Ceriwis
Banner, for Hearty mornings AllstateBanners.com

7 Langkah di Pagi Hari untuk Meningkatkan Motivasimu

Banner, for Hearty mornings AllstateBanners.com

Apakah kamu tahu bahwa motivasi adalah sesuatu yang mudah kamu usahakan? Mari kita coba mengadaptasi beberapa contoh rutinitas dipagi hari ini dan kamu tidak akan mengalami masalah lagi dengan memotivasi dirimu untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Pagi hari akan membentuk suasana hatimu sepanjang hari.

Pertama-tama mari kita definisikan terlebih dahulu motivasi itu apa, ini adalah kondisi dimana kita bersemangat untuk bertindak atau bekerja. Ini sangat sederhana dan kita sering memiliki masalah dengan motivasi, yang sepertinya motivasi hanyalah untuk segelintir orang saja yang bisa niat untuk melakukannya.

Jadi bagaimana caranya kita menemukan motivasi, bagaimana sih caranya supaya kita lebih bersemangat untuk bekerja? Kita memerlukan pola pemikiran yang tepat untuk tubuh kita, rutinitas pagi hari yang baik akan membantu kita untuk siap menghadapi hari dengan kemungkinan terburuk sekalipun.

Ini akan menjadi hari pertama dari sisa hidupku yang akan menyenangkan.

  1. BANGUN TEPAT WAKTU

Selalu biasakan dirimu untuk bangun tepat waktu setiap harinya , paling tidak 2 jam sebelum waktunya meninggalkan rumah untuk bekerja. Ini akan memberikan kamu waktu yang cukup untuk semua rutinitas pagi harimu dan akan mengirim pesan ke pikiranmu untuk mulai menghangatkan mesin otakmu dan bersiap untuk pergi berkerja.

morning motivation

Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk menyiapkan fisik dan mentalmu untuk mempersiapkan harimu. Membentuk sebuah kebiasaan untuk bangun lebih pagi akan memberikan dampak yang lebih besar untuk produktivitasmu.

  1. MENGAMBIL CAHAYA MATAHARI KEDALAM RUMAHMU

Cahaya akan mengirimkan sinyal untuk tubuhmu bahwa pagi hari sudah tiba dan ini merupakan waktu untuk bangun. Nyalakanlah lampu dalam rumahmu jika sinar matahari masih malu-malu untuk menyapa di pagi harinya. Sinar matahari yang masuk ke dalam pencahayaan rumah akan memberikan semangat dan suasana hati yang cerah untuk kamu bisa memulai harimu dengan lebih ringan dalam melangkah.

  1. SELALU TERHIDRASI

Meminum air yang cukup setiap harinya akan membantumu dalam menyiapkan harimu. Setelah tidur semalaman tanpa ada asupan cairan maka sudah sepantasnya kita meminum air yang cukup dipagi harinya untuk memenuhi kebutuhan cairan harianmu. Kalau kamu merasa buruk dipagi hari,kamu bisa melihat daftar ini untuk mendeteksi dehidrasi ringan:

  • Pusing
  • Sakit kepala
  • Letih
  • Mulut kering, bibir dan mata

morning motivation

Terdengar familier? Tidak heran kamu tidak merasa termotivasi, jangan lupa membiasakan dirimu untuk minum 2-4 gelas air putih ketika kamu bangun di pagi hari dan lihatlah bagaimana tubuhmu akan bereaksi.

Kalau kamu mempunyai kesulitan untuk minum air putih, kamu bisa juga mencoba untuk membuat Air detox dengan buah-buahan dan daun mint segar yang terasa enak dan sehat untuk tetap terhidrasi.

  1. TUBUH YANG AKTIF

Olahraga ringan merupakan contoh kebiasaan yang baik dilakukan dalam rutinitas di pagi harimu. Selama tubuhmu dalam kondisi tidur, tubuh tidak terlalu banyak bergerak dan akan terasa kaku dan berat. Bila kamu mencoba untuk berolahraga untuk meningkatkan sirkulasi tubuh dan otak, sehingga bisa meningkatkan metabolisme dan melepaskan hormon endorfin  yang akan membuat tubuhmu merasa luar biasa.

Jika kamu tidak mempunyai kebiasaan untuk berolahrga walaupun hanya sekedar olahrga ringan sekitar 30 detik lari ditempat, mulailah untuk terbiasa melakukan peregangan ringan di pagi hari akan sangat berguna dan penting untuk memanaskan tubuhmu agar siap menghadapi hari. Alriran darah akan terjalin dengan baik dan kamu akan terpana bagaimana konsentrasimu akan meningkat ketika berkerja.

  1. BUATLAH CATATAN DI PAGI HARI

Terlepas dari bertapa pentingnya untuk membuat tubuhmu aktif  di pagi hari, jangan lupa juga untuk mengaktivasi otakmu. Kebanyakan dari kita mempunyai kebiasaan untuk memulai hari dengan membaca atau memasukan informasi ke dalam otakmu. Hal ini akan membuat otakmu sedikit malas. Cobalah untuk menuliskan pemikiranmu sendiri, dan buatlah ini menjadi rutinitas di pagi harimu setiap harinya sekitar 15 menit. Tulislah semua pemikiran dan perasaanmu, apapun yang terlintas dalam pikiranmu, baik atau buruk, dalam sebuah kertas atau buku jurnal. Tujuan dari cara ini adalah untuk melepaskan segala beban pikiran dan emosi yang ada dalam pikiranmu. Janganlah kuatir tentang apa yang kamu tulis atau bagaimana itu terlihat,yang terpenting adalah kamu bisa menyalurkan perasaan dan pikiranmu sehingga kamu terbebas dari segala beban stress yang ada. Lihatlah seperti ini bahwa kamu bukan membuat sebuah karya tetapi kamu hanya membersihkan kepalamu.

 

Banyak manfaat yanmorning motivationg akan kamu dapatkan dari menuliskan pemikiranmu di pagi hari. Ini akan membuat otakmu lebih aktif, dan membantu menyusun pemikiranmu, membersihkan perasaanmu dan meningkatkan motivasimu.

  1. SELALU SARAPAN

Kamu harus selalu mengisi tubuhmu dengan sarapan tanpa terkecuali, kebiasaanmu adalah harus makan secara sehat, dengan sarapan bernutrisi setiap pagi.

Kamu akan merasakan perubahannya dan kamu akan merasa memiliki banyak tenaga dan otakmu akan bekerja dengan lebih baik lagi. Contoh sederhananya, kamu bisa memulai harimu dengan sarapan telur atau oatmeal dengan berbagai macam buah segar sebagai toppingnya untuk membantu memenuhi kebutuhan energimu setiap pagi.

  1. KATA-KATA MOTIVASI

Jangan lupa ketika kamu hendak melangkah keluar dari rumahmu, kamu harus selalu menanamkan pemikiran kata-kata positif dalam pikiran dan mengatakannya kepada dirimu sendiri. Bahkan jika kamu tidak percaya akan kekuatan kata-kata, tetaplah melakukannya, paling tidak mood dan rasa percaya dirimu akan meningkat.

Contohnya, kamu bisa mengatakan hal-hal ini ketika kamu hendak keluar rumah:

  • Aku adalah seorang yang pintar, kreatif dan kompeten. Hari ini aku akan melakukan yang terbaik dan semua itu akan cukup bagiku.
  • Aku akan melakukan yang terbaik hari ini.

Perkataan yang positif akan membuat kamu lebih tenang dalam menghadapi hari-harimu dan akan merasa bahwa motivasimu akan meningkat hari demi hari.

morning routine motivation

Wah ternyata cukup mudah ya untuk kamu memotivasi dirimu dengan melakukan hal-hal ini setiap pagi hari, kamu akan melihat perkembangan yang terjadi dalam hidupmu, dan kamu akan merasa lebih baik setiap harinya. Selamat mencoba ya!

 

Yane Pranata