Ceriwis
daily-habit

5 Kebiasaan yang Dapat Menambah 12-14 Tahun Hidup Menurut Ilmu Pengetahuan

daily-habit

Semua orang tahu bahwa ini lebih tentang bagaimana kita menjalani kehidupan daripada berapa lama kita menjalaninya.

Namun jika kita memiliki alasan untuk menikmati-bahkan mencintai-hidup, kita terpaksa melakukan apa  saja untuk memastikan kita hidup dengan baik sampai tahun-tahun keemasan.

Ada berbagai nasihat di luar sana untuk melakukannya, dan sulit untuk mengetahui apa yang bekerja dan yang tidak untuk meningkatkan kesehatan dan masa hidup.

Untungnya, sebuah penelitian baru Harvard bertujuan “untuk memperkirakan pengaruh dari faktor gaya hidup pada kematian prematur dan pengharapan hidup dalam populasi AS.”

Studi metadata Harvard, diterbitkan dalam AHA Journal Circulation, adalah salah satu yang terbesar dari jenisnya yang pernah diselenggarakan. Para peneliti mengamati sejarah kesehatan lebih dari 120,000 orang.

Hasilnya tidak semuanya mengejutkan atau terobosan, namun studi ini berfungsi sebagai salah satu penyelaman mendalam yang paling komprehensif tentang apa yang memungkinkan kita menjalani kehidupan yang lama dan sehat. Secara spesifik, para peneliti menemukan bahwa orang-orang yang mengikuti kelima poin pada umumnya hidup 12-14 tahun lebih lama.

Jadi bagi siapa saja yang lebih suka mendasarkan tindakan mereka pada penelitian daripada bersandar pada kebijaksanaan konvensional, terutama ketika kebijaksanaan itu sering salah, penelitian ini tidak boleh diabaikan.

“Menurunkan berat badan tidaklah mudah, tapi apakah itu layak untuk hidup bugar dan sehat agar hidup lebih lama. – Madeline Stuart”

BACALAH ARTIKEL INI TERUS KEBAWAH  UNTUK LIMA KEBIASAAN YANG AKAN MENAMBAH BERTAHUN-TAHUN PADA HIDUP KITA MENURUT PENELITI HARVARD.

  • JANGAN BANYAK MINUM MINUMAN ALKOHOL (1-2 GELAS SAJA SEHARI)

Ya, penelitian menemukan bahwa tidaklah sehat untuk minum alkohol dalam jumlah besar. Tidak mengherankan, bukan? Segala sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan tentu tidak memiliki dampak yang baik bagi tubuh kita.

Mengkonsumsi alkohol dalam jumlah besar telah terbukti menyebabkan segalanya, mulai dari penyakit jantung hingga kanker, selain dari meningkatnya kemungkinan kita akan melakukan sesuatu yang bodoh saat mabuk dan membuat diri kita terluka, yang lebih buruk lagi bila kebodohan itu terlihat di mata umum melalui media sosial (Jangan lupakan bahwa saat ini telah menjadi era millennial dimana segalanya serba canggih dan serba sosial).

Namun, apa yang mengejutkan adalah peneliti telah menemukan bahwa orang-orang minum secara cukupan, tidak lebih dari satu atau dua gelas per hari (sesuatu seperti segelas anggur merah lebih disukai), mungkin sebenarnya lebih sehat daripada mereka yang tidak minum sama sekali.

 

  • JANGAN MEROKOK

Merokok adalah salah satu penyebab utama kematian dan penyakit yang bisa dihindari di AS, jadi tidaklah mengejutkan merokok berada dalam daftar ini.

Nenek saya meninggal karena penyakit paru-paru yang disebabkan merokok selama puluhan tahun. Namun saat itu merokok sangat populer dan resiko kesehatannya tidak dipublikasikan oleh perusahaan rokok.

Saat ini, merokok tidaklah begitu populer dibanding sebelumnya dengan lebih sedikit remaja yang merokok dan lebih banyak orang berhenti merokok. Dan lebih sedikit orang yang merokok, semakin mudah untuk menjauhi godaan merokok.Hasil gambar untuk sucking cigarettes

 

  • BEROLAHRAGA UNTUK MEMPERLAMBAT PROSES PENUAAN

Tidaklah mengherankan bahwa latihan fisik membuat kita hidup lebih lama, karena terbukti mengurangi resiko penyakit jantung dan berbagai penyakit kronis bersama dengan membantu kita mempertahankan kekuatan otot, yang sangat penting seiring bertambahnya usia.

Seberapa lama seharusnya kita berolahraga? U.S. Department of Health and Human Services merekomendasikan 30 menit sehari atau:

150 menit jalan cepat/minggu

75 menit jogging/minggu

2+ kali per minggu latihan kekuatan

Penting untuk diingat bahwa penelitian terakhir mengenai HIIT atau High-Intensity Interval Training telah menunjukkan bahwa bukanlah mengenai berapa lama kita berolahraga tapi mengenai berapa lama kita mempertahankan denyut jantung maksimum (atau berapa tinggi untuk berapa lama), jadi perhatikanlah seberapa intens kita berolahraga karena bahkan 10 menit adalah cukup untuk latihan HIIT harian

Menariknya, para peneliti juga menemukan bahwa latihan fisik sebenarnya memperlambat proses penuaan dalam sel-sel tubuh kita.

  • BERPEGANG TEGUH PADA DIET YANG SEIMBANG

Mungkin poin yang paling tidak mengejutkan dalam daftar, para peneliti telah menemukan bahwa berpegang teguh pada diet yang seimbang sepanjang hidup kita akan membuat kita hidup lebih lama.

Ada banyak informasi di luar sana mengenai apa yang seharusnya dan tidak seharusnya kita makan, tapi rekomendasi dasar dari piramida makanan yang diajarkan pada kita sejak kanak-kanak masih merupakan yang paling relevan dan diandalkan: banyak sayuran dan buah-buahan, daging tanpa lemak dan asupan harian ikan, ayam, telur dan susu, biji-bijian dan sesedikit mungkin gula yang diproses.

Poin yang paling penting diingat adalah kita harus berpegang teguh pada diet yang sehat. Tidak baik untuk bolak-balik antara diet sehat dan tidak sehat. Cobalah menemukan keseimbangan dengan yang tidak sehat dan jangan terlalu condong ke yang sehat secara berlebihan, yang akan membuat menjaga diet mustahil.

 

  • MENJAGA BMI KITA (BODY MASS INDEX)

Sekarang kita melompat ke tips yang paling kurang konvensional dari Penelitian Harvard.

BMI maksudnya adalah Body Mass Index dan sebagian besar mengacu pada berat badan kita, perhitungan yang tepat adalah berat badan dibagi dengan tinggi badan, tetapi kita dapat menghitungnya tanpa mengetahui semua itu menggunakan kalkulator BMI. Para peneliti menyarankan mempertahankan BMI kita di antara 18,5 dan 24,9 tergantung dari tinggi dan berat badan.

Para peneliti menemukan bahwa mempertahankan BMI optimal membantu mencegah penyakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetes dan kanker.

woman-stepping-scale

 

Yane Pranata