Ceriwis
zodiac sign

20 Cara Untuk Lebih Mengontrol Keuanganmu

zodiac sign

Jika kamu tinggal di Barat – seperti Amerika Serikat atau Inggris – Kamu tahu betul masalah yang dihadapi orang dalam mengelola keuangan. Tingkat tabungan buruk – sekitar 4,8% untuk orang Amerika. ( Bahkan lebih sedikit untuk orang Inggris.)

Sementara itu, orang-orang di bagian dunia ini telah mengumpulkan triliunan dolar dalam hutang kartu kredit. Pada 2017, sendirian, orang Amerika menagih lebih dari $ 92 miliar ke kartu kredit mereka. Lebih dari 60 persen memiliki tabungan kurang dari $ 1.000.

Pikirkan masalahnya adalah tentang tidak menghasilkan cukup uang? Pikirkan lagi. Sementara keluarga Amerika yang berpenghasilan kurang dari $ 25.000 per tahun memiliki tabungan paling sulit, satu dari tiga rumah tangga dengan pendapatan tahunan $ 50.000 – $ 100.000 gaji hidup untuk mendapatkan gaji. Satu dari empat orang yang menghasilkan lebih dari $ 150.000 (!) Berada dalam kesulitan yang sama.

Bagaimana kita bisa tidak mengontrol diri kita dengan uang? Apa yang mungkin bisa menjelaskan perilaku yang tidak berkelanjutan dan tidak rasional seperti itu?

Kita mungkin setuju dengan komentar terkenal dari Will Rogers bahwa, “Terlalu banyak orang membelanjakan uang yang tidak mereka peroleh, untuk membeli barang-barang yang tidak mereka inginkan, untuk mengesankan orang-orang yang tidak mereka sukai.”

Jujur saja, ada satu pepatah yang berlaku di seluruh artikel ini: “Ini bukan berapa banyak uang yang kamu hasilkan; itu adalah berapa banyak yang kamu simpan. ” Seperti yang akan kamu lihat, penghasilanmu hanya merupakan bagian (kecil) dari persamaan. Berita baiknya adalah kamu dapat mengubah kebiasaan belanjamu . Nanti, kita akan membahas 20 cara untuk memiliki kontrol lebih besar atas keuanganmu!

Pertama, mari kita bicara tentang psikologi keuangan (dan pengeluaran!)

PSIKOLOGI KEUANGAN (DAN PENGELUARAN!)

“Perilaku konsumen adalah studi tentang individu, kelompok, atau organisasi dan semua kegiatan yang terkait dengan pembelian … termasuk respons emosional, mental, dan perilaku konsumen yang mendahului atau mengikuti kegiatan ini.” – Wikipedia: Perilaku konsumen

 

Pikiran bawah sadar kita mendorong pengambilan keputusan finansial kita – inilah mengapa orang memiliki banyak kesulitan mengubah kebiasaan belanja mereka. Perusahaan periklanan dan pemasaran menghasilkan banyak uang dengan mengeksploitasi proses psikologis yang mendorong pengeluaran.

Bisakah kita membalikkan tabel pada skema ini? Iya nih! Semuanya dimulai dengan memahami alasan di balik mengapa kita menghabiskan. Dengan pemahaman dasar tentang psikologi konsumen, kita dapat mempraktekkan kesadaran diri finansial . Pengetahuan yang kuat ini akan membantumu mengenali dan memperbaiki kebiasaan buruk yang mungkin kamu miliki dengan keuanganmu.

Psikologi pengeluaran dapat dipecah menjadi tujuh bagian: psikologi periklanan, “Keeping Up the the Joneses,” pembelian impulsif, “Tapi itu bagus!” Terapi konsumen, cinta uang, dan saat ini bias.

PSIKOLOGI PERIKLANAN :

Seperti disebutkan, pengiklan dan pemasar mencari nafkah – kehidupan yang mapan – karena tahu apa yang membuat konsumen membeli. Secara sadar, kita tahu bahwa minuman olahraga tidak akan memberi kita kemampuan yang luar biasa – tetapi alam bawah sadar Kamu tidak. Singkatnya, beriklan.

PSIKOLOGI”KEEPING UP WITH THE JONESSES”:

Ada alasan mengapa banyak penghasil enam digit memiliki sedikit atau tanpa tabungan – dan itu disebut “penampilan sukses.” Tidaklah cukup untuk berpendidikan tinggi dengan pekerjaan yang baik; sekarang mereka harus menunjukkan kepada orang lain. Masalahnya, tentu saja, adalah mereka mengorbankan kemandirian finansial demi “persetujuan sosial.”

PSIKOLOGI PEMBELIAN IMPULSIF:

Berjalanlah ke supermarket, supermarket apa saja, dan Kamu mungkin akan melihat satu (atau semua!) Item berikut di dekat kasir kasir: permen, soda, produk diskonan, majalah, dan aksesori elektronik. Supermarket seperti Wal-Mart dan Target menempatkan setiap item secara strategis untuk meningkatkan peluang penjualannya. (Ini adalah psikologi pemasaran 101.)

PSIKOLOGI “TAPI ITU BAGUS!”:

Kita sering menggunakan, “Tapi, ini penawaran yang bagus!” alasan untuk menghabiskan secara rasional. Sekarang, membeli barang yang sedang diskon yang benar-benar kamu butuhkan,atau rencanakan untuk membeli, adalah belanja yang cerdas. Bagaimanapun, penting untuk mengingat bahwa hubungan biaya dari setiap pembelian-walaupun bukan tawar menawar. Cobalah untuk menyimpan biaya, bukan hanya menabung. Ketika sepatu seharga $100 adalah sesuatu yang “tidak dapat dilewatkan” potongan 75 persen, kamu akan tetap menghabiskan $25.

PSIKOLOGI TERAPI KONSUMEN:

Studi menunjukkan bahwa sistem penghargaan otak menjadi berantakan ketika kita membeli sesuatu. Dopamin neurokimiawi, yang terkait dengan perasaan senang dan gembira, melonjak ketika kita membeli sesuatu berdasarkan dorongan hati. Tentu saja, perasaan bahagia dan gembira ini bersifat sementara, memberi jalan bagi rasa bersalah dan rendah diri.

PSIKOLOGI MEMBELI CINTA DENGAN UANG:

Trend yang aneh telah berkembang sejak munculnya konsumerisme: gagasan bahwa uang dapat membeli atau menggantikan cinta. Gagasan absurd ini terus meningkat, sebagian besar pada epidemi pekerjaan terlalu banyak di banyak negara maju. Tidak bisa pergi ke pesta anakmu? Ah, berhenti dan ambil sarung tangan baru untuknya. Lupakan ulang tahunmu? Cukup isi kalung berlian itu ke kartu Sapphiremu.

 

PSIKOLOGI BIAS SAAT INI:

Kendala lain untuk dihindarkan dalam perjalanan menuju kewarasan finansial: kecenderungan otak untuk kepuasan instan. Bias saat ini, sebagaimana didefinisikan oleh psikolog perilaku, adalah “kecenderungan orang untuk memberikan bobot yang lebih kuat pada hadiah yang lebih dekat dengan saat ini” daripada di masa depan. Berikut ini adalah contoh yang sangat baik dari bias saat ini dalam konteks ekonomi perilaku: menunggu sampai menit terakhir untuk menabung untuk pensiun.

Tanyakan pada dirimu pertanyaan-pertanyaan ini untuk membantumu membuat keputusan keuangan yang lebih baik saat berbelanja:

  • Pernahkah saya berpikir untuk membeli ini sebelum saya melihatnya sekarang?
  • Apakah produk ini tersedia dengan harga lebih murah di tempat lain?
  • Akankah saya merasa senang dengan pembelian ini, jika saya berhasil, 48 jam dari sekarang?
  • Apakah ini sesuatu yang saya butuhkan?
  • Seberapa sering saya akan menggunakan produk atau layanan ini?
  • Apakah saya memiliki sesuatu yang serupa, di rumah, yang dapat saya gunakan?
  • Apakah saya merasa tenang dan tenang ketika saya mempertimbangkan pembelian, atau terpencar-pencar dan tidak rasional?

20 CARA UNTUK MENGONTROL KEUANGAN KAMU

Sekarang kita telah membahas psikologi uang dan pengeluaran, mari kita membahas lebih dari 20 cara mudah agar Kamu dapat mengendalikan keuangan Kamu!

  • MENABUNG DALAM TOPLES

Kita pergi ke sekolah tua dengan yang ini. Jika kamu bisa, beli stoples kuno (kamu juga dapat membeli toples penghitungan uang seharga $ 5). Sekarang, lakukan perubahan. Uang receh dan uang dolar masuk ke toples ini mulai sekarang. Ketika Kamu memiliki beberapa dolar ekstra di akhir hari, masukkan ke dalam toples. Jumlahnya tidak masalah ; idenya adalah membantu otakmu menjadi kebiasaan menabung.

Start an adventure fund for a rainy day...this way you can travel to the sunny location of your choice! #TheTravelOrg #Travel #Adventure

  • LACAK PENGELUARAN KAMU

Ambil pena dan selembar kertas dan bawa-bawa selama seminggu. Catat setiap sen yang dihabiskan (jangan lupa untuk menuliskannya setiap waktu ). Di akhir minggu, hitung jumlahnya. Kemana uangmu pergi?

  • KETAHUI PENGHASILAN KAMU

Kedengarannya sederhana, bukan? Kamu akan terkejut melihat berapa banyak orang yang tidak tahu berapa banyak yang masuk ke rekening bank mereka setiap bulan. Kamu benar – benar harus mengetahui jumlah ini dengan hati.

  • PERIKSA LAPORAN KREDIT KAMU

Jutaan orang memiliki kesalahan dalam laporan kredit mereka – dan kesalahan ini dapat dikenakan biaya, waktu besar. Periksa dua kali lipat dan tiga kali lipat informasi pada laporan kreditmu jika ada ketidakakuratan. Tantang setiap item yang tidak kamu kenal sebagai yang sah. (Kamu mungkin perlu meneliti perbaikan kredit DIY.)

  • TEMUKAN REKENING TABUNGAN YANG BAIK

Ketika bank menjadi lebih terkonsolidasi, semakin sulit untuk menemukan rekening tabungan yang menawarkan tingkat bunga yang layak. Namun, ada beberapa yang bagus.

  • DAFTAR UNTUK SETORAN LANGSUNG

Jika kamu belum melakukannya, daftar untuk deposit langsung dengan atasan anda. Selain super nyaman, setoran gaji kamu langsung disetorkan memungkinkan kamu melihat tren penghasilan dan pengeluaran dari waktu ke waktu.

  • KUMPULAN KUPON

Telan harga dirimu dan pertajam guntingmu. Kamu dapat menyimpan beberapa potongan kupon. Jangan berpikir menabung 30sen sangat sedikit pada toples acar itu sepadan dengan usaha? Dengan asumsi bahwa kamu berbelanja bahan makanan seminggu sekali, menggunakan kupon seharga 30sen setiap akan menghemat sekitar $16 dalam satu tahun.

  • OTOMATISKAN TABUNGANMU

Sebagaian besar pengusaha memiliki sistem setoran langsung yang memungkinkan kamu untuk mengalokasikan gaji bersihmu ke dalam satu atau lebih rekening giro dan tabungan. Mengotomatiskan tabunganmu adalah cara terbaik untuk memastikan bahwa kamu tidak menyia-nyiakannya.

  • POTONG KARTU KREDITMU

Atau, simpan saja untuk membantu anda membangun dan mempertahankan kredit skormu. Setelah kamu terbiasa menabung sedikit demi sedikit dari gajimu setiap minggu,kamu akan menemukan bahwa kamu tidak memerlukan kartu kredit dan tidak perlu mengeluarkan kartu kredit sesering mungkin.

  • JUAL MOBILMU

Pikirkan tentang pembayaran mobilmu. Apakah itu akan menyebabkan kamu stress dan cemas tidak seperti seharusnya? Pertimbangkan untuk menjualnya atau membeli sesuatu yang lebih murah, meskipun kamu mungkin tidak “terlihat keren” (petunjuk: tidak ada yang peduli), kamu akan menikmati beban financial yang terangkat dari bahumu.

  • POTONG BIAYA-BIAYA

Biaya adalah kekuatam jahat, dan mereka tentu selalu semakin mebesar saja. Periksa laporan kartu kreditmu dan kredit untuk “biaya lain-lain”. Kemudian, hubungi lembaga keuanganmu dan tanyakan tentang cara membebaskan hutangmu. Hal yang terpenting untuk membebaskan dirimu dari hutang dan memotong biaya yang tidak penting.

vaultcard

  • MAKAN DI RUMAH

Makan diluar hanya kebiasaan untuk membuang-buang uang. Selain membuatmu lebih gemuk dengan sampah olahan, tambahan biaya pada produk mentah yang digunakan restoran cepat saji juga mengada-ngada.

  • CARI PENAWARAN DISKON

Pasar menjadi kompetitif seperti itu, tidak ada alasan untuk membayar harga penuh untuk apapun. Meskipun kamu mungkin merasa perlu untuk rasa konsumerisme yang kuat, berlatih disiplin dan menjelajah internet selama satu atau dua hari dapat menghemat uang tunai yang serius terutama untuk barang yang mahal.

  • BAYAR DIRI SENDIRI DAHULU

Sebelum kamu memotong cek siapapun(apakah ada yang masih menggunakannya?) Bayar sendiri. Masukkan lima sampai sepuluh persen atau lebih ke dalam rekening tabungan anda. (Jika anda mengotomatiskan tabungan anda,anda sudah melakukan ini!)

  • MENJADI MINIMALIS

Penulis benar-benar percaya bahwa konsumerisme adalah percobaan yang sia-sia, mahal, dan yang terpenting,sia-sia. meminimalisir pengeluaran bukan tentang makan ramen instan sambil menonton TV hitam putih 18inch. Ini tentang membeli barang-barang yang benar-benar kamu hargai dan bahwa kamu akan menggunakannya secara teratur. Coba pikirkan.

  • BERIKAN PENGENDALIAN

Apakah suami atau istrimu lebih baik mengatur uang daripada dengan kamu? Jika demikian, mengapa kamu masih menanganinya? Berhentilah menjadi musuh terburuk untuk diri sendiri dan biarkan mereka memiliki kendali finansial.

  •  GUNAKAN DAFTAR BELANJAAN 

ketika berbelanja bahan makanan(atau berbelanja barang lain dengan lima barang atau lebih),kamu harus membawa daftar tertulis. Gunakan daftar ini. Untuk yang masuk atau keluar.

Credit cards offer many conveniences and protections, but sometimes it's simply smarter to keep the plastic tucked away.

  • MENCARI SUMBER PENGHASILAN KEDUA(ATAU KETIGA)

Meskipun lebih banyak uang jarang merupakan obat mujarab, sejumlah uang tambahan di bank tidak pernah sakit. Internet memberimu kesempatan untuk bekerja dari rumah paruh waktu, dari mengisi survey hingga lepas. Pertunjukkan lain mungkin hanya bantal yang anda butuhkan.

BAYAR HUTANGMU

Saat membayar diri sendiri adalah aturan nomor satu, membayar hutang juga penting. Karena bunga terakumulasi tercepat pada jumlah hutang besar, ini adalah hutang yang butuh perhatianmu untuk dibereskan.

MEDITASI

Hah? Apa? Mengapa meditasi di sini? Pertanyaan yang wajar – dan inilah jawabannya: kita lebih cenderung bertindak tidak rasional ketika kita stres , kelelahan, dan sebagainya. Tujuan meditasi adalah untuk menenangkan pikiranmu. Manfaat tambahan lain untuk latihan meditasi: lebih banyak kegembiraan di sini dan sekarang.

KESIMPULAN

Mengubah kebiasaan finansial yang mengakar membutuhkan perhatian, tindakan yang disengaja, dan kemauan keras . Dengan kata lain, membangun kebiasaan belanja dan menabung yang cerdas mengharuskan kita menjadi konsumen yang sadar. Bertindak dengan penuh kesadaran . Jangan menggunakan “autopilot,” terutama ketika kamu berada di sebuah mall perbelanjaan dalam jangkauan dompet atau tasmu.

 

Masa-masa itu sulit – dan mereka mungkin akan tetap seperti itu di masa mendatang. Meskipun Kamu akan mengalami lebih dari satu tonjolan di jalan untuk mengendalikan keuangan Kamu, ada beberapa hal yang lebih membebaskan daripada mengetahui Kamu tidak lagi atas keinginan mereka yang ingin memisahkan Kamu dari uang yang Kamu hasilkan dengan susah payah!

Yane Pranata

Add comment