5 Tips Bermanfaat dan Unik Bagi Kamu Yang Ingin Tidur Lebih Nyenyak

OcusFocus via Getty Images

Tanpa tidur yang sesuai, misi kita untuk menghilangkan lemak berubah menjadi episode baru Mission Impossible (dan Tom Cruise tidak akan menyelamatkan kita).

Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam American Journal of Health Promotion, tidur kurang dari 6,5 jam setiap malam mengakibatkan subjek memiliki lemak tubuh yang lebih tinggi.

Sebuah jajak pendapat yang dilakukan oleh yayasan tidur menemukan bahwa 43% orang Amerika jarang mendapatkan tidur malam nyenyak pada malam hari.

Kita tahu tidur itu penting, tapi tidak diikuti oleh tindakan. Kita tahu harus mengurangi kafein pada larut malam, mengurangi minuman keras, berolahraga, dan makan makanan sehat.

Masalahnya bukan kurangnya kemauan atau pengetahuan—tapi kurangnya rutinitas.

Namun, setelah kamu menerapkan lima tindakan yang bermanfaat dan unik ini ke dalam kehidupan kamu secara konsisten, kualitas tidur (dan kehidupan) akan segera membaik.

1. Hilangkan alat-alat elektronik 90 menit sebelum tidur

Dari saat kita bangun, kita memeriksa email, memeriksa media sosial, dan menjelajah internet. Kita terpaku pada layar. Setelah dirangsang oleh alat-alat elektronik sepanjang hari dan malam, tidur bukan tugas yang paling mudah.

Karena lampu biru buatan yang memancar dari layar PC kita, hormon kita (yaitu kortisol dan melatonin) kehilangan jam biologis alami mereka (sekarang masuk akal mengapa lampu polisi berwarna biru—mereka meningkatkan indra kita).

Namun, mematikan perangkat elektronik 90 menit sebelum tidur membantu hormon kamu sesuai jadwal.

Untuk malam-malam di mana kamu harus berada di layar 90 menit sebelum tidur, saya sarankan kamu mengunduh F.lux, yang merupakan program perangkat lunak bebas untuk komputer, tablet, dan layar ponsel kamu di mana cahaya dan kecerahan menyesuaikan diri seiring hari berlalu untuk membantu melindungi kamu.

2. Makan malam besar (tanpa rasa bersalah)

Kamu sudah sarapan dan makan siang berukuran sopan, tapi sekarang saatnya makan malam; bukannya makan makan malam yang mengenyangkan, kamu akan mendengarkan omelan perut kamu selama 4 jam berikutnya sampai waktu tidur.

Tapi, bukannya membuat diri sendiri kelaparan—balikkan pola makan kamu. Makanlah dalam porsi kecil sepanjang hari; saat makan malam datang—jangan takut untuk berpartisipasi dalam pesta pribadi kamu sendiri (dengan makanan sehat saja tentunya!).

Gaya makan ini lebih mudah dalam gaya hidup harian kamu karena tidak memaksa kamu untuk menghindari karbohidrat di meja makan atau membuat kamu merasa kamu harus menggerumit seledri di pesta kantor.

Mungkin terdengar kontraintuitif bila makan karbohidrat pada malam hari, tapi makan karbohidrat pada malam hari memberikan beberapa manfaat seperti meningkatkan relaksasi (yang kita butuhkan setelah bekerja) melalui pelepasan serotonin, yang membantu dalam tidur, suasana hati, dan penurunan berat badan.

Tidak perlu khawatir karbohidrat kamu akan tersalur ke tempat yang salah karena kamu makan karbohidrat setelah pukul 6 sore (rumor tersebut sudah dipatahkan).

3. Buatlah gua tidur pribadi

Sudah waktunya tidur, tapi ada televisi nyala, laptop kamu terbuka dan nyala, dan ponsel pintar dan tablet kamu berada dalam jangkauan lengan.

Apakah sudah waktunya tidur atau kamu cukup pindah dari ruang tamu ke kamar tidur?

Salah satu langkah termudah untuk menjaring tidur yang optimal adalah dengan mengatur kamar tidur kamu. Kamar tidur kamu punya dua tujuan: tidur dan seks.

Untuk memulai gua tidur kamu, tutuplah tirai (pastikan tirai itu gelap), tinggalkan semua alat elektronik di ruangan lain, tidak ada televisi, dan tinggalkan stres kamu di luar pintu.

Tanaman Lidah Mertua, adalah tanaman yang sangat dianjurkan untuk meningkatkan kualitas udara di kamar tidur kamu untuk memungkinkan tidur yang lebih berkualitas.

4. Miliki sedikit (atau banyak) waktu yang seksi

Seperti yang kita sudah bahas sebelumnya, kamar tidur hanya untuk tidur dan seks. Dengan dihilangkannya semua gangguan potensial, kuantitas dan kualitas kehidupan seks kamu mungkin akan diuntungkan (dan siapa yang tidak mau itu).

Selain menghilangkan stres dan membantu menurunkan berat badan, seks memberikan manfaat besar bagi kualitas tidur kamu melalui setiap orgasme yang diperoleh.

Sekali orgasme memengaruhi berbagai hormon positif, terutama Oksitosin. Menurut sebuah penelitian tahun 2003, oksitosin membantu tidur karena efeknya yang menenangkan sementara selanjutnya melawan efek kortisol (hormon stres kita)

5. Tenangkan suara batin kamu

Dari kekhawatiran tentang pekerjaan, hubungan, penampilan kita, latihan kami, apa yang akan kita makan besok, dan tugas-tugas yang harus kita lakukan selama akhir pekan—suara-suara di kepala kita tidak pernah diam.

Dialog internal yang berlebihan itu merepotkan bila menyakut pengaruhnya pada kualitas tidur kita.

Beberapa kegiatan yang bisa dicoba untuk menenangkan suara batin adalah meditasi sedikitnya sepuluh menit, membaca buku (lebih disarankan fiksi atau otobiografi), membersihkan pikiran kamu dengan menulis jurnal, atau mandi santai. (Julian Hayes II)

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *