5 Aktris ini pernah lakukan ritual Kejawen, melestarikan budaya

Ilmu Kejawen sejatinya adalah kebudayaan lokal.

Ilmu Kejawen sejatinya adalah kebudayaan lokal yang diturunkan oleh nenek moyang kita terutama orang yang mempunyai darah Jawa. Beberapa ritual Kejawen kini dikritik beberapa pihak sebagai perilaku musyrik. Meski begitu banyak orang masih melakukan ritual Kejawen.

Nggak hanya orang biasa, beberapa artis pernah melakukan ritual Kejawen dengan berbagai alasan. Entah itu melestarikan budaya ataupun kepentingan syuting. Seperti yang dilakukan oleh lima aktris berikut.

1. Roro Fitria.

Artis yang mempunyai garis keturunan Keraton Yogyakarta ini beberapa kali memamerkan fotonya saat melakukan ritual Kejawen. Menurutnya ritual tersebut adalah kebutuhan yang disebut Spiritual Practition.

2. Fifi Buntaran.

Demi kepentingan syuting film Dewi Ular di tahun 2013 lalu, artis seksi Fifie Buntaran juga pernah melakukan ritual Kejawen. Ia juga mengaku pernah melihat sosok Nyi Roro Kidul saat dirinya terlelap.

3. Dewi Perssik.

Pedangdut dan pemain film Dewi Perssik mengaku melakukan ritual Kejawen untuk mendapatkan wajah yang senantiasa cantik dan awet muda. Seperti Roro Fitria, Depe juga mengaku menjalani ritual Kejawen secara rutin.

4. Julia Perez.

Sebelum meninggal, Julia Perez  lekat dengan peran mistis di berbagai film yang dibintanginya. Demi mendalami peran yang dilakoninya, tak jarang ia melakukan ritual Kejawen.

5. Suzanna.

Artis yang terkenal berkat perannya sebagai Nyi Roro Kidul dan hantu di film lawas ini terkenal sering makan bunga melati. Menurut suaminya, mendiang istrinya sering melakukan ritual puasa Kejawen, jilat parang tumpul panas hingga mandi di Sendang Kemuning.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *