Ceriwis
heart attack
Home » Umum » 7 Tanda Peringatan Serangan Jantung Pada Wanita Yang Seharusnya Tidak Diabaikan

7 Tanda Peringatan Serangan Jantung Pada Wanita Yang Seharusnya Tidak Diabaikan

heart attack

Kamu mungkin berpikir bahwa pria dan wanita mengalami gejala yang sama sebelum terkena serangan jantung. Menurut studi yang dipublikasi di 2003, ini adalah sepenuhnya salah, dan sekarang para ilmuwan dan profesional medis positif bahwa tubuh wanita menunjukkan tanda peringatan yang berbeda dari pria.

Pusat Kontrol Penyakit dan Tingkat Preferensi yang mendekati 25% dari kematian di Amerika disebabkan oleh penyakit jantung. Pertumbuhan 735.000 dari pengalaman seluruh warga Amerika terkena serangan jantung. Lebih dari seperempatnya melibatkan orang yang sudah pernah terkena serangan jantung sebelumnya.

Lebih aman untuk mengatakan berkembangnya resiko serangan jantung signifikan, dan kamu seharusnya mengambil langkah untuk dirimu sendiri. Jangan biarkan dirimu lepas dari penjagaan karena kamu pikir serangan jantung adalah sakit dada yang mana tidak biasa terjadi pada wanita. Berikut adalah beberapa tanda peringatan serangan jantung pada wanita yang tidak seharusnya diabaikan.

7 TANDA PERINGATAN SERANGAN JANTUNG PADA WANITA YANG TIDAK SEHARUSNYA DIABAIKAN

  1. SAKIT PADA TUBUH BAGIAN ATAS

Ada variasi pada jenis sakit badan yang berkembang sebelum kamu mendapatkan serangan jantung. Menurut dokter medis, cardiologist, dan Penulis Buku Babra Streisad Women’s Heart Center  C. Noel Bairey Merz, tipe tidak biasa yang tidak nyaman pada tubuh bagian atas tidak seharusnya diabaikan. Tindaklanjuti sakitmu dengan serius!

Tidak semua sakit terfokus pada bagian dada ketika ada masalah cardiac. Jenis sakit ini sering disebut yang pada dasarnya berasal dari daerah yang berbeda. Sebagai tanda peringatan serangan jantung, itu terjadi lebih sering pada wanita dibanding pria. Berikut adalah beberapa jenis rasa sakit yang perlu diperhatikan :

  • RAHANG

Nyeri pada rahang dan mati rasa bisa menjadi gejala awal serangan jantung. Bisa terasa seperti gigi atau gusi kamu mati rasa seolah-olah kamu baru pulang dari dokter gigi dengan anastesi masih kuat terasa.

  • PUNGGUNG

Rasa sakit di punggung bagian atas terutama di bagian antara tulang belikat, adalah karakteristik dari serangan jantung. Bisa terasa tajam, atau surut dan mengalir dan mungkin disertai dengan jenis rasa sakit lainnya.

  • TANGAN

Paling umum terjadi di sisi kiri, rasa sakit di bahu dan lengan adalah gejala yang umum dari serangan jantung. Kadang-kadang meskipun tidak cukup menyakitkan, sebagai gantinya mati rasa yang datang dan pergi.

  • LEHER

Nyeri leher terkadang disertai dengan nyeri rahang dan menandakan kemungkinan serangan jantung di cakrawala.

  • TELINGA

Meskipun  kurang umum, sakit telinga terutama ketika disertai dengan sakit leher dan rahang bisa menjadi tanda serangan jantung karena sensitivitas telinga.

Jenis rasa sakit atau sakit yang menjadi tanda serangan jantung berbeda tiap orang. Bagi sebagian orang, hal itu dapat terjadi tiba-tiba dan cepat. Bagi yang lain, hal itu terjadi dengan bertahap lalu kemudian memburuk, atau datang dan pergi.  Semua rasa sakit yang tidak biasa harus diperiksakan ke dokter.

 

  1. MASALAH PERNAFASAN

Nafas yang pendek biasa menjadi gejala serangan jantung. Ini terjadi sebagai hasil dari penutupan arteri, yang membatasi transportasi oksigen disekitar sistem tubuh. Sebagai tambahan, jantung yang berada di ambang serangan jantung tidak akan cukup kuat untuk membantu mendorong darah melalui arteri ini. Ini akan menyebabkan penumpukkan cairan di paru-paru, sehingga menyebabkan masalah pernapasan.

 

Ada beberapa cara tanda peringatan ini dapat terjadi pada kamu. Untuk beberapa orang, mereka mungkin terlihat sesak napas/ ini terjadi ketika aktifitas minor seperti ketika kamu mengerjakan pekerjaan rumah, atau saat melakukan kegiatan kecil seperti meeting atau bahkan ketika kamu berbaring dan istirahat.

Kamu juga mungkin perlu untuk tetap di dalam posisi lurus saat berbaring tidur sehingga kamu dapat berpanas lebih lega. Kamu mungkin menemukan bahwa kamu kesulitan mengambil nafas yang dalam dan panjang. Sebagai tambahan, kamu mungkin kesulitan untuk bernafas. Secara esensial kamu akan merasa seperti memanjat gunung padahal kamu tidak bergerak banyak.

Kesulitan bernafas selalu menjadi tangga potensi bahaya medis dan itu dapat berarti kamu mengalami serangan jantung. Segera pergi ke dokter secepatnya.

 

  1. BERKERINGAT

Ada alasan positif yang jarang untuk berkeringat dimana saja. Gejala yang tidak terduga dan terlihat random bisa jadi tanda besar bahwa serangan jantung sedang terjadi. Ini terasa seperti berhubungan dengan stress ,padahal kebalikan dari keringat yang kamu dapatkan ketika sedang olahraga atau dalam cuaca panas.

 

Keringat ini juga mungkin dingin dan membuat kamu merasa gugup, atau disertai gelisah. Dalam kasus ini, sangat disarankan kamu periksa ke dokter secepat mungkin. Sebagai tambahan, keringat dingin yang tiba-tiba disertai dengan pusing adalah gejala dari 40% wanita yang akan mengalami stroke, jadi bahkan jika itu bukan serangan jantung, itu bisa jadi yang lain.

  • Jika kamu bukan orang yang sering berkeringat , dan kamu tidak sedang didalam cuaca panas, olahraga, atau sedang melalui kondisi panas, bicarakan dengan dokter secepatnya.
  • Berkeringat tiba-tiba terutama ketika dingin adalah contoh sederhana dari pertanda buruk.
  • Pusing yang mendadak atau tiba-tiba disertai keringat harus selalu disertai tindakan telepon 911.

  1. MUNTAH MUAL DAN MASALAH PENCERNAAN

Studi yang paling baru dalam jurnal sirkulasi melibatkan pengujian pria dan wanita yang pernah terjangkit serangan jantung di usia 55. Menemukan bahwa sekitar 2 dari 3 wanita positif memiliki masalah abdominal bagian atas mengarah ke awal serangan. Ini termasuk masalah pada perut dengan rasa sakit yang tidak nyaman, masalah pencernaan, dan mual.

 

Sakit perut dan kembung sering dirasakan oleh orang yang terkena serangan jantung. Ini dikarenakan mereka dapar menyebabkan banyak hal berbeda, dan serangan jantung bukan tipikal yang berada diantara pilihan yang kamu pikirkan. Tapi kadang, rasa sakit ini dapat berkembang menjadi tekanan yang berat.

 

Seperti mual dan muntah, hal ini sangat biasa terjadi pada gejala serangan jantung. Wanita juga mungkin mengalami beberapa tingkat pusing atau kunang-kunang yang menyebabkan mual. Secara esensi, semua bentuk masalah gastrointestinal adalah peringatan tanda gejala serangan jantung pada wanita. Jadi jika kamu menyadari sesuatu yang tidak biasa, hubungi dokter anda.

 

  1. SENSASI ANEH DI DADA

semua orang mengetahui bahwa sakit pada dada adalah gejala umum serangan jantung. Kebanyakan orang yang mengalami sakit pada dada akan langsung memutuskan pergi ke dokter.

 

Tapi pada wanita, rasa sakit ini mungkin tidak datang, ujar Master of Public Health dan berdasarkan studi peneliti Dr. Judity Hilevi Lichtman. Malah hal tersebut diganti dengan rasa aneh yang tidak nyaman  yang bekisar di sekitar dada.

 

Banyak wanita yang menjelaskan gejala yang mereka alami seperti tekanan atau sesak pada dada. Beberapa mungkin juga merasakan geli di bagian dada atau sesuatu yang terasa seperti aliran listrik ringan di bagian torsonya.

  • Sensasi ini mudah dikenali.
  • Kabar baiknya adalah hal tersebut selalu disertai gejala lain yang lebih jelas
  • Jadi jika kamu menyadari ada keanehan pada dadamu, perhatikan seluruh tubuhmu.
  • Kamu mungkin menyadari tanganmu menjadi kaku, atau tekanannya menjalar ke rahang atau sekitar punggung.

 

  1. GEJALA SEPERTI FLU

Ada banyak penyakit yang tak terhitung jumlahnya memiliki gejala seperti flu. Ini disebabkan banyak virus yang tidak fatal menyebabkan kondisi seperti flu yang menyerang sistem imunitas tubuh.

Masalahnya adalah dengan jenis kelompok gejala ini adalah karena sangat biasa dan relative tidak berbahaya, banyak orang yang menganggap enteng penyakit tersebut. Ini mungkin termasuk, tapi tidak terbatas pada :

  • Kelelahan
  • Mual
  • Rasa sakit
  • Masalah gastrointestinal

Banyak wanita mengalami gejala awal serangan jantung yang seperti flu. Triknya adalah untuk memperhatikan dan menyadari jika flu ini terasa berbeda. Lebih intens? Sedikit berbeda, seperti kamu tidak dapat menjentikan jari? Saran terbaik adalah dengan menghubungi doktermu. Bahkan jika hanya flu, gejala aneh tidak boleh dikesampingkan!

  1. PEGAL ATAU KELELAHAN

Sekitar 70% wanita akan merasakan lebih lelah daripada bulan-bulan biasanya pada saat serangan jantung. Mereka mungkin menyadari bahwa rasa pegal ini dapat cukup parah sampai mereka kesulitan dalam melakukan hal-hal sederhana, kegiatan sehari-hari, seperti berjalan di dalam rumah.

 

Berdasarkan ahli cardiologist, Dokter Osteopathic Medicine dan penulis Buku Suzanne Steinbaum, banyak wanita membuat kesalahan dengan mengabaikan kelelahan seperti ini. Ini karena wanita mungkin terbiasa merasa pegal selama PMS dan menghubungkan kelelahan ini dengan siklus menstruasi.

 

Beberapa contoh kelelahan yang kamu ingin hindari:

  • Tidak dapat turun dari tempat tidur
  • Bermasalah saat berdiri
  • Kelelahan hanya karena pergi ke dapur/kamar mandi
  • Hilang fokus dan pikiran positif dan semua ketajaman
  • Kelelahan yang terlihat bersumber dari sekitar dada
  • Kelelahan yang terlihat lebih parah di bagian kiri tubuh

 

Tentu saja, pegal dapat terjadi dalam berbagai alasan. Jadi jika kamu merasa tidak sehaat, itu tidak selalu berarti jantungmu berada di dalam bahaya. Tapi jika istirahat tidak membuat anda lebih baik, rasa kelelahanmu terasa memburuk dan memburuk, kamu dapat langsung pergi dari tempat tidurmu dan pergi untuk berbicara dengan dokter. Bahkan jika itu bukan serangan jantung, kelelahan yang meningkat terus bukanlah hal yang sehat.

KESIMPULAN

Serangan jantung sangat berbahaya dan dapat berakhir fatal. Jika kamu mengalami salah satu dari 7tanda serangan jantung jangan pernah abaikan, telepon 911 segera atau minta keluarga terdekat mengantarmu ke rumah sakit dengan segera.

Bahkan jika kamu tidak memiliki serangan jantung yang terlihat, 20% dari kasus serangan jantung adalah sunyi dan tidak disadari dari sisi luar, tapi ada beberapa dampak yang terjadi. Berwaspadalah dan ketahuilah bahwa lebih baik mencari aman daripada menyesal.

Pikirkan bahwa banyak gejala yang terjadi sebulan sebelum serangan jantung terjadi. Penting untuk mendiskusikan arti dari gejala-gejala ini dengan doktermu untuk memastikan kamu sehat dan terhindar dari kerusakan yang mungkin terjadi.

 

Yane Pranata

Add comment

window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({flush: true});