Ceriwis

6 Cara Untuk Tetap Berpikir Positif

Kadang segala yang terjadi dalam kehidupan kita rasanya bagaikan menerima satu demi satu pukulan.

Atau seolah tersandung kemudian jatuh terguling-guling tanpa akhir di mana kita sepertinya tidak bisa berhenti atau bangkit berdiri. Untungnya semua itu hanya sementara.

Kata-kata terkenal “Habis gelap terbitlah terang,” sungguh tepat menggambarkannya, pada akhirnya penderitaan akan berlalu.

Namun, walaupun kita mengetahuinya, kadang sulit untuk mengingatnya ketika kita sedang jatuh terguling-guling.

Pada saat seperti itulah, penting untuk tetap berpikir positif.

Ketika situasi sedang sulit, menjadi sinis dan pesimis hanya akan memperburuk situasi.

INILAH 6 CARA AGAR TETAP BERPIKIR POSITIF:

  1. MENGINGATKAN DIRI SENDIRI AKAN GAMBARAN HIDUP KESELURUHAN

Apa yang bisa membuat segalanya terlihat lebih buruk adalah bila kita hanya fokus pada hal-hal buruk atau sulit yang terjadi.

Melakukan kontemplasi dan mengingatkan diri kita akan gambaran keseluruhan akan menolong kita menaruh semuanya dalam perspektif.

Itu akan mengingatkan kita bahwa ini hanyalah suatu momen dalam waktu dan tidak selamanya akan begitu.

Tidak peduli betapa sulitnya saat ini, jika kita dapat melihat melampauinya dan mengingat gambaran keseluruhan dari hidup kita, ke mana kita akan pergi, dan apa yang ingin kita alami akan menolong kita menaruh semuanya dalam perspektif.

 

  1. TETAP MENJALANKAN RUTINITAS

Ketika keadaan menjadi sulit, kita gampang sekali kewalahan dan menyerah.

Kita mungkin ingin kembali  ke ranjang dan kemudian melupakan semua aktivitas yang biasanya kita lakukan.

Namun sangatlah penting bagi kita untuk tidak membiarkan diri sendiri melakukan hal tersebut.

Tetap dalam rutinitas akan menjaga pola pikir kita dalam keseharian dan memastikan kita tidak kewalahan lebih lanjut dengan membantu kita fokus pada kewajiban sehari-hari.

Rutinitas bisa jadi menyehatkan untuk menjaga pola pikir positif.

Rutinitas mencegah kita mundur dari dunia kita dan memastikan bahwa kita tetap bertemu dengan orang-orang yang dapat membantu kita, juga melakukan hal-hal yang menjaga kita tetap sehat dan aktif.

Jika ada sesuatu dalam rutinitas kita yang berkontribusi atau menyebabkan masalah, maka pastikan kita bisa menyingkirkannya.

Jika kita tidak bisa, mungkin tambahkan sesuatu yang menyenangkan untuk mengimbangi.

Contoh, jika pekerjaan kita menyebabkan masalah dan kita tidak bisa ganti pekerjaan, maka tambahkan membuat makan malam sehat untuk diri sendiri atau luangkanlah waktu untuk diri sendiri sekali seminggu untuk mengimbanginya.

  1. MENJAGA KESEHATANMU

Tidak hanya naiknya berat badan dan memulai kebiasaan buruk dapat membuat kita merasa lebih buruk, tapi menjaga kesehatan sesungguhnya dapat membantu kita menjaga pola pikir positif.

Para dokter telah membuktikan bahwa diet sehat dan tetap aktif memiliki hubungan langsung dengan kesehatan fisik dan jiwa.

Vitamin dalam makanan yang baik serta pelepasan oksigen dan sirkulasi darah disertai dengan olahraga meningkatkan zat kimia di otak kita yang menimbulkan mood positif.

 

  1. MENEMUKAN HASRAT

Kadang apa yang membuat kita kecewa adalah perasaan di mana kita tidak menjalani kehidupan yang kita inginkan.

Daripada menjadi puas diri dan menerima ketidakbahagiaan sebagai apa adanya, pikirkan baik-baik dan mendalam untuk menemukan hasrat sejati kita.

Jika kita tidak merasa menjalani kehidupan yang diinginkan, kehidupan macam apakah yang kita ingin jalani?

Apa yang ingin kita lakukan setiap bangun pagi?

Ketika kita bisa menjawab pertanyaan itu (pertanyaan sulit yang mungkin butuh waktu lama untuk menjawabnya) mulailah memetakan langkah-langkah yang  layak dan bisa dilakukan untuk  menuju perubahan tersebut.

Yang penting ketika kita mencari hasrat tersebut adalah kita tidak memilihsasaran yang terlalu tinggi.

Memiliki cita-cita yang tinggi itu sangat baik, tapi jika kita tiba-tiba berhenti dari pekerjaan sebagai pengacara untuk menjadi koki terbaik di dunia dalam waktu seminggu, mungkin hanya kekecewaan yang akan kita dapatkan.

Jangan berbuat hal yang terlalu drastis, mulailah dari yang kecil dan majulah perlahan tapi pasti meraih cita-cita tersebut.

Setiap langkah yang dicapai dan setiap hal yang kita bangun menuju hasrat tersebut akan membawa lebih banyak  hal positif dan kebahagiaan dalam hidup kita.

  1. MENYEMBUHKAN LUKA LAMA

Ketika kehidupan membuat kita hancur sangatlah mudah untuk  terus  terbawa .

Setiap kali kita kecewa, terluka, terjebak atau gagal kita akan mengambil pengalaman itu dan sebagian diri kita terus berpegang pada itu.

Kita mungkin bisa move on, kita mungkin memaafkan apapun/siapapun yang melukai kita, tapi kita tidak melupakan itu.

Kita terus membawanya bersama diri kita dalam pengalaman di masa depan, diam-diam berpikir apakah peristiwa itu akan terulang.

Hal itu bisa menjadi Ramalan Swawujud (Self Fulfilling Prophecy).

Antara kita tertarik pada situasi yang serupa, atau kita sendiri yang membuat situasi tersebut karena kita tidak pernah sembuh dari luka lama itu.

Ambil waktu dan sembuhkanlah luka itu.

Mungkin itu adalah pekerjaan impian yang tidak sukses, hubungan yang gagal, sebuah kecelakaan, dll.

Apapun itu, berikanlah diri kita kesempatan untuk bersedih sewajarnya, mengakui perasaan hati kita dan berpisah dengan memaafkan dan memahami gambaran keseluruhan.

Apapun itu, telah menempa kita menjadi diri kita di saat ini. Kita bisa memilih apakah itu adalah pengaruh yang positif-mungkin kita menemukan jalur karir baru yang sebelumnya kita tidak bisa dapatkan- atau negatif, seperti menyerah untuk mencari hasrat baru sepenuhnya.

Sangatlah sulit untuk sembuh dari luka dan kekecewaan masa lalu.

Kita mungkin ingin mencari pertolongan dari ahli kesehatan jiwa profesional untuk menolong kita mengatasi hal itu, terutama jika telah membebani kita terlalu lama.

Jika telah sembuh dari luka lama dan meninggalkan beban tersebut, kita dapat mulai lagi mengalami hal-hal melalui perspektif baru yang berbeda.

  1. MENYESUAIKAN PROSES BERPIKIR

Trik utama untuk berpikir positif sebetulnya adalah dengan menemukan hal positif untuk dipikirkan.

Dimulai dari yang kecil, tapi secara perlahan mengubah respon dan pola pikir di bawah sadar, kita dapat melatih otak kita untuk mulai berpikir positif dengan sendirinya.

Daripada mengamuk ketika seseorang mengemudi terlalu pelan, dalam hati berterima kasihlah padanya karena telah menjadi pengemudi yang hati-hati, bukannya ugal-ugalan.

Daripada jengkel karena restoran kehabisan menu favorit kita, lihat saja sebagai kesempatan untuk mencoba sesuatu yang baru.

Lambat laun, perubahan kecil di bawah sadar ini akan mulai mempengaruhi perspektif kita secara keseluruhan.

Apa yang mungkin menjadi pukulan berat ketika pekerjaan impian kita tidak sukses, sekarang menjadi kesempatan agar kita tidak terjebak dalam pekerjaan tanpa jenjang karir yang kita benci, untuk mencoba hal baru yang  mungkin kita betul-betul nikmati.

Apa yang seharusnya putus hubungan yang menyakitkan, masih menyakitkan, tapi kita tahu bahwa ini adalah kesempatan untuk menemukan pasangan serasi yang lebih memenuhi kebutuhan.

Berpikir secara positif dapat mengubah hidup kita.

Tidak hanya itu akan meningkatkan kesehatan jiwa, emosional dan fisik, tapi juga akan membuka dunia kita pada berbagai kemungkinan dan membuat kita lebih tabah menghadapi masa sulit.

 

Yane Pranata