4 Hal yang Harus Kamu Ketahui dalam Mengubah Passion Menjadi Bisnis

Getty Images

Pendiri dan CEO Brit Morin melakukan sesuatu yang hanya bisa dibayangkan oleh kebanyakan orang: Dia mengambil salah satu hobi favoritnya—proyek kerajinan tangan—dan mengubahnya menjadi pekerjaan hariannya.

Mantan karyawan Google itu sudah nongkrong di ruang kerja kerajinan tangan TechShop, tempat dia mengembangkan obsesi serius dalam membuat segala sesuatu. Meskipun dia telah mengerjakan sebuah ide untuk usaha rintisan dalam bidang kesehatan dan kebugaran, dia berubah haluan pada tahun 2011 untuk meluncurkan platform e-commerce DIY Brit+Co, yang telah mengumpulkan pendanaan $ 27,5 juta sampai hari ini. Morin mengatakan kepada Fortune tahun lalu bahwa perusahaan itu sudah memperoleh pendapatan jutaan dolar tetapi belum memperoleh keuntungan.

Langkah ini bertentangan banyak saran di luar sana yang menunjukkan bahwa kamu tidak harus selalu berusaha mengubah apa yang kamu cintai menjadi karier penuh. Tapi Morin berpikir sebaliknya. “Martha Stewart dari Silicon Valley” ini mengatakan hal itu berguna baginya karena dia belajar bagaimana menjadi lebih strategis dalam menyeimbangkan semangat dan produktivitas.

Morin duduk bersama Inc. Jumat pagi sebelum dimulainya konferensi tahunan Brit + Co Re:Make DIY summit untuk berbagi beberapa kiat bagi para wirausahawan yang ingin mengikuti jejaknya.

Visualisasikan kegagalan.

“Saya harus memastikan bahwa saya memvisualisasikan kegagalan dan seperti apa kemungkinannya sejak awal,” kata Morin. Kegagalan besar bukan satu-satunya hal yang perlu dipertimbangkan. Kamu harus siap untuk menghadapi keputusan-keputusan dan strategi lebih kecil yang tidak berguna, katanya.

Kadang-kadang, terlepas dari seberapa banyak kerja keras yang dikerahkan karyawan pada sebuah proyek, kamu harus membunuh buah dari kerja keras itu dan berpindah secepatnya pada  hal berikutnya. Visi awal Morin untuk Brit + Co adalah serangkaian aplikasi untuk membantu pengguna merencanakan pernikahan, memasak, dekorasi, dan sebagainya. Usaha rintisan itu akhirnya merilis aplikasi perencanaan pernikahan, tapi Morin mengatakan, pengukuran pada perilaku pelanggan mengungkapkan pasar Brit + Co lebih tertarik pada konten situs daripada aplikasi utilitas. Jika kamu mengunjungi website perusahaan tersebut, kamu akan melihat kontennyalah yang menang.

[AdSense-A]

Pilih tiga hal.

Banyak orang akan mengatakan bahwa jika kamu mengubah passion kamu menjadi pekerjaan, kamu tidak akan begitu bersemangat lagi akan hal itu. “Saya pikir, alasan orang-orang merasa seperti itu adalah mereka menjadi benar-benar kelelahan,” kata Morin. Sementara pada tahun pertama atau kedua menjalankan sebuah usaha rintisan akan terasa lama dan para pendiri akan bertanggung jawab pada berbagai tugas, pertumbuhan berikutnya dalam perusahaan harus memungkinkan pendiri untuk mempekerjakan staf dan mulai mendelegasikan tugas.

Saat itulah kamu harus sengaja menemukan keseimbangan, sesuatu yang dia lakukan atas saran dari Randi Zuckerberg. Zuckerberg mengatakan bahwa lima hal yang penting dalam hidup adalah tidur, olahraga, keluarga, teman, dan pekerjaan; wirausahawan harus memilih tiga hal untuk dimasukkan ke dalam kehidupan mereka sendiri.

Tetapkan tujuan spesifik.

Salah satu perangkap potensial dalam mengubah passion kamu menjadi sebuah bisnis adalah kecenderungan untuk terlalu jatuh cinta dengan ide-ide kamu sendiri—bahkan ketika realitas menunjukkan ide-ide itu tidak berguna. Brit + Co menggunakan apa yang Morin sebut OKR, sebuah taktik yang dia ambil dari masa kerjanya di Google. Singkatan itu kependekan dari “objectives and key results”—tujuan-tujuan dan hasil-hasil penting. Sebuah contoh mungkin akan menarik 20 persen lebih banyak pengunjung unik ke situs web melalui strategi konten baru. Mengkonkretkan tujuan kamu dengan angka-angka keras adalah kunci, kata Morin. Secara umum, dia sangat bergantung pada pengukuran untuk melihat bagian apa dari bisnis yang berhasil dan apa yang harus dihentikan. Dia juga penggemar berat pengujian A/B atas segalanya di website.

[AdSense-B]

Berikan kembali.

Morin mengatakan para pendiri usaha rintisan harus mempertimbangkan bagaimana untuk memberi kembali kepada masyarakat yang mendukung mereka, bahkan sebelum perusahaan menjadi sukses. Inilah kunci untuk memahami segalanya. Brit + Co meluncurkan #IAMCREATIVE Foundation awal tahun ini untuk memberikan hibah sebesar $ 2.500 hingga $ 15.000 untuk calon perajin yang ingin melihat karya seni mereka menjangkau khalayak yang lebih luas. (Tess Townsend)

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *