Entertainment

7 Artis ini dulunya pemakai narkoba loh!

Ceriwis – Tak bisa dipungkiri, dunia hiburan memang lekat dengan kegemerlapan yang kemudian muncul stigma negatif dari masyarakat. Apalagi ketika banyaknya artis yang tertangkap tangan oleh pihak berwajib menggunakan narkoba. Nama-nama yang sebelumnya tak pernah diduga-duga ternyata dinyatakan positif pengguna bahkan sudah dilakukan bertahun-tahun.

Tak hanya nama besar mereka yang tercoreng, karier yang sudah dibangun susah payah selama bertahun-tahun bahkan harus runtuh seketika. Meskipun begitu, bukan berarti tak ada kesempatan bagi para seleb ini untuk membangun kembali karier mereka dan bangkit dari keterpurukan.

Pengalaman pahit sebagai pengguna narkoba yang membuat mereka harus kehilangan berbagai hal dalam hidup menjadi pembelajaran untuk bangkit meraih kepercayaan lagi dari banyak pihak. Kini mereka justru bisa lepas dari jeratan barang haram tersebut dan memantapkan kariernya sebagai publik figur yang banyak menjadi panutan.

Cerita-cerita tersebut bahkan kerap mereka bagikan untuk memotivasi generasi muda agar menjauh dari narkoba. Siapa saja mereka? Ceriwis sudah merangkum tujuh seleb yang dulunya ternyata pengguna narkoba dari berbagai sumber, Rabu (28/2).

1. Kirana Larasati.

Kirana Larasati sudah menjadi seorang pengguna narkoba sejak usia 18 tahun selama hampir tiga tahun lamanya. Ia juga mengaku menjadi pencandu berat minuman beralkohol. Kirana mengaku menggunakan obat-obatan terlarang dan alkohol sebagai pelarian di tengah tekanan hidup tinggi. Bertahun-tahun menjadi seorang pengguna narkoba dan pecandu alkohol akhirnya membuat seleb kelahiran 1987 tersebut tersadar bahwa menggunakan barang haram itu bukanlah jalan untuk menyelesaikan masalah. Dengan kemauannya sendiri setelah bertemu dengan seorang teman lamanya yang sudah sembuh, ia bertekad keluar dari jeratan barang tersebut hingga di tahun 2012 lalu ibu satu anak tersebut sudah benar-benar bersih.

2. Abdel Achrian.

Dikenal sebagai seorang komika dan presenter program acara Islam bersama Mamah Dedeh, siapa yang menyangka jika Abdel Achrian dulunya seorang pecandu narkoba jenis putauw. Abdel menjadi pecandu pada 1994-2000 setelah ia lulus dari perguruan tinggi. Menjadi seorang pecandu membuatnya harus keluar masuk rehabilitasi selama enam tahun lamanya. Selama itu pula Abdel rela kehilangan teman, tabungan hingga pekerjaan sebagai manager grup lawak Bagito saat itu. Nasihat ibunya sebelum meninggal menjadi pemicu Abdel untuk sembuh dan keluar dari jeratan barang haram tersebut. Akhirnya ia bisa kembali hidup bermasyarakat dan menata karier keartisannya.

3. Baim Wong.

Sepuluh tahun yang lalu Baim Wong pernah merasakan bagaimana rasanya menjadi pengguna narkoba dan minum minuman beralkohol. Aktor kelahiran 1981 tersebut memang mengakui masa lalu yang kelam sebagai anak muda yang nakal dan bandel. Usahanya untuk keluar dari jeratan barang haram tersebut tidak mudah. Di tengah-tengah usahanya untuk berhenti ia kerap sesekali mencoba menggunakannya lagi. Meskipun begitu, nasihat sang ayah yang berhasil menyadarkan mantan kekasih Marshanda ini untuk bisa benar-benar lepas dari narkoba.

4. Robert Downey Jr.

Tumbuh dilingkungan rumah dikelilingi dengan obat-obatan terlarang yang mudah diakses membuat Robet Downey Jr sudah akrab dengan berbagai jenis narkoba dari kokain, heroin, ganja dan obat-obatan lainnya. Ia bahkan mulai mencoba mengisap ganja ketika berusia enam tahun dan terlibat masalah serius pada usia 22 tahun. Tahun 1996-2001 dihabiskan pemeran Tony Stark tersebut keluar masuk penjara dan rehabilitasi guna melawan kecanduan narkoba yang dideritanya. Akibatnya, karier yang sudah ia bangun runtuh seketika. Tahun 2002 kemauan aktor kawakan tersebut untuk sembuh berbuah manis. Sejak saat itu hingga sekarang ia dikenal sebagai salah satu aktor Hollywood yang diperhitungkan.

5. Oprah Winfrey.

Sejak usia 20 tahun Oprah Winfrey mengaku bahwa dirinya adalah pencandu narkoba. Pengakuan tersebut terlontar dari perempuan berusia 64 tahun ketika ia menjadi bintang tamu pada salah satu program televisi di tahun 90-an. Masa lalu tersebut menjadi pembelajaran berharga bagi seorang Oprah, ia berjuang untuk keluar dari keterpurukan hingga akhirnya benar-benar bisa keluar dari lubang hitam tersebut. Kini, Oprah Winfrey menjadi salah satu publik figur terkaya di dunia. Ia bahkan dinobatkan sebagai salah satu wanita paling berpengaruh di dunia versi majalah Time.

6. Angelina Jolie.

Angelina Jolie juga pernah terjerumus ke dalam pusaran obat-obatan terlarang. Pada wawancaranya bersama sebuah majalah di tahun 1998, mantan istri Brad Pitt ini mengaku pernah menggunakan kokain, heroin, ekstasi dan obat-obatan lainnya saat masih muda. Namun masa lalu buruk itu sudah lama ia tinggalkan dan kini Jolie menjadi salah satu seleb Hollywood yang banyak memberikan inspirasi lewat karya dan perilakunya.

7. Drew Barrymore.

 

Sebelum tenar menjadi aktris dan sukses berkat aktingnya dalam film Charlie’s Angels. Drew Barrymore memiliki masa lalu yang kelam. Ia sudah merokok pada usia sembilan tahun, menjadi pecandu alkohol di usia 11 tahun, merokok ganja pada usia 12 tahun dan kecanduan kokain saat usia 13 tahun. Dua kali ia menjadi penghuni pusat rehabilitasi dan pernah mencoba bunuh diri saat usia 14 tahun. Masa lalunya tersebut itu sudah lama ia tinggalkan sejak mulai dipercaya menjadi salah satu aktris masa depan di dunia perfilman Hollywood.

Comments

Popular

To Top