7 Cara Ampuh Bagi Pasangan Agar Dapat Memahami Perbedaan.

Perbedaan pendapat tidak akan menghancurkan suatu hubungan. Tapi bagaimana pasangan dapat memahami perbedaan dan saling menghargai adalah hal yang paling penting.

Dalam suatu hubungan perbedaan pendapat dan pandangan adalah hal yang biasa, tidak ada pasangan yang sempurna, tapi bagaimana pasangan dapat menyempurnakan satu sama lain untuk menjadi sempurna. Perbedaan antara pasangan yang bahagia dan pasangan yang tidak bahagia adalah dimana mereka bisa mengatasi ketidakcocokan mereka atau dengan kata lain bisa menutupi kekurangan-kekurangan pasanganya dengan cara mengerti dan memahami satu sama lain. Kita harus menggunakan kepala dingin agar kita dapat membuat suatu keputusan yang adil dan tepat.

Hubungan yang baik bukan hanya cerita yang indah-indah saja, tapi dimana cerita tentang kesusahan mereka yang mereka hadapi bersama-sama.
Apapun hasil yang mereka peroleh dari keputusan yang telah mereka buat, mereka masih bisa mengatakan “aku sayang kamu” walaupun keputusan itu tidak membuahkan hasil yang mereka harapkan. Dan menyayangi pasangan bukan dengan mengungkapkan kata-kata sayang saja di setiap harinya. Tetapi juga menunjukan hal-hal yang membuktikan kalau anda benar-benar menyayangi pasangan anda dan menunjukan perikaku anda sebagaimana layaknya seorang pasangan yang saling menyayangi.

Berdasarkan pengalaman bersama Angel selama 15 tahun silam. Kami banyak membantu ribuan pasangan di seluruh dunia tentang bagaimana cara agar kita dapat mengerti satu sama lain. Dan menyatukan pendapat mereka agar bisa mendapatkan keputusan yang sama.

1. Keduanya mempunyai tanggung jawab.

Ketika anda tidak mau bertanggung jawab disetiap ketidakcocokan. Yang anda lakukan hanya menyalahkan satu sama lain, dan apabila anda tidak mau

terima tuduhan dari pasangan anda sama saja anda memperpanjang argumentasi yang panas antara anda dan pasangan anda, dan itu akan mengurangi komunikasi yang baik diantara kedua belah pihak.

Bertanggung jawab atas perbuatan yang telah kita lakukan. Bertanggung jawab atas hubungan yang anda jalani dalam suka dan duka. Bekerja samalah dengan pasangan anda. Berkomunikasilah!! Saling menyalahkan tidak akan menyelesaikan masalah, sebaliknya. Hadapi masalah bersama.

2. Berkomitmen menghadapi suatu masalah dengan positif.

Sering kali kita lebih memilih berlari dari suatu permasalahan, apalagi anda bukan tipe orang yang konfrontif, tapi ingat!! Ini bukan mengenai bagaimana anda mengatasi suatu permasalahan tentang perbedaan pendapat diantara kedua belah pihak. Tapi ini tentang pengertian yang diperlukan tiap pasangan agar hubungan bisa berjalan langgeng dalam waktu yang lama. Kedua pasangan harus berkomitmen

Tentang bagaimana mengatasi masalah yang terjadi diantara mereka. Karena lari dari permasalahan hanya akan menambah masalah untuk kedepanya.

Ada satu cara ampuh bagaimana anda bisa mengurangi masalah tentang perbedaan pendapat antara kedua belah pihak. Apabila anda berbicara kepada pasangan anda, gunakanlah kata kata yang positif. Hubungan dapat berkembang apabila kedua belah pihak dapat berbagi rasa dan pendapat dalam segi yang positif.

Ada satu metode yang sangat efektif dan kita bisa lakukan disaat argumentasi sedang berlangsung, berusaha menghindari kata “saya”. Ini adalah cara yg efektif untuk meredakan suasana yang panas dalam suatu argumentasi antara anda dan pasangan anda. Daripada anda mengatakan “kamu salah” lebih baik anda mengatakan “saya tidak mengerti” atau mengatakan “sering kamu” itu lebih baik daripada “kamu selalu”. Dengan merubah kata kata tersebut anda akan melihat dan merasakan
Perbedaan pasangan anda dalam reaksinya.

3. Berusaha memusnahkan perbedaan pendapat antara kedua belah pihak, bukan menjatuhkan satu sama lain.

Beda pendapat dengan pasangan adalah hal yang wajar begitu juga dengan argumentasi, karna ini adalah hak masing masing dalam memberikan pendapat mereka. Akan tetapi ketika argumentasi sedang berlangsung, hindarilah kekerasaan, ini akan mengakibatkan dampak yang tidak baik bagi anda berdua. Walaupun kita tidak dapat berfikir dengan fikiran yang jernih dan tenang karna keadaan yang sangat panas disaat itu, cobalah menarik nafas dalam-dalam dan mengingatkan diri sendiri kalau anda dan pasangan anda berada di tim yang sama. Selalu berikan semangat dan perhatian terhadap pasangan anda, walaupun anda jarang bertemu. Jangan melimpahkan rasa stres terhadap pasangan anda yang anda dapatkan diluar hubungan anda dan pasangan anda.

Tetap fokus pada permasalahan yang anda miliki. Berusaha memecahkan masalah bersama sama dengan cara membicarakannya terlebih dahulu agar mendapatkan jalan keluar atau keputusan yang bisa diterima dan tidak memberatkan satu sama lain.

4. Memperbaiki komunikasi antara anda dan pasangan anda.

Pasangan anda bukanlah orang yang bisa membaca pikiran anda. Berbagilah tentang pendapat anda dan jangan menutupinya. Beri dia apa yang dibutuhkanya, daripada mengiming-imingi apa yang di inginkan. Mulailah berkomunikasi dengan pasangan anda secara perlahan agar pasangan anda dapat mengerti. Janganlah berusaha membaca pikiran pasangan anda dan sebaliknya juga jangan biarkan pasangan membaca pikiran anda, apabila terjadi itu karna ada rasa curiga dari ketidakterbukaan terhadap pasangan anda. Suatu masalah baik yang besar maupun yang kecil itu terjadi karena buruknya komunikasi antara anda dan pasangan yang bisa membuat pasangan anda marah. Disaat anda sedang mendiskusikan suatu permasalahan dengan pasangan anda dan menemukan titik dimana anda yang benar dan pasangan anda yang salah, biasanya anda tidak mau mengalah karna pendapat anda yang benar dan anda selalu berharap kalau pasangan anda juga memiliki pendapat yang sama. Tetapi cobalah untuk mengalihkan topik pembicaraan, karna kalau anda bersikeras mengenai pendapat yang anda miliki, sama saja anda sedang menjatuhkan dan merendahkan pasangan anda sendiri.

5. Menutupi kekurangan masing-masing.

Membiarkan pasangan menutupi kekurangan yang dimilikinya dan tidak membuka aib pasangan anda. Itu adalah hal yang harus kita lakukan. Karna orang yang berpasangan harus bisa menutupi kekurangan yang terdapat pada pasangan anda demi menjaga nama baik bersama.

Dalam beberapa saat kita sering kali mendapatkan mood yang tidak baik, atau hari yang sial. Sebagai pasangan, janganlah diambil hati dengan kata kata yang kasar dan tidak masuk akal.

Apakah anda benar-benar ingin mengetahui tentang hubungan yang baik dan indah? Dimana ada pasangan yang setiap pagi bangun bersebelahan dan sama sama mengatakan ” saya sangat bahagia, kamu amat sangat berharga, saya sangat bahagia bersamamu” ini adalah cinta sejati. Dan inilah cerita dimana pengorbanan anda akan membuat pasangan anda tersenyum.

6. Rela berkorban untuk pasangan anda.

Pasangan yang paling berbahagia adalah pasangan yang mendapatkan rasa cinta kasih yang tulus dari pasanganya. Cinta yang tulus adalah dimana seorang pasangan dapat memberikan perhatian yang lebih, dan bisa menerima pasangannya dengan apa adanya. Cinta yang tulus juga bisa dinilai dari bagaimana pasangan anda mau melakukan suatu pengorbanan bagi pasangannya.

Perhatikan dan dengarkan disaat pasangan anda sedang memberikan pendapatnya. Simaklah pendapat pasangan anda seperti anda sendiri yang memberikan pendapat anda, dan jangan berkomentar. Tempatkanlah posisi anda sebagai pasangan anda, walaupun anda kurang mengerti dan tidak menyetujui dengan pendapat pasangan anda. Anda tetap harus bisa menghormati pasangan anda dan pendapat yang dimilikinya.

7. Saling mengerti dan tidak memaksakan kehendak atas perbedaan.

Lagi dan lagi, perbedaan pendapat tidak menjamin hancurnya dari suatu hubungan, dan bagaimana mereka mengatasi perbedaan pendapat dan berusaha menyatukanya agar bisa mendapatkan hasil yang diinginkan.

Banyak pasangan membuang waktu dengan niat merubah pasanganya agar bisa menjadi sosok pendamping yang diinginkanya. Tapi itu belum tentu berhasil, karna setiap orng belum tentu mempunyai pola fikir yang sama. Berjuang mempertahankan agar dapat mengikuti dan bersependapat
Dengan keinginan yang anda miliki sama saja membuang waktu anda dan itu sama saja anda merusak hubungan anda secara perlahan.

Bagaimana cara agar kita dapat memecahkan masalah dalam perbedaan pendapat secara baik dan tanpa adanya perdebatan dengan pasangan anda? Mereka harus bisa menerima satu sama lain, pasangan harus bisa memahami satu sama lain jangan mementingkan diri sendiri dan ini sebagian cara agar anda menjalani hubungan dalam waktu yang lama, dengan cara yang sama juga. Apabila terjadi suatu permasalahan yang fatal tapi anda tidak perlu khawatir, karna semakin lama anda menjalin hubungan dengan pasangan anda, dengan sendirinya anda semakin mengenal pasangan anda. Mengatasi sebuah masalah yang anda hadapi. Anda tidak menginginkan yang namanya masalah, yang bisa kita lakukan adalah berusaha menghindari. Supaya masalah ittu tidak menimpa kita. Kita pun harus mempersiapkan cara mengatasi masalah itu apabila
kita benar benar tertimpa masalah itu.

Psikolog dan Wile berkata dalam buku “after the honeymoon” di waktu anda memilih pasangan hidup anda dan disaat itulah masalah akan menghampiri anda tiada henti selama puluhan tahun kedepan bahkan sampai anda dipanggil Sang pencipta.

Jadi pada inti dari cerita ini adalah – berjuanglah bersama cinta sejati anda, dan jangan berusaha merubah pasangan anda menjadi seseorang yang bukan dirinya. daripada mengusahakan perubahan itu lebih baik memberi pasangan anda cinta kasih dan perhatian agar bisa menjalani hubungan dengan apa adanya.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *