Ceriwis
Hasil gambar untuk solo travelling

20 Tips Agar Solo Travelling Kamu Berhasil

Hasil gambar untuk solo travelling

Traveling sendiri untuk pertama kalinya? Seram kah? Tentu akan ada perasaan ragu dan antusisa secara bersamaan ketika kamu merencanakan melakukan perjalanan jauh sendirian. Kamu mungkin akan merasa apakah ini adalah sebuah kesalahan? Atau bahkan ide terburuk yang pernah ada?

Kamu akan mengalami pengalaman yang luar biasa namun untuk melakukannya memang dibutuhkan keberanian yang luar biasa dan terkadang dibutuhkan dorongan pada bahumu untuk melakukannya. Sebelum kamu membaca daftar ini pastikan kamu sudah melakukan High Five pada dirimu sendiri atas keberanianmu untuk mengambil langkah pertama bersolo traveling.

HAL-HAL YANG PERLU DIKETAHUI SEBELUM BERSOLO TRAVELING

  1. BERPERGIAN SENDIRI TIDAK SESERAM YANG KAMU PIKIRKAN.

    Malam-malam pertama mungkin terasa sedikit tidak nyaman, tetapi kamu akan bisa beradaptasi dengan cepat. Kamu mungkin saja akan rindu dengan rumah dan merasa kesepian, tetapi ini berarti kamu memang telah keluar dari zona nyamanmu.

  2. KAMU TIDAK AKAN MERASA SENDIRIAN SEPERTI YANG KAMU MUNGKIN PIKIRKAN.

    Kamu akan mempunyai banyak teman baru ketika kamu berpergian sendiri untuk menjelajahi berbagai tempat, dan beberapa mungkin akan bergabung bersamamu di perjalanan selanjutnya. Sendirian akan membuat kamu lebih mudah untuk didekati daripada kamu berpergian dalam grup.Cobalah untuk menginap di hostel supaya kamu bisa lebih banyak melakukan interaksi sosial. Bila tidur beramai-ramai dalam satu kamar bukanlah kesukaanmu, sudah banyak hostel yang juga menyediakan kamar privat.dan bahkan jika kamu menggunakan kamar privat,menginap di hostel akan memberikan kesempatan banyak untuk kamu bersosialisasi dengan pelancong lainnya.

  3. TRAVELING SENDIRI=KEBEBASAN YANG HAKIKI.Hasil gambar untuk solo travelling

    Kamu akan merasakan kebebasan dan menjadi bos dalam perjalananmu. Tidak ingin pergi ke museum dan hanya ingin bersantai di kedai kopi lokal sepanjang hari? Itu terserah kepadamu! Aturlah rute atau destinasi yang kamu inginkan semua terserah kepadamu. Bertemu dan makan siang bersama dengan pria/wanita yang menarik? Lakukan saja. Suka dengan kota yang sedang kamu kunjungi dan ingin lebih lama disana? Tidak masalah.

SEBELUM MELAKUKAN PERJALANAN

  1. MENGEPAK SECARA RINGAN.

    Mengemas secara berat hanya akan memperlambatmu. Kemaslah barang-barang yang memang benar-benar kamu butuhkan, karena selain itu kamu tidak membutuhkan barang-barang tersebut.

  2. KETAHUI BAHWA KAMU BISA MEMBELI KEBUTUHANMU DIMANA SAJA.

    Banyak mini market yang tersedia di seluruh dunia dan merk-merk kebutuhanmu yang tersebar dimana saja.

  3. BUATLAH FOTOKOPI PASSPORTMU, JUGA SCAN KOPIANNYA DAN EMAIL KE DIRIMU SENDIRI.

  4. JANGAN MEMBUAT RENCANA TERLALU BANYAK.

    Rencanakan hari-hari di minggu awalmu, tetapi biarkan sisanya berjalan dengan sendirinya.Kamu akan bertemu dengan orang-orang yang mungkin ingin bergabung denganmu atau mungkin bisa memberi saran kepadamu tentang tempat-tempat menarik yang bisa kamu kunjungi. Kamu mungkin saja akan berdiam diri di tempat yang kamu sukai atau bahkan kamu benci, jadi biarkan segalanya berjalan secara spontan.

  5. TIBA DI BANDARA 6 JAM SEBELUM KEBERANGKATAN TIDAK MASALAH.

    Lebih baik aman daripada menyesal.

  6. PESANLAH KAMAR UNTUK MALAM PERTAMAMU SEBELUMNYA DAN PASTIKAN HOTELMU MEMPUNYAI 24 JAM LAYANAN FRONT OFFICE.

    Kamu akan terkejut bahwa tidak begitu banyak hostel/guesthouse yang tidak memiliki layanan front office 24 jam. Bila kamu tiba sangat larut, pastikan bahwa status pemesananmu dengan benar dan ada seseorang yang akan menerimamu di waktu tersebut.

SELAMA PERJALANAN

  1. SELALU WASPADA TETAPI TIDAK BERPIKIRAN SEMPIT.Hasil gambar untuk solo travelling

    Tidak semua orang ingin menyakitimu. Jangan takut untuk berbicara dengan orang atau menerima kebaikan dari orang lokal. Tetapi, kamu tetap harus waspada dan percaya akan hati nuranimudan jangan lakukan hal-hal yang tidak pernah kamu lakukan di daerah asalmu.

  2. BERTEMU DENGAN PENDUDUK LOKAL.

    Berbicara dengan penduduk lokal, tanyakan mereka rekomendasi untuk makanan lokal atau café. Tanyakan mereka dan belajarlah dari mereka.

  3. TRANSPORTASI LOKAL ADALAH YANG TERBAIK.

    Ini adalah cara terbaik untuk merasakan pengalaman travelling yang sesungguhnya. Akan ada pengalaman dan cerita unik yang bisa kamu ingat.

  4. TIDAK MASALAH JIKA KAMU MENGAMBIL HARI LIBUR DARI TRAVELLING.

    Akan ada masa dimana kamu akan bosan untuk berjalan-jalan dan berpindah-pindah. Menikmati bersantai dihotel yang nyaman dengan fasilitas WiFi dan melakukan panggilan dengan sahabat atau keluargamu akan menjadi hal yang menyenangkan juga untuk dilakukan. Pastikan kamu akan membawa uang yang cukup bila kamu berpergian dalam waktu yang lama untuk kondisi yang seperti ini. Ini akan membuat kamu merasa segar kembali dan siap untuk menghadapi apapun di depan.

  5. BERBICARA DENGAN KENCANG TIDAK AKAN MEMBUAT SESEORANG AKAN LANGSUNG MENGERTI DENGAN BAHASAMU.

    Jadi kamu bisa tenang saja untuk melakukannya.

  6. JIKA SESEORANG TIDAK BERBICARA DALAM BAHASAMU ITU MASALAHMU BUKAN MEREKA. 

  7. TIDAK SEMUANYA AKAN BERJALAN DENGAN MENYENANGKAN.

    Akan ada hari-hari yang berat dan membuat kamu ingin segera pulang saja.Culture Shocks, kesulitan bahsa dan berpindah-pindah akan membuat kamu kesal dan jenuh tetapi ini memang bagian dari traveling dan kamu pasti akan bisa bertahan.

  8. BERPAKAIAN SEPANTASNYA.

    Bahkan jika kamu cenderung berpakaian semaumu, ingatlah akan kebiasaan lokal. Jangan memakai pakaian terbuka jika kamu berpergian ke Negara dengan mayoritas penduduk muslim, selalu tutupi tubuhmu jika kamu masuk ke kuil Budhadi Thailand. Selalu lakukan riset sebelum kamu melakukan perjalanan ini.

  9. SEDIKIT BERBOHONG TIDAK APA-APA.

    Ketika kamu berpergian dan hendak menanyakan tentang arah dan seseorang bertanya apakah kamu sendirian, kamu bisa berkata jika suamimu sedang menunggu kamu di hotel. Hal ini dimaksudkan agar orang asing tidak tahu kalau kamu berpergian sendiri. Hal ini dilakukan murni untuk berjaga-jaga dan waspada ketika melakukan perjalanan.

  10. MILIKI ASURANSI PERJALANAN YANG TERBAIK.

    Lakukan riset untuk mengetahui asuransi perjalanan yang memiliki keuntungan yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhan kamu. Kamu bisa memsan asuransi dari mana saja di dunia ini Selama ada jaringan WiFi/Internet jika memang dibutuhkan. Ini untuk menjamin keamanan dan kenyamanan kamu ketika berpergian sendiri.

  11. BERSENANG-SENANGLAH. Hasil gambar untuk solo travelling

    Ini adalah kesempatan untuk kamu memiliki pengalaman yang tidak akan pernah kamu lupakan, jangan terlalu banyak berpikir dan merasa kalau ini menakutkan dan lakukan saja perjalanan ini paling tidak sekali dalam hidupmu,atau mungkin setelah melakukannya kamu akan langsung merencanakan perjalanan kamu berikutnya.

 

Yane Pranata

Add comment

window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({flush: true});