Ceriwis
hot-pot-donabe-chopsticks-crop
Home » Umum » 15 Kebiasaan Membuang Uang Yang Kebanyakan Orang Tidak Sadari

15 Kebiasaan Membuang Uang Yang Kebanyakan Orang Tidak Sadari

money

Kebanyakan orang terobsesi untuk mendapatkan lebih banyak uang, tetapi bagaimana cara untuk tidak membuang uang? Kita semua ingin memelihara standar hidup kita, tetapi terkadang ini membantu untuk memotong beberapa hal yang bisa membuat kita bangkrut. Ketika Kita mendapatkan uang, kita ingin untuk menghargai jerih payah kita sendiri dengan membeli barang yang kita inginkan, tetapi ini bisa lebih baik bila kita menahan uang tersebut.

Jika kamu memotong pembelian kamu untuk satu bulan saja, pikirkan berapa banyak uang tambahan yang bisa kamu gunakan untuk investasi, menabung, dan dana darurat. Membutuhkan pengorbanan besar untuk berhemat, tetapi kamu akan mendapatkan imbalan yang setimpal pada hasil akhirnya.

Dengan perkataan tersebut, kita ingin melihat beberapa perilaku yang mungkin membuang-buang uangmu sehingga kamu bisa lebih mawas diri dengan kebiasaan belanjamu. Cara ini, kamu akan mempunyai control atas keuanganmu daripada membiarkan uang yang mengontrolmu.

15 KEBIASAAN YANG MEMBUANG UANG YANG KEBANYAKAN ORANG TIDAK SADARI:

“Kekayaan membutuhkan tidak hanya kepemilikan yang hebat, tetapi juga mempunyai sedikit keinginan.”- Epictetus

  1. MEMPUNYAI REKENING BANK

Jelas bahwa kita membutuhkan rekening bank untuk bertahan dalam dunia modern saat ini, tetapi apakah kamu tahu bahwa rekening bankmu akan membuat kamu mengeluarkan biaya lagi? Beberapa bank membebankan biaya hanya dengan membuka rekening baru! Mereka mungkin hanya mencharge jika kamu tidak menahan jumlah tertentu dalam rekeningmu, tetapi ada bank yang membebankan biaya hanya untuk mempertahankan rekening.

Kamu juga harus waspada untuk biaya-biaya lainnya yang dibebankan padamu, secara biaya ini bisa bertambah dari waktu ke waktu. Bertahan dengan budget untuk menghindari membayar bank segala macam biaya ini. Dengan begitu, kamu akan mempertahankan uangmu.

  1. MENGHABISKAN TERLALU BANYAK DALAM TAGIHAN BULANAN

Satu cara untuk mempunyai lebih banyak uang adalah untuk memotong biaya-biaya. Jika kamu tidak ingin membuang uang, kamu harus memotong hal-hal yang mungkin tidak terlalu kamu butuhkan seperti TV berlangganan.

Kemudian, lihatlah tagihanmu yang lain seperti listrik, handphone, dan air. Apakah kamu meninggalkan telepon dan laptop terhubung dengan listrik terlalu lama? Membiarkan peralatan elektronik yang sudah terisi daya tetap di isi dayanya akan menambah tagihan listrikmu.

Apakah kamu memiliki paket telepon yang paling mahal? Coba lihatlah apakah bisa diganti dengan yang lebih murah. Terakhir, lihatlah tagihanmu yang lain apakah kamu bisa menekan pengeluaranmu disitu.

Kebanyakan orang bisa menekan pengeluaran bulanan mereka dan menabung, tetapi mereka hanya tidak tahu caranya! Berikanlah perhatian pada tagihan yang bisa kamu tekan jumlahnya.

  1. MAKAN DILUAR DARIPADA MEMASAK

Memasak telah kehilangan seninya dengan munculnya berbagai pelayanan antar dari restoran. Tetapi, membeli makanan dari luar akan menambah biaya tagihanmu. Bahkan, menurut laporan Bureau of Labor Statistics, rata-rata kebutuhan rumah tangga menhabiskan lebih dari $3000 per tahun untuk takeout makanan. Kalau dibagi perbulan sekitar $250 perbulan. Menurut perbandingan dari Forbes memesan pengantaran dari restoran, memasak denga bahan segar, atau menggunakan jasa Katering, akan membebankan 5 kali lipat daripada memasak dengan bahan yang segar, dan hampir 3 kali dengan menggunakan jasa Katering.

hot-pot-donabe-chopsticks-crop

Seperti yang bisa kamu lihat, makan diluar merupakan hal yang membuang uang dengan sia-sia dibandingkan memasak dirumah. Ini bukan berarti kamu tidak boleh makan diluar, hanya saja kamu harus menguranginya jika ingin menghemat uang.

  1. MEMBELI BUAH DAN SAYURAN YANG TELAH DI BERSIHKAN

Jika kamu pergi ke hampir semua supermarket, kamu akan menemukan banyak buah dan sayuran yang telah di pak ke dalam tas plastik untuk kenyamananmu. Kamu mungkin akan melihat wortel, semangka atau buah lain dan sayuran yang telah dipotong dan di taruh ke kontainer,kamu akan mengeluarkan lebih banyak uang karena kamu juga membayar untuk tempatnya.

Membeli buah dan sayuran sealami mungkin. Dengan begitu kamu akan mendapatkan penawaran terbaik. Contohnya, ambillah selada utuh atau wortel utuh daripada yang telah dipotong. Ini juga merupakan pilihan yang lebih sehat.

  1. TIDAK MEMBAYAR HUTANG

Sangat disayangkan, banyak orang yang hidup lebih dari yang seharusnya dan mempunyai hutang atau tunggakan kartu kredit, rata-rata hutang per rumah tangga sekitar $17.000 dan ini hanya sebagian kecil hutang dari kebanyakan orang.

Kalau kamu memiliki hutang, membayarnya adalah prioritas utama kamu. Tetapi jangan sampai mengganggu pengeluaranmu yang lain. Gunakan pendapatan yang kamu punya untuk membayar hutang tersebut. Dengan begitu, kamu tidak akan terus menunggak dan terbeban oleh bunga hutang per tahunnya.

  1. MENGGUNAKAN CREDIT CARD TERLALU SERING

Seperti yang telah di jelaskan, kartu kredit telah mencapai angka yang tertinggi. Faktanya, menurut laporan tahunan Experian, rata- rata orang amerika mempunyai hutang $6.375 dalam hutang kartu kredit, yang meningkat 3% dari tahun lalu.

  1. MEMBELI KOPI SETIAP HARI SEBELUM BEKERJA

Jika antrian panjang dari Starbucks tidak bisa menggoyahkanmu dari membeli kopi sebelum bekerja, mungkin data statistik ini bisa membantu. Menurut laporan Acorns Money Matters, 41% dari milenial mengakui menghabiskan uang untuk membeli kopi daripada menyusun rencana pension mereka. Orang Amerika menghabiskan sekitar $1.100 setahun, atau $3 per hari untuk kopi.

16 coffee shops in London you have to try. Store Street Espresso in Bloomsbury is one of them.

  1. MEMBELI YANG BARU DARIPADA YANG BEKAS

Apakah kamu tahu bahwa depresiasi mobil adalah 10% seketika kamu mulai mengendarainya? Rata-rata, mobil baru mengalami depresiasi dalam 5 tahun pertamanya. Mobil bekas juga mengalami depresiasi,tetapi dengan nilai yang lebih kecil.

Membeli barang baru tidaklah keharusan, dan juga lebih ramah lingkungan ketika kita membeli barang bekas.

  1. MEMBELI GARANSI TAMBAHAN 

Jika kamu tidak membaca ketentuan garansi dari barang yang kamu beli, kamu mungkin lebih banyak membuang uang. Garansi tidak akan menutupi semua kerusakan, tetapi kamu bisa meminimalisasi pengeluaranmu atas kerusakan barang tersebut. Pastikan kamu menggunakan garansi jika mereka menguntungkanmu.

  1. MELAKUKAN PEMBELIAN SECARA IMPULSIF

Pernahkah kamu berpikir kenapa toko selalu menempatkan permen, keripik, dan minuman ringan di dekat kasir? Mereka berharap kalau kamu akan melakukan pembelian secara impulsif secara spontan sebelum membayar. Ini adalah teknik marketing, dan ini berhasil. 5 dari 6 orang Amerika dapat melakukan pembelian impulsif. Jika kamu ingin menghentikan kebiasaan ini, selalu berpeganglah dengan catatan belanjamu atau lakukan pembelian secara online agar tidak tergoda.

  1. MEMBELI BARANG BERMERK

Kita gunakan obat sebagai contoh. Jika kamu melihat obat paten dan generik, kamu akan memperhatikan bahwa obat paten akan lebih mahal walaupun memiliki kandungan yang sama. Ini terjadi pada semua barang yang dijual dari baju, makanan, dan obat-obatan. Selalu beli barang generik jika kamu ingin menghemat uang.

Perfect Sunday = lunch and shopping with the girl

  1. TIDAK MEMILIKI BUDGET

Mempunyai budget akan membantumu dalam situasi finansialmu. Jika kamu tidak memilikinya kamu tidak akan tahu berapa banyak uang yang kamu gunakan, berapa sisanya. Ini berarti kamu akan menghabiskan banyak uang pada akhirnya.

  1. MENUNDA-NUNDA

Untuk beberapa pengeluaran seperti tiket pesawat atau kamar hotel, lebih baik di lakukan di awal. Seperti yang kamu tahu tiket pesawat dan hotel dapat berubah harga secara tiba-tiba menjadi lebih mahal ketika dekat dengan tanggalnya. Pastikan kamu membelinya seawal mungkin.

  1. TIDAK MENGGUNAKAN KUPON

Setiap saat kamu berbelanja ke supermarket, kamu harus meneliti promo mingguan dan melihat kupon atau voucher, kalau tidak kamu akan melewatkan kesempatan baik. Kamu juga bisa mengunduh kupon online untuk mendapatkan penawaran terbaik seperti spa atau sarana rekreasi. Kupon ada dimana saja, gunakan untuk menghemat pengeluaranmu.

  1. TIDAK MENGGUNAKAN KEANGGOTAAN GYM-MU

Ini sudah awal tahun dan kamu berjanji untuk lebih sehat. Banyak orang yang mempunyai tujuan ini di awal tahun, tetapi tidak terlaksana dengan baik sampai akhir tahun. Apakah kamu tahu sekitar 67% dari orang-orang yahng mendaftar keanggotaan gym dan tidak menggunakannya? Jika kamu memiliki keanggotannya, lebih baik kamu membatalkannya secepat mungkin.

KESIMPULAN

Kami berharap tips diatas akan membantumu menyimpan uang dan menggunakan uangmu secara bijaksana. uang adalah subjek yang kompleks, dan setiap orang mempunyai perencanaan dan pendapatan yang berbeda. Tetapi, saran ini bisa di aplikasikan di segala kalangan dan dapat menguntungkan banyak orang.

Sekali kamu bisa mengatur keuanganmu daripada membiarkan uang menguasaimu, peluang baru akan menghampirimu.

Yane Pranata

Add comment

window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({flush: true});