Ceriwis
mood
Home » Umum » 5 Kebiasaan Pagi Hari Yang Membantumu Bangun Dengan Mood Baik

5 Kebiasaan Pagi Hari Yang Membantumu Bangun Dengan Mood Baik

mood

Tidak semua orang suka bangun pagi. Banyak yang bangun pagi merasa tak bersemangat, mengantuk, dan kesal dengan duniamu yang memaksa untuk bangun. Ini tidaklah harus terjadi, bahkan jika kamu bukanlah orang yang suka bangun pagi.

Fakta bahwa memulai hari dengan mood dan perilaku baik akan membuat harimu lebih produktif, level aktivitas, dan perilaku secara keseluruhan. Kamu akan terkejut dengan cara memberikan dosis mengenai pemikiran positif dapat memberikan keuntungan untukmu sepanjang hari. Bagian terbaik bahwa ini sangat mudah dilakukan, semudah kedengarannya! Berikut adalah Kebiasaan pagi hari yang membuatmu bangun dengan mood baik.

“Orang dengan mood yang baik akan lebih baik dalam memetakan alasan dan penyelesaian masalah secara kreatif.”- Peter Salovey

BERIKUT ADALAH 5 KEBIASAAN PAGI YANG MEMBANTUMU BANGUN DENGAN MOOD BAIK

  1. MEMPUNYAI JADWAL BANGUN YANG SPESIFIK-DAN MENEPATINYA!

Secara sadar, manusia di ciptakan melalui kebiasaan. Menyetel waktu yang spesifik untuk bangun setiap pagi, tidak peduli jam berapapun kamu tidur. Walaupun kamu tidur larut malam atau sesuai jadwal, selalu pastikan waktu yang sama untuk bangun setiap hari. Dan, ya ini termasuk dengan akhir minggu!

Perilaku tidur akhir minggu dan bangun pagi di hari biasa dapat memberikan dampak yang disebut sleep inertia, kondisi dimana otak masih dalam kondisi tidur nyenyak dari waktu akhir minggu dan dipaksa bangun lebih pagi di hari biasa. Ini akan memberikan dampak terhadap otak untuk mengalami penundaan bangun ,dan bisa merepotkanmu.

Sangatlah penting untuk disiplin dengan waktu bangunmu apapun yang terjadi. Memang menggoda untuk menunda waktu bangunmu, tetapi hal ini tidak akan memberikan dampak baik untuk tubuh dan jantungmu. Hal ini bisa menyebabkan sistem tubuh kita menjadi gugup. Jadi sekali kamu mendengar bunyi alarm, langsung bangun dan mulailah harimu. Tubuh dan otakmu mungkin membutuhkan waktu untuk terbiasa, tetapi sekali sudah terbiasa, kamu akan merasa lebih baik.

  1. BERPENAMPILAN BAIK

Ketika kamu merasa lamban di pagi hari, kamu akan mendapati bahwa kamu akan memakai pakaian apapun yang tersedia dengan tergesa-gesa setelah mandi. Ini akan berakhir dengan penampilan yang acak-acakan, rambut kusut, dan perasaan tidak nyaman ketika kamu keluar dari kamar.

Bahkan jika kamu bukanlah tipe orang yang peduli dengan penampilanmu, melakukan sedikit usaha dalam penggunaan pakaianmu akan memberikan tingkatan percaya dirimu, karena kamu terlihat baik, dan kamu akan merasa hebat.

Apakah mencemaskan tentang memilih baju atau melakukan sesuatu yang baik untuk penampilanmu memakan waktu? Persiapkan baju yang akan kamu pakai di malam sebelumnya! Lebih baik lagi kalau kamu mempunyai daftar mix and match yang bisa kamu gunakan ketika membutuhkan ekstra percaya diri.

  1. BEROLAHRAGA

Ini merupakan hal yang masuk akal dari berolahraga di pagi hari ketika kamu bangun walaupun sulit dilakukan. Tetapi banyak keuntungan yang didapatkan dari berolahraga di pagi hari.

Mereka yang berolahraga setidaknya 2.5 jam per minggu akan memiliki tidur yang lebih berkualitas. Tambahannya, mereka sering kali merasa lebih tidak cepat letih dan lebih mudah tertidur. Berolahraga membantu melepaskan hormon endorfin, yang merupakan hormon yang membantumu merasa hebat dan berenergi. Diatas itu semua, kalau kamu ingin mengurangi berat badanmu, olahraga di pagi hari akan memudahkannya.

These advanced yoga poses put a challenging spin on classic moves, and take your practice to the next level.

Kamu tidak harus berolahraga begitu keras untuk melihat manfaatnya. Lakukanlah 30 menit dengan aktifitas olahraga ringan atau bahkan hanya sekitar 10-15 menit yang bisa kamu sediakan, tetap akan memberikan keuntungan positif untuk meningkatkan mood dan membuatmu merasa hebat.

  1. MEMBENTUK KEBIASAAN TIDUR YANG BAIK

Kebiasaan tidurmu akan berpengaruh dengan perasaanmu ketika kamu bangun, jadi mulailah untuk membentuk kebiasan tidur yang baik. Ini akan membantumu untuk lebih mudah tertidur dan memberikan efek istirahat yang cukup, sehingga kamu akan merasa lebih segar dan terinspirasi setiap pagi!

Mulailah dengan selalu tidur di waktu yang sama setiap harinya, dan pastikan itu waktu yang cukup awal. Idealnya kamu membutuhkan sekitar 8 jam sehari untuk tidur. Kamu harus memastikan semua perangkat elektronikmu sebelum tidur, karena cahayanya akan mencegahmu untuk tidur dan mengganggu produksi melatonin.

Kamu juga harus menghindari makan 3 jam sebelum tidur, dan terutama menghindari alkohol. Walaupun alkohol bisa membantumu untuk tidur, ini juga mencegah tubuhmu untuk masuk ke fase tidur terdalam, yang membuat kamu merasa lelah di pagi hari.

  1. MEMULAI JADWAL RUTIN YANG KAMU SUKAI

Terkadang, hanya membutuhkan sesuatu yang sederhana tetapi berarti untuk membantu kamu bersemangat bangun di pagi hari. Ciptakan ritual pagi hari yang bisa kamu lakukan setiap harinya dan lakukan tanpa berusaha menggagalkannya.

morning

Kamu juga bisa melakukan pendekatan positif. Selalu bangun tepat waktu dan membangkitkan semangat sebisamu, sehingga kamu bisa mendapatkan imbalan yang membuat kamu senang dan dinantikan setiap pagi harinya! Berikut beberapa ide yang bisa dilakukan:

  • Mendengarkan musik kesukaanmu
  • Mengajak peliharaanmu jalan-jalan
  • Bermain dengan hewan peliharaanmu
  • Membaca, mendengarkan, atau menonton berita
  • Menikmati sarapan yang lezat
  • Mendengarkan siaran podcast atau buku audio
  • Membaca beberapa halaman buku atau majalah
  • Membuat jurnal harian
  • Menggambar atau mewarnai
  • Berdansa

Apapun itu lakukanlah selama itu membuat kamu bahagia, ini akan memberikan alasan untuk bangun pagi setiap hari.

KESIMPULAN

Memulai harimu dengan mood buruk akan membuat hari dan jadwalmu berantakan. Dengan menciptakan rutinitas yang mendukung 5 kebiasaan baik ini, kamu akan mudah untuk mencegah perasaan lelah dan mengantuk di pagi hari dan menjadi manusia pagi yang kamu tidak akan pernah menyangka!

Yane Pranata

Add comment

window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({flush: true});