16 Gambar Luar Biasa Yang Menunjukkan Bagaimana Tubuhmu Bekerja

Kita menggunakannya sehari-hari. Ia ada ketika kita membutuhkannya, dan tentu saja ketika kita tidak membutuhkannya. Ia adalah hal yang paling penting bagi kita di alam semesta – tetapi juga dapat menjadi sesuatu yang paling kita abaikan.

Itulah tubuh kita. Dan Ia sangat luar biasa. Sejak hari ketika kita dikandung sampai hari kita mati, tubuh kita merupakan sebuah tempat penuh Keistimewaan. Kemampuannya melebihi apa yang bisa dibayangkan oleh CS Lewis, namun demikian kita masih belum menemukan hal-hal apa saja yang bisa dilakukannya.
Tapi untuk hal-hal yang bisa dilakukan, berikut adalah beberapa gambar yang luar biasa untuk membantumu menyadari betapa luar biasanya kita manusia.

1. Wajah bayi berkembang di dalam rahim.

Kita memulai sebagai segumpal jaringan, namun mulai berkembang dari luar ke dalam. Dalam empat bulan pertama kehamilan, kita beralih dari gumpalan ini ke wajah dengan lubang hidung, mata, kelopak mata, bibir, dan telinga.


via YouTube / BBC

2. Kehamilan itu sendiri sangatlah luar biasa.

Organ-organ dalam tubuh wanita benar-benar bergerak selama kehamilan untuk memberikan ruang bagi bayi. Ketika mereka bergerak, hal ini dapat menyebabkan gejala kehamilan yang tidak dapat disalahkan hanya pada perubahan hormonal saja, seperti kemampuan bernapas dan, tentu saja, kontrol kandung kemih.

via Museum of Science and Industry, Chicago

3. Bagian tubuh manusia dari atas ke bawah.

Bentuk tubuh manusia akan terlihat seperti jika kita membelahnya menjadi 1.878 bagian dan difoto setiap bagiannya! Ketika foto-foto itu dengan cepat ditampilkan satu demi satu, itu menunjukkan tubuh kita dari ujung rambut hingga ke ujung kaki!

via EducationalGifs.com | YouTube / Touch of Life Technologies | Visible Human Project

4. Beginilah cara kamu menelan.

X-ray ini menunjukkan bagaimana manusia menelan cairan. Minum the tidak akan terasa sama lagi bagiku – ini sungguh luar biasa. Tapi nomor 5 benar-benar membuatku merinding!

https://vine.co/v/hYdvIAaOY1d

5. Apakah benda yang “mengambang” di matamu?

Sebenarnya, mereka sama sekali tidak mengambang di permukaan sama sekali! Mereka bukan mahluk asing yang menyeramkan, bukan seekor cacing yang perlahan akan mengambil alih matamu. Benda-benda ini berada di dalam bola matamu, dan memantulkan bayang-bayang ke retinamu, yang menciptakan citra yang Kamu lihat.

via tumblr / TEDEd

6. Mengapa menjadi bi-lingual sangatlah mengagumkan.

Selain mampu mengucapkan beberapa kata rayuan romantis ala Perancis, menjadi bilingual atau multilingual memiliki keuntungan lain yang kurang jelas (tapi jauh lebih keren). Menjadi multilingual menciptakan lebih banyak materi abu-abu di otak, yang membantu otak memproses informasi. Jadi semakin Kamu tahu, semakin banyak Kamu belajar di kemudian hari! Yang akan menjaga otak sehat dan terus bekerja selama beberapa dekade yang akan datang.

via tumblr / TEDEd

7. Kita bernafas hingga 10.000 liter udara setiap hari.

Itu lebih dari 2.600 galon per hari! Paru-paru menghirup dan menghembuskan napas antara 15 dan 25 kali per menit, mengangkut oksigen ke sel-sel kita untuk menjaga mereka tetap bekerja. Oksigen juga membersihkan karbon dioksida dari sistem kita, yang tercipta dari cara kerja tubuh kita. Bagian paling keren? Kita melakukan semua ini tanpa perlu berpikir tentang hal itu.

8. Pertempuran utama: sel darah putih menyerang parasit.

Video time-lapse ini menunjukkan sel darah putih menyerang larva selama rentang waktu 80 menit, dengan gambar yang diambil setiap 30 detik. Ini seperti Godzilla hidup! Ini luar biasa, tapi nomor 10 sungguh menjijikkan.

via EducationalGifs.com

9. Mengapa saya ingat kenangan indah, tapi tidak ingat lagi apa yang saya makan minggu lalu?

Jangan khawatir, Kamu tidak pikun. Ketika mengalami hal-hal, kita menembakkan pulsa energi listrik ke jaringan neuron, dan mereka mendarat di memori jangka pendek dan tinggal di sana selama beberapa detik atau menit. Dari sana, pulsa energy ini dikirimkan ke memori jangka panjang dan akhirnya disimpan di daerah lain dari otak. Tetapi jika neuron ini saling berkomunikasi berulang-ulang, hubungan mereka menjadi lebih kuat – dan itulah sebabnya mengapa kita bisa mengingat kenangan lebih cepat daripada kita mengingat hal-hal kecil yang terjadi sehari-hari yang tidak terlalu kita pedulikan.

via TEDEd

10. Orang ini tidak tahu dia sedang diawasi …

Seorang pria di bandara tertangkap sedang kentut oleh kamera pendeteksi panas. Apakah itu yang terlihat? Saya sekarang benar-benar menyadari bahwa saya berjalan melalui awan kentut setiap hari.

https://vine.co/v/hY2PPurVtxH

11. Bagaimana tangan kita bergerak.

X-ray ini menunjukkan bagaimana tulang kita bergerak di tangan kita. Wah.

via tumblr / gram-stained-paws

12. Jadi ITULAH sebabnya!

Selama kita menua, daerah otak yang mengontrol emosi dan memori kehilangan 5 persen dari neuronnya dalam setiap dekade. Pada saat kita 80, otak akan telah kehilangan sekitar 20 persen. Itu sebabnya kenangan tampaknya memudar dari waktu ke waktu!

via TEDEd

13. Sebuah sel darah merah berjalan melalui sistem peredaran darah kita.

Setelah sel darah merah diproduksi di hati kita, dibutuhkan sekitar 20 detik untuk berjalan melalui seluruh sistem peredaran darah kita.

via Wikimedia Commons / Sansculotte

14. Kamu berpikir wajahmu keren?

Beginilah bagaimana proses perkembangan bayi melalui sekitar 40 minggu kehamilan. Prosesnya benar-benar terlihat seperti mengubah sebuah gumpalan menjadi manusia.

via EducationalGifs.com

15. Sebuah fakta, Tuhan luar biasa, lihatlah bagaimana otak kita membuat kenangan.

Ingat neuron menembak bolak-balik? Berikut adalah neuron-neuron yang sama sedang membangun kenangan di otak kita. Begitu banyak wah sekarang.

https://vine.co/v/MzKDtpQ1A93

Oleh amylegatewolfe

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *