5 Langkah Sederhana untuk Mulai Menjalani Kehidupan Luar Biasa Sekarang Juga

lzf via Getty Images

The difference between ordinary and extraordinary is a little bit of “extra”—Anthony Robbins

Saya ingat ketika seseorang akan menyebutkan kata-kata “kehidupan yang luar biasa”, seluruh pemikiran itu tampaknya hanya untuk orang kaya dan terkenal. Gagasan itu sepertinya tidak terjangkau dan hanya berkaitan dengan beberapa orang yang beruntung. Obrolan batin saya akan mengoceh dalam pikiran dan berkata “seolah-olah itu tidak akan pernah terjadi pada seseorang seperti saya.” Apa yang saya tidak pahami adalah bahwa hambatan terbesar yang saya harus atasi itu bukanlah tiba-tiba memenangkan lotre, tapi dengan benar-benar mulai muncul untuk menjalani hidup saya dengan sedikit saja tambahan. Saya akhirnya sadar akan kenyataan dan berhenti menjadi korban. Saya mulai melihat bahwa menjalani kehidupan yang luar biasa bisa benar-benar dicapai dengan berfokus pada hal-hal kecil dalam hidup, membangun satu demi satu petualangan. Menjalani kehidupan yang luar biasa adalah masalah pola pikir yang bisa dicapai siapa pun ketimbang status pemberian. Ada banyak hal yang bisa kamu mulai lakukan sekarang juga yang dapat mengubah apa yang dianggap sebagai kehidupan biasa menjadi kehidupan yang luar biasa.

Inilah lima langkah sederhana yang bisa kamu langsung praktikkan untuk mulai menjalani kehidupan kamu yang luar biasa sekarang juga:

1. Buatlah daftar 100 hal yang ingin dilakukan pada 2016:

Sekarang masih awal tahun, jadi saat ini adalah waktu yang tepat untuk membuat daftar kamu. Ambil selembar kertas dan tuliskan apa saja dan semuanya yang terpikirkan. Dari hal-hal terkecil sampai yang paling ekstrem, semuanya ada dalam daftar kamu. Beberapa item pertama akan mudah karena itu biasanya seberapa jauh kita membiarkan diri kita berpikir, tapi beri diri kamu beberapa waktu untuk menantang pikiran kamu untuk mengisi daftar kamu. Kita begitu mudah terjebak dalam rutinitas kehidupan kita sehingga kita biasanya tidak memberi diri kita izin untuk bermimpi. Tindakan sederhana dalam menulis daftar ini membentangkan imajinasi kamu dan membuka kemungkinan untuk melihat kehidupan kamu dari perspektif yang berbeda.

2. Ubah rutinitas kamu:

Kita adalah makhluk kebiasaan dan ini bisa menyebabkan kita tinggal dalam kenyamanan, seperti meringkuk dengan bantal favorit kamu. Namun, kapan terakhir kali kamu pergi untuk mendapatkan kopi Starbucks dan mencoba latte dengan rasa berbeda? Apakah kamu pernah mengemudi ke tempat kerja dan tiba-tiba menyadari bahwa kamu tidak ingat pernah berbelok, tapi terkejut sendiri menyadari bahwa kamu sudah berada di tempat parkir? Kehidupan kita bisa cenderung berjalan autopilot dan kita menghabiskan sejumlah besar waktu benar-benar kebas dengan apa yang terjadi di sekitar kita. Oleh karena itu, dengan mengubah rutinitas khas kita, kita mulai menjadi lebih sadar akan pengalaman hidup kita sendiri.

3. Pelajari sesuatu yang baru setiap satu atau dua bulan:

Kapan terakhir kali kamu melakukan sesuatu untuk pertama kalinya? Ingat ketika kamu masih kecil dan kamu harus belajar sesuatu yang baru setiap saat? Kamu gugup, gembira, dan sedikit takut ketika kamu pertama kali mencoba naik sepeda. Mungkin, kamu bahkan cukup canggung dan sedikit malu. Tapi setelah kamu melakukannya beberapa kali, kamu mulai paham dan tiba-tiba mendapat dorongan kepercayaan dengan perasaan seolah-olah kamu bisa terbang. Dengan kata lain, kamu ditantang untuk tumbuh. Rasa percaya diri kamu memperoleh dorongan besar, dan tiba-tiba kamu siap untuk menaklukkan dunia. Namun, sebagai orang dewasa kita cenderung tidak membiarkan diri kita untuk bermain dan mencoba sesuatu yang baru. Sangat mudah untuk menunda sesuatu yang selalu kamu ingin lakukan, dengan mengatakan “Saya akan melakukannya kalau”, tapi “kalau” tidak pernah datang. Munculkan sisi anak-anak dalam diri kamu lagi dan pilih sesuatu yang selalu ingin kamu lakukan. Mungkin kelas melukis atau yoga. Begitu kamu mulai mendorong diri sendiri sedikit lebih besar, kamu dengan cepat mengembangkan zona nyaman kamu dan merasa lebih berani untuk berbuat lebih banyak lagi.

4. Bergaul dengan orang lain yang menjalani kehidupan luar biasa:

Selalu ada orang-orang yang bikin kamu penasaran bagaimana mereka melakukannya. Cara terbaik untuk mengetahui apa yang mereka lakukan secara berbeda adalah dengan menghabiskan sedikit waktu bersama mereka. Lihatlah bagaimana mereka berpikir, berbicara, dan bertindak dengan berbeda. Bermimpi Besar itu menular dan sangat memberi energi. Kamu akan terkejut melihat betapa cepat kamu mulai mencoba beberapa hal baru dan merasa lebih percaya diri dalam melangkah keluar dari kehidupan biasa kamu. Jangan lupa, media sosial kamu adalah tempat yang bagus untuk bergaul dengan mereka yang menjalani hidup yang luar biasa. Inilah cara yang bagus untuk mengikuti beberapa orang yang benar-benar inspiratif yang biasanya kamu mungkin tidak bergaul dengan mereka dan mulai membuka pikiran kamu untuk cara berpikir baru.

5. Raih hari ini:

Ada banyak peluang yang terjadi di sekitar kita setiap hari. Perhatikan berapa kali kamu akan benar-benar senang melakukan sesuatu, tapi untuk beberapa alasan kamu mengatakan tidak. Berkali-kali kita mengatakan tidak karena kita merasa kita tidak punya waktu atau uang. Namun kadang-kadang, itu adalah perasaan lebih dalam merasa tidak cukup layak untuk mengalami pengalaman itu. Dan akhirnya, kadang-kadang ini adalah soal rasa bersalah atau perasaan bahwa kita perlu mengorbankan diri kita untuk keluarga kita. Isi cangkir kamu dulu, biarakn kamu menuangkan lebih banyak dari dirimu kepada orang lain, bukan hanya apa yang sisa. Mulailah katakan YA pada satu atau dua hal saja yang mungkin tadinya kamu bilang tidak lihatlah pengalaman kamu mulai mekar.

Kali lain kamu mendapati diri kamu merasa terjebak dalam kehidupan biasa; cobalah setidaknya satu dari langkah-langkah sederhana ini. Sedikit tambahan dalam kebiasaan akan sangat berguna sebelum kamu mengetahuinya, kamu akan memperluas dunia kamu dan menginspirasi tidak hanya dirimu sendiri, tapi orang-orang di sekitar kamu untuk melakukan hal yang sama. Kehidupan yang luar biasa itu menular …. sebarkan. (Keri Stanley)

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *