Ceriwis
Your mind is a powerful thing. When you fill it with positive thoughts, your life will start to change.

5 Teknik Untuk Menenangkan Pikiranmu

“Ketenangan bukan berarti berada di tempat yang tanpa suara,masalah atau bekerja keras.Ketenangan berarti berada di dalam situasi itu semua dan tetap tenang di dalam hatimu”- Unknown

Dalam berbagai situasi, pikiran yang tidak terkontrol telah menyebabkan anak berumur 5 tahun ingin berlarian disekitar jalan kota, setlah sebelumnya hanya berhasil duduk tenang untuk beberapa detik saja dan langsung memiliki keinginan untuk melompat kembali. Jika kamu membiarkan pikiranmu untuk berkelanjutan berlari dalam semenit tanpa di cegah, ini hanya akan menekan tombol kegilaan setelah kamu menemukan bahwa pikiranmu telah terpenjara.

Bagaimanapun juga, kamu dapat membebaskan pikiranmu, bahkan bila itu terlihat sulit untuk dimulai. Manusia adalah mahluk yang mudah beradaptasi, dan dapat mengambil kebiasaan baru dalam hidupnya. Maka, dalam hal ini, otak kita dalam posisi di install ulang karena kita telah membawa sistem operasi yang baru dalam pikiran kita: Kekacauan. Untuk menciptakan ketenangan dalam pikiran kita, kamu hanya tinggal kembali kepada keadaan pikiranmu yang harmonis dan seimbang. Terdengar sulit kah? Inilah beberapa teknik yang bisa membuat kamu kembali mengontrol pikiranmu.

5 TEKNIK UNTUK MENENANGKAN PIKIRANMU

  1. FOKUS TERHADAP ASPEK POSITIF DALAM DIRIMU DAN SEKITARMU

Pendeknya, kita telah secara kolektif menciptakan kekacauan masal dan kebingungan yang kita amati disekitar kita dalam kehidupan sehari-hari dengan pikiran kita. Kita telah membiarkan pikiran negatif mempengaruhi generasi milenial. jadi aspek kehidupan nyata berasal dari produk pikiran kita. Dengan hanya memfokuskan pikiran apa yang membuat kamu tetap bahagia, atau apa yang kamu syukuri, kamu bisa melatih kembali pikiran mu untuk berpikir positif. Konsekuensinya, kamu akan mulai merasa lebih damai karena kamu tidak lagi menyerap begitu banyak unsur negatif dirumu dan sekitarmu. Jangan lupa, energi mengalir dimana perhatian itu ada- kamu bisa mendapatkan kedamaian dengan menciptakan kesadaran dalam pikiranmu.Your mind is a powerful thing. When you fill it with positive thoughts, your life will start to change.

  1. MENGULANG KATA-KATA YANG MENENANGKAN DIRIMU SEPANJANG HARI

Berikan perhatian penuh pada pikiran kamu saat ini… apa pikiran yang terlintas saat ini? Biasanya kamu akan menyadari kebanyakan isi pikiranmu adalah apa yang akan kamu lakukan hari ini, atau seseorang yang telah membuat kamu marah, atau bahkan pikiran yang merendahkan dirimu sendiri. Jangan merasa buruk, dengan begitu banyak energi negative disekitar kita, memelihara agar pikiran kita selalu positif tidaklah mudah. Bagaimanapun juga kamu bisa menghalau itu semua dengan kalimat menenangkan yang sederhana. Kapanpun kamu merasa kecemasan itu datang, mulailah mengucapkan kata-kata yang menenangkan untuk kesadaranmu, seperti Tenang,Damai,Cahaya, Cinta, Relaks, Angin sepoi-sepoi, Pantai. Dua kata terakhir menggambarkan pemandangan, yang kamu bisa gunakan untuk membuat kamu tenang. Kata-kata mengandung banyak makna dan kekuatan, jadi gunakanlah mereka untuk keuntungan kamu ketika kamu merasa tertekan.

  1. MEDITASI MENJADI RUTINITASMU

Kami menyarankan meditasi dalam kehidupanmu untuk alas an yang baik untuk dirimu sendiri. Ketika kamu bermeditasi, kamu akan menghentikan aliran pikiran yang bisa menggangu kesadaranmu dan malah bergerak kearah tempat pikiran dimana keheningan mengambil alih. Ketika kamu tidak harus menghentikan otakmu untuk bermeditasi, banyak orang yang merasa pikiran mereka melambat dengan luar biasa, dan mereka mampu mengobservasi pikiran mereka lebih mudah dengan nafas teratur dan mata tertutup. Meditasi membangkitkan kesadaran dalam tubuh kita dan memudahkan kita untuk menghadapi tantangan hidup kita.

Kalau kamu ingin mendaptakan ketenangan lebih dalam pikiran dan hidupmu, mulailah bermeditasi, atau duduk diam fokus tidak melakukan apa-apa tetapi bernafas teratur selama 10 menit sehari dalam skala rutin. Kamu akan menemukan bahwa pikiran tenang lebih mudah dicapai.

  1. HIDUP UNTUK SAAT INI

Lupakan tugas rutin yang kamu harus lakukan besok setelah kera, atau tagihan yang kamu harus bayar minggu depan, atau ketidakjelasan masa depanmu. Ketika kamu membiarkan pikiran ini masuk kedalam pikiranmu, ini akan menimbulkan penyekit dalam dirimu, yang bisa mengarah ke kecemasan, depresi, stress kronis, dan masalah lainnya. Kebanyakan kecemasan diakibatkan karena hidup memikirkan masa yang lain padahal kita hidup untuk hari ini, jadi biarkan dirimu kembali ke masa sekarang ketika kapanpun  kamu merasa pikiranmu membawamu kemana-mana.

Dengan membiarkan pikiranmu hanya fokus untuk masa sekarang, seperti yang kamu lakukan ketika masih anak-anak, kamu akan merasakan kembali bagaimana rasa tenang dan damai itu.7 Tiny Habits That Can Steal Your Happiness - Power of Positivity: Positive Thinking & Attitude

  1. TINGGALKAN KOTA DAN MERASAKAN KEINDAHAN ALAM UNTUK SEJENAK

Ini bisa berarti makan siang di dekat taman, atau liburan untuk keluar dari tekanan hidup sehari-hari. Apapun bisa kamu lakukan untuk memperkuat ikatanmu dengan alam dan member keuntungan untuk pikiranmu, dan membantu kamu untuk menyadari bahwa kita yang menciptakan tekanan tersebut untuk tubuh dan jiwa kita. Kita diciptakan awalnya dalam keadaan yang harmonis, dan apa yang kita lihat disekitar kita hanyalah ilusi. Ingatlah bahwa alam tidak harus berjuang melalui hidup dan kamu juga tidak harus. Jangan terlalu fokus kepada hal sepele atau duniawi, karena kamu tidak akan merasakan kedamaian daripada hal itu semua.

Kenyataannya, kedamaian itu sudah ada di dalam dirimu, tetapi alam dapat membantumu mengingat ini melalui penghiburan dari kerjamnya kehidupan masyarakat modern.

 

“Tidak ada Wifi di hutan, tetapi aku yakin kamu akan menemukan koneksi lain yang lebih baik”-Unknown

3 Minute Meditation: I create with ease. Try this meditation when you need a burst of creativity or inspiration.

Yane Pranata

Tidak ada komentar