Ceriwis
man-feeling-top-world-after-hike

30 Hal yang Perlu Kamu Lakukan Sebelum Umur 35

man-feeling-top-world-after-hike

Kemungkinannya adalah masih banyak hal-hal yang belum dicoret dari bucket list kita. Apa itu bucket list? Bucket list adalah daftar hal-hal yang akan dilakukan sebelum kita meninggal. Berasal dari istilah bahasa Inggris “kicking the bucket” yang artinya meninggal.

Ada kemungkinan besar bahwa kita bahkan belum pernah membuat bucket list dan hanya memiliki beberapa hal dalam pikiran yang ingin kita lakukan.

Namun ada begitu banyak hal luar biasa untuk kita alami di dunia ini, banyak yang bahkan kita tidak akan pernah pikirkan atau bahkan ketahui. Jadi inilah saatnya membuat bucket list itu sedikit lebih panjang.

Tapi tidak dengan hanya menambahkan berbagai hal ke daftar-Saya ingin memastikan, setelah membaca artikel ini, agar kalian melakukan 3 hal yang selalu ingin kalian lakukan sebelum akhir bulan ini.

Setuju? Baiklah, mari membicarakan hal-hal luar biasa yang bisa kita lakukan sebelum umur 35(atau sesudah, tidak ada kata terlambat!).

“Sepertinya hampir setiap hari saya bisa mencoret berbagai hal dari bucket list saya.-Maren Morris”

Tinggal di Luar Negeri

Tinggal di luar negeri, walaupun hanya untuk waktu yang sebentar, adalah pengalaman yang dapat mengubah hidup kita.

Maksud saya bukanlah bepergian ke suatu tempat dan kemudian tinggal di hotel atau bagian kota yang bagus. Maksud saya tinggal di lingkungan biasa. Hidup sama seperti bagaimana setiap orang di sana biasanya hidup sehari-harinya. Itu akan mengubah kita secara mendasar.

Memanjat Tebing

Memanjang tebing begitu menyenangkan. Itu merupakan salah satu hal yang tidak pernah terpikir oleh saya, namun ketika mencobanya, saya menikmatinya. Dan kita tidak harus menantang maut untuk menikmati manfaatnya.

Kita bisa saja pergi ke pusat panjat tebing untuk memanjat tebing buatan dan menikmatinya (tebing sungguhan jauh lebih baik).

Hiking

Serupa, hiking adalah pengalaman yang sangat luar biasa. Beberapa tahun lalu, teman saya mengajak saya ke tempat-tempat favoritnya.

Udara yang segar, alam luas tanpa batas, pemandangan indah dan mata air yang sangat menyegarkan semuanya membuat menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan, menenangkan bahkan spiritual.

Menyelesaikan Sebuah Balapan

Ada beberapa hal dalam kehidupan yang tidak hanya akan memberi kita pengalaman luar biasa, tapi juga ”meningkatkan level kita” dan memberikan kita kepercayaan diri yang lebih besar. Menyelesaikan sebuah maraton atau lomba ketahanan adalah salah dari hal-hal itu.

Kadang membutuhkan waktu bulanan berlatih untuk sebuah maraton, namun ketika kita menyelesaikannya kita tidak hanya dalam bentuk terbaik dalam hidup, tapi juga kita akan merasa seolah dapat menguasai dunia dan kemudian menggunakan momentum itu untuk move on ke hal yang lain.

woman-running-park

Belajar Bela Diri

Saya tidak menyuruh untuk belajar membela diri, walaupun semuanya adalah pilihan pribadi. Saya pribadi menyukai bela diri dan sangat menikmati latihan-nya, dan sangat bermanfaat ketika kita belajar dari seseorang yang betul-betul memahaminya.

Carilah gym mixed martial arts dan ikutilah beberapa kelas. Kita akan sangat capai, tapi juga sangat menyenangkan (dan mungkin sedikit lebih baik membela diri dalam proses belajarnya, walaupun akan makan waktu cukup lama).

Pelihara Hewan Peliharaan

Ini sepertinya adalah salah satu hal dasar yang setiap orang pernah mengalami, tapi saya bertemu beberapa orang yang belum pernah memiliki hewan peliharaan. Mengejutkan bagi saya, tapi itu bukan pengecualian.

Kalau kamu tidak pernah memiliki hewan peliharaan, dan merasa tidak keberatan dengan sedikit tambahan tanggung jawab (karena hewan peliharaan memerlukan usaha, terutama hewan yang aktif seperti anjing), maka saya sangat merekomendasikan.

Memulai Usaha Sendiri

Sebagai seorang berjiwa wira usaha, saya lebih suka memiliki dan memulai sebuah usaha daripada bekerja pada orang lain.

Dan hampir setiap orang yang saya kenal, yang memulai wira usaha akhirnya menyukai pengalamannya juga, walaupun harus bekerja dengan sangat keras.

Wisata Ke 3 Tempat Terbaik Pilihan Kita

Apakah 3 tempat terbaik yang kita ingin kunjungi? Jepang? Italia? Perancis? Mungkin kamu selalu ingin mengunjungi London atau Hongkong?

Kita tidak bisa melewatkan untuk mengunjungi tempat-tempat itu selama kita masih dalam kondisi prima. Lakukan segera daripada nanti karena dapat menjadi pengalaman yang mengubah hidup.

Menghadiri Acara Resmi

Mengalami kemewahan dan kelas yang begitu luar biasa sungguh menyenangkan, entah itu dari pesta makan malam atau acara khusus, walaupun kita hanya melakukannya sekali saja. Berdandan rapi sangat menyenangkan dan rasanya seperti sedikit role playing, jadi nikmatilah.

Melakukan Perjalanan

Saya melakukan perjalanan 2 hari dari Bandung-Yogyakarta sebelumnya dan walaupun cukup capai, merupakan salah satu pengalaman terbaik dalam hidup saya.

Kita tidak usah melakukan perjalanan lintas negara untuk menikmati perjalanan sendiri ataupun dengan teman-teman. Perjalanan sehari pulang-pergi bisa menjadi pengalaman yang luar biasa.

Menjadi Sukarelawan

Ada sesuatu yang sungguh spesial dalam melakukan kegiatan sukarela menolong orang lain. Itu merupakan suatu perasaan yang tidak bisa dideskripsikan dan itu memiliki kekuatan untuk mengubah kita dalam cara yang positif.

Apakah itu melakukan mentoring bagi seseorang jangka panjang atau melakukan kegiatan sukarela, kita perlu mengalami hal ini.

volunteering-loving-kindness

Mengunjungi Keajaiban Alam

Keajaiban Alam seperti Gunung Bromo, Danau Toba atau Grand Canyon di Amerika.

Berbeda dengan menngunjungi tempat buatan manusia, mengalami keajaiban alam yang begitu luar biasa dapat menyentuh kita dan memberikan kita penghargaan yang mendalam atas segala hal alami di dunia.

Membayar Hutang Kita

Ini semua bergantung pada apakah kita betul-betul memiliki hutang. Namun jika kita memiliki hutang walaupun hanya sedikit, ini adalah hal serius di mana kita perlu baktikan diri untuk membayarnya.

Rasa lega dan bebas yang kita alami sesudah selesai membayar hutang sepadan dengan kerja kerasnya (dan seringkali mengarah pada peluang lainnya).

Mengunjungi Galeri Seni yang Bergengsi

Walaupun bukan suatu hal yang saya lakukan lebih dari satu kali, hal ini sangat menyenangkan dan merupakan pengalaman yang sangat menarik.

Saran saya? Pergilah dan pelajari mengenai senimannya dan tema di belakang karya seninya dan betul-betul mempelajari karyanya sembari melewati galeri, berusaha memahami apa pesan dari sang seniman. Ini dapat memberi pengalaman sebuah dimensi baru.

Belajar Bahasa Baru

Mempelajari sebuah bahasa baru membuka sebuah bagian dunia untuk kita, atau setidaknya orang-orang di bagian dunia tersebut.

Hal ini dapat membuat wisata ke suatu tempat menjadi pengalaman yang sungguh baru dan bahkan menawarkan manfaat karir. Tambah, mempelajari suatu bahasa baru, tidaklah sesulit yang kita pikir.

Membaca 100 Buku

Membaca buku sesekali itu menyenangkan, tapi membaktikan diri untuk mempelajari dan menyelesaikan sesuatu pada level ini tidak hanya akan memperdalam pengalaman hidup, hal itu akan memberikan pengalaman yang mengesankan (jika kita membaca fiksi) dan pengetahuan berharga (jika kita membaca non-fiksi) yang bisa kita bawa selamanya.

Belajar Alat Musik

Belajar alat musik adalah pengalaman yang luar biasa karena menawarkan kita kesempatan baru untuk ekspresi diri.

Kalau kita cukup berlatih, kita bisa mengesankan pasangan kita, keluarga atau bos pada acara khusus. Selain itu memainkan alat musik juga dapat memberikan kesenangan.

Menonton Pertunjukan Teater yang Bagus

Sebagai penggemar Harry Potter, Saya sudah berencana untuk melihat Harry Potter and the Cursed Child di Broadway.

Pertunjukan Teater sangat luar biasa dan setiap orang sebaiknya mengalaminya sekali.

Scuba Diving

Air yang dalam sungguh membuat saya takut, tapi saya juga terpesona akan keberagaman dan kecantikan dari kehidupan bawah air.

Lagipula scuba diving cukup mudah diakses dan aman pada berbagai lokasi di dunia. Benar-benar layak dicoba.

Pergi Memancing

Sesungguhnya pengalaman saya memancing hanyalah di tambak di sebuah danau bersama teman-teman, mencoba memancing ikan di luar jaring apung milik teman saya.

Mungkin ini bukan pengalaman yang terlihat menarik. Tapi percayalah pengalaman itu sangat menyenangkan.

Mengikuti Konser

Saya pergi ke konser pertama saya saat umur 15 dan saya bisa bilang bahwa pengalaman melihat musisi atau band favorit secara live tidaklah sama dengan mendengarkan dari gawai.

Betul-betul pengalaman yang sungguh berbeda; dari level suara sampai nyanyian penonton dan mendengarkan suara penyanyi langsung dari mulutnya, ke mic, ke amplifier, langsung ke kuping kita. Pikirkan seseorang yang kita ingin lihat secara live dan pergilah ke konser mereka berikutnya.

Cuti dari Pekerjaan untuk Diri Sendiri

Luangkan waktu untuk diri sendiri seminggu atau lebih lama. Fokuslah pada bidang kreatif seperti melukis, menulis atau membangun. Bacalah beberapa buku bagus, melihat bintang di malam hari dan meditasi.

Pengalaman macam ini, walaupun hanya seminggu, dapat mengubah cara berpikir secara mendasar dan menggali hal-hal menarik yang kita tidak pernah tahu ada.

Makan di Restoran dengan Michelin Star

Michelin Star adalah sistem penilaian yang digunakan oleh Michelin Guide (Buku Panduan Referensi paling tua di Eropa, diproduksi oleh Michelin perusahaan ban Perancis) untuk menilai restoran berdasarkan mutunya. Makan di restoran dengan Michelin Star adalah sebuah pengalaman yang bisa jadi sangat mengejutkan.

Makanan yang dibuat oleh koki-koki di restoran tersebut sangat mengesankan dan akan benar-benar mengubah persepsi kita akan bagaimana rasa dan penampilan makanan enak.

Jatuh Cinta

Kedengerannya lebay, tapi tidak mungkin kita dapat mencapai umur 35 tanpa setidaknya mengalami bagaimana rasanya jatuh cinta.

Jelas hal ini bukanlah sesuatu yang bisa kita kendalikan secara penuh, jadi jangan memaksakan diri kita untuk itu. Namun walaupun begitu, cinta adalah sebuah pengalaman yang harus kita alami lebih cepat daripada nanti.

hopeless-romantics-dream-love

Mengunjungi Taman Nasional

Ada beberapa taman nasional atau cagar alam yang bisa kita kunjungi dengan biaya sedikit bahkan gratis. Mereka menawarkan salah satu pengalaman alam paling luar biasa yang kita bisa temukan dengan ruang besar alam terbuka yang dipelihara dengan baik untuk dinikmati semuanya. Bersiaplah untuk sedikit kotor.

Mempelajari Suatu Hal Baru

Adakah sesuatu yang kita selalu ingin pelajari tapi tidak pernah tersampaikan? Seperti trik kartu, kerajinan kayu, atau membuat film? Apapun itu, gunakanlah waktu luang kita untuk mendalami itu, carilah beberapa kelas lokal atau kelas online dan nikmatilah.

Berkebun

Salah satu pengalaman “alami” yang saya pikir harus semua orang dapatkan, berkebun memiliki berbagai keuntungan. Berkebun dapat menghilangkan stress dan meningkatkan kesabaran, dan kita bisa menanam makanan, bunga atau tanaman obat sendiri. Mengamati bagaimana tanaman kita tumbuh berkembang adalah proses yang sangat memuaskan.

Membuat Film

Saat ini, sangatlah mudah untuk menjadi pembuat film. Kemungkinannya kita memiliki sebuah kamera di kantong kita, di meja kita, atau bahkan di tangan kita saat ini yang bisa digunakan untuk merekam dalam kualitas HD yang cukup layak.

Ini tidak berarti kita akan langsung jadi ahli dalam membuat film, namun kita dapat bersenang-senang membuat film mini sendiri dengan teman (atau sendirian) apakah itu kisah fiksi, film motivasi, atau sesuatu yang lain.

Menulis Buku

Baiklah, ini mungkin terdengar sedikit ambisius, namun saat ini memungkinkan untuk menerbitkan buku kita sendiri kalau kita bersedia untuk berusaha sedikit.

Tentu saja menulis buku bukanlah pekerjaan yang mudah, tapi sangat layak dilakukan, terutama jika kita bercerita (fiksi atau bukan) yang menarik dan bertujuan menolong orang lain dengan mengekspresikan pelajaran penting.

Mengambil Resiko yang Besar

Beberapa dalam daftar ini adalah hal-hal yang cukup kecil dan mudah dicapai. Namun banyak juga yang memerlukan perencanaan dan menabung bahkan mengambil resiko sedikit. Jika kita hidup sampai umur 35 tahun dan belum pernah mengambil resiko apapun, kita tidak betul-betul hidup.

Pergilah keluar sana dan mulailah wira usaha, ajak si dia kencan, ambillah langkah pertama untuk melakukan perjalanan panjang, atau cobalah hal-hal yang menakutkan (tapi ingin sekali kita coba).

Apapun itu, kita hanya memiliki begitu banyak waktu tersisa untuk melakukannya, jadi berhentilah ragu-ragu dan biarkan diri kita puas mengetahui bahwa kita telah menjalani kehidupan yang hebat daripada hidup sampai usia lanjut dipenuhi dengan penyesalan.

Yane Pranata