5 Hal Yang Harus Anda Lakukan Untuk Merencanakan 5 Tahun Berikutnya Dengan Baik

Apa yang ingin Anda capai dalam 5 tahun ke depan? Lima tahun dapat tampak seperti waktu yang lama jika Anda memiliki rencana dan Anda tahu apa yang ingin Anda capai, tapi tanpa rencana, 5 tahun bisa lewat dengan sangat cepat.

Mari lihat 5 hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu memastikan masa depan yang bahagia dan sukses.

 

1. Putuskan apa yang ingin Anda capai dalam 5 tahun ke depan.

Memutuskan apa yang ingin Anda rencanakan dalam 5 tahun ke depan. Dari memulai bisnis Anda sendiri hingga membeli rumah pertama Anda, perencanaan merupakan bagian penting untuk memastikan Anda mendapatkan apa yang Anda inginkan. Hidup ini penuh dengan banyak kejadian yang mungkin terjadi, sehingga Anda harus memastikan apa yang ingin Anda capai sehingga Anda dapat mengatur roda pergerakannya. Duduklah dengan pena dan kertas dan tuliskan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini: Apa yang ingin saya capai? Berapa lama tujuan saya akan tercapai? Apa hal pertama yang harus saya lakukan?

 

2. Evaluasi tujuan Anda setiap bulan.

Baik Anda menetapkan tujuan Anda seminggu yang lalu ataupun 10 tahun yang lalu, penting untuk secara teratur mengevaluasi tujuan Anda. Kepentingan Anda mungkin telah berubah atau prioritas lain mungkin muncul, jadi pastikan Anda berfokus pada sesuatu yang masih penting untuk Anda. Misalnya, suatu waktu Anda mungkin bermimpi untuk membeli rumah di pedesaan, tapi sekarang Anda mungkin suka kesibukan kota yang Anda tinggali ini.  Duduklah sebulan sekali dan tuliskan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini:. Apakah tujuan ini masih penting untuk saya? Apakah saya ingin mencapainya? Apakah saya masih bergairah tentang ide ini?

 

3. Tinjau tujuan Anda setiap hari.

Kebanyakan orang memiliki tujuan, tetapi orang-orang yang paling sukses menjaga tujuan mereka untuk menjadi yang utama dalam pikiran mereka setiap saat. Jika Anda jarang berpikir tentang tujuan Anda, mereka akan mulai tampak luar biasa dan tak terjangkau. Namun, tujuan sering dapat dipecah menjadi banyak tugas yang lebih kecil, yang akan tampak jauh lebih mudah dicapai.

Jika Anda sangat menginginkan sesuatu, Anda idealnya harus mengusahakannya secara teratur. Tanyakan kepada diri sendiri setiap hari: Apakah saya mengalami kemajuan dengan tujuan saya? Apa tugas kecil berikutnya yang harus saya selesaikan untuk dapat bergerak lebih dekat ke tujuan saya? Dapatkah saya mencapai tujuan saya dalam 5 tahun ke depan? Bisakah saya mencapai mereka lebih cepat?

 

4. Buatlah komitmen mingguan untuk tujuan Anda.

Setelah Anda telah menetapkan tujuan Anda, sekarang saatnya untuk mulai bertindak untuk mencapainya. Tujuan Anda mungkin dengan mudah dicapai dalam 5 tahun ke depan, tapi setelah itu dilakukan Anda dapat mulai bekerja pada pencapaian mimpi Anda berikutnya. Hari ini adalah waktu yang tepat untuk memulai – menunda pekerjaan sebelum Anda mulai dapat membuat tugas tampak menakutkan dan terlihat abstrak, yang akan membuat lebih sulit bagi Anda untuk memulainya dikemudian hari.

Pada setiap awal minggu, tuliskan apa yang Anda akan lakukan minggu itu untuk mencapai tujuan Anda. Ini tidak harus menjadi sesuatu yang besar setiap minggu – bahkan melakukan sesuatu yang kecil akan membantu Anda untuk melihat bahwa Anda maju menuju tujuan Anda setiap minggu.

 

5. Tuliskan semua hasil yang mungkin terjadi.

Duduklah dengan selembar kertas dan pena dan tuliskan setiap hipotetis untuk situasi yang mungkin terjadi yang berhubungan dengan tujuan Anda. Akan ada hasil yang buruk dan juga indah, dan ini akan membantu Anda untuk memecahkan masalah yang mungkin muncul dikemudian hari. Putuskan apa yang akan Anda lakukan untuk memperbaiki setiap situasi, dan secara teratur lihatlah kembali jawaban Anda.

Anda mungkin tidak dapat mengendalikan masa depan, tetapi Anda dapat mengontrol bagaimana Anda menangani apapun yang dilemparkan kehidupan pada Anda. Sepanjang 5 tahun ke depan Anda mungkin mengalami masalah, tetapi orang-orang yang paling sukses beradaptasi dan dapat menghindar dari masalah-masalah ini sambil terus berfokus  dalam mencari solusi.

 

Original: lifehack

oleh Amy Johnson

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *