. Berhati hati dengan kesehatan mentalmu terlebih dahulu.

Yane Pranata