Ceriwis
gratitude
Home » Umum » 18 Cara Bersyukur Yang Mengubah Hidupku Dan Membuat Aku Lebih Bahagia

18 Cara Bersyukur Yang Mengubah Hidupku Dan Membuat Aku Lebih Bahagia

gratitude

Penggabungan tugas-tugas harian yang sehat dan sederhana seperti membuat jurnal dapat memberikan peluang sambutan untuk menilai semua yang harus disyukuri. Tindakan mengalami atau mengucapkan terima kasih bisa sangat bermanfaat bagi kesehatan seseorang secara keseluruhan. Aku melihat hidup aku berubah dalam banyak hal yang luar biasa ketika aku mulai benar-benar mengeksplorasi makna dan manfaat rasa terima kasih. Aku juga memperlakukan orang lain dengan lebih baik karena seluruh sikap ku berubah kearah yang lebih baik.

 

APA YANG TERJADI KETIKA AKU MULAI BERLATIH UNTUK BERSYUKUR

Aku sampai pada suatu titik dalam hidup saya di mana aku tidak bahagia dan tidak tahu mengapa. Jadi, aku memulai jurnal harian di mana aku mencatat semua yang aku syukuri sejak hari itu atau dari kejadian-kejadian sepanjang hidupku. Ketika aku mulai menggunakan rasa terima kasih, sejumlah hal positif terjadi dalam hidupku:

 

  1. KESADARAN DIRI

Peningkatan kesadaran diri adalah salah satu dari banyak manfaat dari niat baruku untuk berlatih terima kasih setiap hari. Hidup kadang menjadi begitu sibuk sehingga kita mulai hanya memikirkan diri sendiri. Namun, rasa terima kasih membuat aku menjadi lebih sadar akan semua yang dilakukan orang lain untuk aku. Aku mulai melihat bukan apa yang kurang dari diriku, tetapi apa yang aku dapatkan sepanjang hidup. Tindakan pencatatan yang sederhana ini sangat mengungkap siapa aku sebenarnya!

 

  1. BERALIH DARI KEEGOISAN KE TANPA PAMRIH

Kesadaran diriku yang baru meningkat membuat aku ingin berinvestasi lebih banyak pada orang-orang di sekitarku. Tanpa pamrih  secara langsung berkorelasi dengan tingkat kebahagiaan seseorang. Aku  mulai memberi lebih banyak kepada orang lain dan kemudian menerima pola pikir yang bahagia. Aku bahkan membuat persahabatan baru yang kuat yang di percaya akan bertahan lama.

 

  1. RASA MASYARAKAT DAN MILIKI

Dengan tidak mementingkan diri sendiri muncul teman-teman baru dan perasaan memiliki yang tinggi. Kedekatan dengan orang-orang di sekitar hidupku dan bahkan dengan alam tidak dapat dibandingkan dengan apa pun yang pernah aku alami sebelum membuat keputusan untuk berlatih bersyukur. Perasaan baru aku akan komunitas dengan manusia dan dengan alam juga membawa rasa diri yang baru dan lebih baik.

 

  1. KREATIVITAS

Mulai berlatih syukur menggerakkan sesuatu di dalam diriku yang bahkan tidak aku tahu! Keinginan aku untuk menjadi kreatif dan ekspresif meningkat secara eksponensial. Curahan karya seni dan tulisan sangat luas. Aku merasakan kesembuhan sejati melalui seni diriku sendiri dan melalui hati ku sendiri!

Practice gratitude relentlessly. As you practice gratitude you will attract more thoughts and feelings of gratitude. In a short time your entire being will be saturated with it, and you will experience a happiness that is beyond what you can imagine. This is what is ahead for you when you choose gratitude as your way of life. www.thesecret.tv/title/the-magic

  1. PENINGKATAN SUASANA HATI

Sebelum aku mulai secara aktif mempraktekkan rasa bersyukur, aku telah merasa sangat sedih pada diriku sendiri – bahkan depresi. Namun, psikologi positif yang baru aku temukan membantu meringankan dan mengurangi gejala depresiku . Seiring waktu, aku mulai merasa terangkat dan diremajakan kembali, seperti lampu yang dinyalakan dalam diriku.

 

  1. TANGGUH SECARA EMOSIONAL

Mempraktekkan cara hidup yang positif dan ramah ini membantuku membangun kekuatan internal. Hal-hal tertentu yang mungkin telah membuat  aku pergi atau akan membuat aku jengkel sebelumnya tidak menghalangi aku dari kondisi pikiran positifku yang abadi. Pada akhirnya, optimisme ini membantu aku mengatasi tantangan sehari-hari. Ketabahan mental ini  juga dapat membantu seseorang melewati trauma.

 

  1. MENGHARGAI HAL BAIK DAN BURUK DALAM HIDUP

Hidup ini tidak sempurna, bahkan ketika kamu berlatih syukur. Meski begitu, ketika aku dihadapkan dengan hal-hal negatif sepanjang hidup ku sehari-hari, aku tidak melihatnya sebagai sesuatu yang akan membuat ku sedih. Sebaliknya,Aku melihat situasi negatif atau sulit sebagai peluang atau pengalaman belajar bagiku. Bergerak maju jauh lebih mudah sekarang. Situasi bisa negatif atau positif – itu saja yang harus kamu tentukan. Aku sekarang telah memilih untuk melihat yang buruk sebagai sesuatu yang pada akhirnya bisa menuntun hidupku ke arah yang lebih baik.

 

  1. MAKAN MAKANAN YANG LEBIH SEHAT

Lebih banyak pikiran positif berarti penyembuhan bagi pikiran ku. Namun, begitu aku mulai merasa lebih baik dengan menggunakan praktek positif ini dalam kehidupan sehari-hari, aku ingin menjaga diri sendiri di setiap tingkatan. Aku juga mulai memasukkan hal-hal yang sehat ke dalam tubuhku dan, pada gilirannya, mampu mengeluarkan kata-kata dan sikap yang lebih sehat terhadap hal-hal yang terjadi dalam hidup aku pada saat itu.

 

  1. LEBIH SEDIKIT WAKTU MENATAP LAYAR GADGETKU

Mari kita hadapi itu – teknologi bisa memberatkan (setidaknya, bagiku). Di masa lalu, aku menghabiskan waktu yang tidak sehat di ponsel atau di komputer. Waktu menatap layar dengan berlebih ini mengurangi waktu yang dihabiskan bersama teman atau bahkan keluar dari rumah dan melihat apa yang ditawarkan dunia.

 

  1. LEBIH BANYAK WAKTU BERSAMA DENGAN ALAM

Lebih sedikit waktu pada teknologi berarti lebih banyak waktu untuk hal-hal yang lebih baik dan memberi kehidupan. Kedamaian dan ketenangan yang diberikan oleh alam hanya akan memajukan manfaat baru lainnya yang aku alami. Sebagai contoh, tingkat stresku bisa menurun jauh.

Woman hiking in the nature in winter. Low angle feet view.

  1. PENURUNAN BERAT BADAN

Keinginan aku untuk berolahraga dan bergerak meningkat. Aku akhirnya menghabiskan lebih banyak waktu di luar dan melakukan kegiatan di luar ruangan. Kegiatan bersama dengan teman atau keluarga pun aku sering memasukan kegiatan fisik di dalamnya. Ini membuat koneksiku dengan mereka semakin erat.

  1. KONEKSI DAN IKATAN LEBIH DALAM

Persahabatan aku yang tulus dan diperdalam karena rasa baru saya akan kesadaran diri. Aku yang sekarang lebih menarik dan menyenangkan untuk didekati. Aku menyadari bahwa semua orang ini memiliki tempat khusus dalam hidupku  dan setiap hubungan membawa arti baru bagiku.

 

  1. PENGAMPUNAN

Dendam hanya berfungsi untuk menjatuhkanmu. Stres yang tidak disadari masih dapat menyebabkan banyak masalah. Penting bagi diriku untuk memaafkan agar benar-benar bisa move on  dalam kehidupan dan proses penyembuhan diri sendiri.

 

  1. KEBAHAGIAAN

Aku benar-benar merasa lebih bahagia ketika aku mulai belajar bersyukur. Kebahagiaan ini dapat dikaitkan dengan semua manfaat yang disebutkan di atas dari mengembangkan latihan harian baru ini. Aku lebih terbuka dan mudah diakses secara emosional, karena kebahagiaan adalah aspek penting untuk dimiliki dalam hidupmu. Aku juga bahkan melihat suasana hati baru ku menular kepada orang lain. Orang-orang di sekitar aku menjadi lebih bahagia juga!

gratitude

  1. DORONGAN SEMANGAT

Selama masa ini, aku mulai untuk mendorong orang lain untuk memperbaiki diri dan menantikan masa depan mereka sendiri. Belas kasih yang aku alami sebenarnya tidak hanya membantu diriku, tetapi orang-orang di sekitarku. Sebuah  penelitian  menunjukkan “orang yang bahagia menjadi lebih bahagia melalui kebaikan”.

 

  1. MANAJEMEN WAKTU

Buang-buang waktu tidak lagi menjadi agenda hidupku. Kegiatan boros tidak lagi memakan tempat di hidupku! Sebaliknya, aku mendedikasikan dan merencanakan waktu untuk hal-hal yang sebenarnya bermakna bagi diriku. Aku benar-benar dapat menikmati setiap momen setiap hari dengan cara ini.

 

  1. MEMBUANG HAL YANG BISA MENGHANCURKANKU

Latihan baru ini memberi aku banyak waktu untuk introspeksi. Tidak semua yang aku  lakukan dalam hidup ini benar atau terarah. Jadi, aku harus membuang lingkungan beracun dan orang-orang beracun dari hiduku, yang sulit dilakukan, tetapi perlu untuk bisa bergerak maju dalam perjalanan hidup menuju kebahagiaan.

 

  1. HASIL JANGKA PANJANG YANG POSITIF

Ini masih menjadi kegiatan harian ku karena terus membuat aku takjub dan memberikan manfaat hidup dan kesehatan yang luar biasa. Aku saat ini bisa memberi lebih daripada yang aku dapat, dan merasa bahagia akan itu.

KESIMPULAN

Mengembangkan praktek untuk lebih bersyukur benar-benar mengubah hidupku menjadi lebih baik. Kognitif, suasana hati, dan kesehatan diriku telah meningkat secara jauh dalam waktu singkat. Secara keseluruhan, aku merasa jauh lebih bahagia. Saya akan melanjutkan latihan harian ini sepanjang sisa hidupku karena dampaknya luar biasa.

 

Aku juga belajar banyak melalui latihan ini. Jika kamu mencari penyembuhan atau pembaruan, aku sangat menganjurkan kamu untuk melakukan hal yang sama. Pertimbangkan mulai dengan membuat jurnal 5 hal yang kamu syukuri dari harimu. Praktik ini bisa segera menjadi kebiasaan dengan dedikasi dan pengulangan.

 

Setiap kali aku memilih untuk fokus pada hal-hal yang aku miliki, aku merasa hebat dari dalam. Setiap kali aku fokus pada apa yang bisa saya lakukan untuk orang lain, stres lepas dari kepalaku  dan merasa jauh lebih ringan. Latihan ini sangat luar biasa sehingga aku merekomendasikannya kepada semua teman dan keluargaku. Itu tidak harus dilakukan sendiri, tetapi bisa menjadi cara yang bagus untuk keluarga dan teman untuk menjadi dekat satu sama lain.

 

Aku biasanya menulis di jurnal di malam hari; dengan begitu, aku bisa merenungkan semua kejadian hari itu. Namun, ini juga merupakan cara yang bermanfaat untuk  memulai harimu. Setiap langkah menuju emosi positif ini membantu aku dalam jangka panjang. Berurusan dengan stres atau emosi beracun dan hubungan menjadi jauh lebih mudah.

 

Latihan positif ini bisa menjadi cara yang bagus bagi siapa saja untuk memulai perjalanan mereka menuju kesehatan atau kesejahteraan. Setelah melakukan ini hanya sebulan, itu menjadi kebiasaan sehat bagi aku bahwa aku tidak akan menyerah. Hubungan diriku menjadi lebih kuat. Aku menjadi lebih kuat. Kesehatan tubuhku lebih baik. Aku hanya berharap telah menemukan teknik ini lebih cepat. Jika kamu ingin mempraktekannya, pertimbangkan latihan ini:

  • Membuat Jurnal
  • Berjalan
  • Menikmati Alam

Semua kegiatan ini dapat membantu menjernihkan pikiran kamu atau setidaknya membuat kamu berada dalam pola pikir yang benar untuk mengatasi emosi negatif apa pun yang mungkin menghambat dirimu untuk mendapatkan kebahagianmu.

 

Yane Pranata

Add comment

window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({flush: true});