4 Hal Singkat yang Orang Sukses Lakukan Sebelum Mereka Turun dari Tempat Tidur

IMAGE: Getty Images

Ingin menciptakan hari terbaik? Mulailah sebelum kaki kamu menyentuh lantai.

Apa yang kamu lakukan saat pertama kali kamu bangun tidur? Ini pertanyaan penting karena apa yang ada di kepala kamu pada saat-saat pertama dalam setiap hari bisa memengaruhi apa yang kamu rasakan selama 24 jam ke depan. Dan jika rutinitas bangun tidur kamu sama setiap hari, itu akan memengaruhi apa yang kamu rasakan sepanjang waktu. Sangat penting untuk mengarahkan pikiran-pikiran pertama setiap hari ke arah yang positif.

Saran tersebut berasal dari Joel dan Michelle Levey, yang mengajarkan berbagai bentuk meditasi di mana-mana dari rumah sakit hingga ruang rapat perusahaan sampai pertanian organik mereka sendiri di Hawaii. Berikut ini adalah rekomendasi sederhana mereka untuk rutinitas bangun tidur yang secara radikal bisa meningkatkan bagaimana perasaan kamu sepanjang hari:

1. Sadarlah pada fakta bahwa kamu sudah bangun.

Dari semua konsep Leveys, saya rasa ini salah satu yang paling sulit dipahami pada awalnya. Tapi inilah arti keterjagan itu. Terlalu banyak dari kita menghabiskan terlalu banyak waktu bangun kita secara autopilot, bangun tapi tidak benar-benar bangun. Patahkan pola itu pada awal hari ketika kamu pertama kali sadar dengan memperhatikan fakta bahwa kamu sudah bangun dan hidup. Mungkin ada cahaya yang mengalir ke dalam kamar kamu. Mungkin ada orang tercinta (atau hewan peliharaan kesayangan) di samping kamu. Apa pun situasi kamu ketika kamu bangun, berhentilah dan perhatikan pemandangan dan suara di sekitar kamu, pada rasa selimut atau seprai pada kulit kamu.

Kemudian, lakukan sesuatu untuk mewujudkan kenyataan bahwa kamu sudah bangun, saran Leveys. Ini bisa jadi menggeliatkan jari-jari kaki kamu, mengulurkan tangan ke atas kepala, menjentikkan jari jemari kamu. Sesuatu yang sederhana untuk mengingatkan kamu bahwa kamu berada di sini, sekarang, di dalam tubuh ini.

2. Bersyukurlah.

Kami punya beberapa teman yang, ketimbang berdoa sebelum makan malam, melakukan sesuatu yang disebut “syukur”, di mana setiap orang yang hadir harus menyebutkan setidaknya satu hal yang dia syukuri. Leveys merekomendasikan praktik serupa (tanpa nama itu) pada saat bangun tidur. Setelah kamu sadar akan fakta bahwa kamu sudah bangun, temukan satu hal atau lebih yang kamu syukuri. Ini bisa jadi sesesederhana bersyukur bahwa hati kamu masih berdetak, bahwa kamu telah diberi waktu satu hari lagi di planet yang indah ini. Ini bisa jadi syukur atas orang-orang tercinta dalam hidup kamu, atau pekerjaan kamu, atau kesehatan dalam tubuh kamu.

Tidak peduli sebaik atau seburuk apa pun hal-hal dalam hidup kita, kita semua punya banyak hal yang bisa disyukuri. Dan merasa bersyukur adalah salah satu hal terbaik yang bisa kamu lakukan untuk membuat diri kamu bahagia. Jadi pilihlah satu atau dua atau tiga hal dan biarkan rasa syukur memenuhi kamu, setidaknya untuk sementara waktu.

3. Tetapkan niat untuk hari itu.

Inilah waktu kamu untuk merencanakan apa yang akan kamu lakukan untuk mengalami hari macam apa yang ingin dialami dan menjadi orang macam apa yang kamu inginkan. Saya sedang mengerjakan beberapa proyek, jadi niat saya untuk hari ini adalah, “Lakukan apa yang saya bisa, biarkan sisanya.” Kamu juga bisa menentukan maksud untuk memperlakukan orang lain dengan kebaikan atau mencapai potensi terbaik kamu atau menghabiskan beberapa waktu mengejar impian kamu.

Apa yang perlu kamu lakukan, atau apa kerangka pikiran yang kamu harus miliki, untuk menjalani hari kamu, melakukan apa yang kamu butuhkan dan kamu ingin lakukan, dan bahagia sambil melakukannya? Itulah tempat awal yang bagus untuk menemukan niat harian yang mungkin bermanfaat untuk kamu.

4. Jangan melihat perangkat elektronik kamu sampai kamu menyelesaikan langkah 1 – 3.

Jika kamu seperti saya, pertama-tama kamu ingin melihat ponsel pintar atau tablet untuk melihat berita hari ini dan setiap email atau pesan penting yang mungkin kamu lewatkan. Kamu masih bisa—luangkan satu atau dua menit untuk sadar bahwa kamu sudah bangun, temukan beberapa hal yang kamu syukuri, dan tetapkan niat sebelum kamu melakukannya. Gunakan sedikit waktu ini untuk memperhatikan diri sendiri sebelum kamu memperhatikan seluruh dunia. Kamu akan senang kamu sudah melakukannya. (Minda Zetlin)

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *