Ceriwis

30.000 Followers Merupakan Syarat Menjadi Selebgram di Inggris

Lissette Calveiro adalah perempuan yang terlilit utang ratusan juta karena ingin menjadi selebgram.

Ceriwis – Advertising Standards Authority (ASA) alias organisasi industri periklanan Inggris membuat kebijakan baru terkait iklan di media sosial. Akun media sosial seperti Instagram dengan jumlah followers lebih dari 30.000 kini dianggap sebagai selebritas alias selebgram.

Artinya, ada kebijakan khusus untuk akun-akun ini dalam mem-posting konten iklan sebuah produk.

Keputusan ini dibuat setelah sebuah akun Instagram dengan total pengikut sebanyak 32.000 bernama ThisMamaLife mem-posting iklan soal obat tidur Phenergan Night Time.

Meski ThisMamaLife sudah terang-terangan di dalam postingan itu menyebut bahwa ia dibayar oleh pengiklan, namun ASA tetap menganggap itu adalah pelanggaran menimbang jumlah follower yang cukup besar miliknya. Diketahui, ada larangan mengiklankan produk obat bagi selebritas di Inggris.

Ilustrasi Akun Instagram

Menurut Federal Trade Commission AS, masih banyak orang yang tidak sadar sebuah postingan adalah iklan jika seorang artis yang mem-posting.

Sementara itu, perusahaan pembuat obat tidur Phenergan Night Time, Sanofi, berdalih memilih akun ThisMamaLife untuk mengiklankan produknya karena akun tersebut tidak memiliki jumlah followers yang begitu banyak dibandingkan akun artis lainnya.

Meski benar jumlah pengikutnya 32.000 followers, tapi mereka berargumen jika angka tersebut tidak ada apa-apanya dibandingkan akun selebgram lain.

“Kami mengerti dalih Sanofi yang membandingkan rendahnya angka pengikut ThisMamaLife dibandingkan dengan selebriti terkenal lainnya,” kata ASA, dilansir The Verge.

“Namun, kami mempertimbangkan jumlah pengikut di atas 30.000 mengindikasikan bahwa dia mendapatkan perhatian dari sejumlah orang-orang yang signifikan. Karena dia cukup populer dan memiliki audiens yang cukup banyak, kami menganggap ThisMamaLife adalah selebritas dalam CAP Code (kode Inggris untuk iklan non-broadcast, promosi penjualan, dan pemasaran langsung),” lanjutnya.

Bicara soal jumlah followers, memang tidak ada patokan khusus berapa angka yang harus dicapai untuk membuat seseorang dapat dikatakan sebagai selebgram.

Bella Priscilla