Ceriwis

8 Cara Menjaga Persahabatan Tetap Langgeng

Persahabatan yang kokoh dan kuat tentu tidak terjadi secara kebetulan.

Seperti hubungan asmara, persahabatan juga membutuhkan cinta dan kasih sayang untuk tumbuh dan berkembang untuk bisa bertahan menjadi persahabatan yang langgeng.

Persahabatan dapat bertahan puluhan tahun jika kita tahu bagaimana cara untuk bertahan memeliharanya, tapi persahabatan tentu dapat terputus dengan cepat jika kita tidak berusaha memperdalam dan mengenal dengan baik teman kita.

Jangan sampai ya kamu tidak menghargai kehadiran teman-teman disekitarmu! Kami telah merangkum beberapa pokok bahasan yang bisa kamu terapkan dalam menjaga hubunganmu dengan temanmu

INILAH 8 HAL YANG BISA KITA LAKUKAN UNTUK MENJAGA AGAR PERSAHABATAN TETAP LANGGENG:

  • PASTIKAN KITA MENGIKUTI SETIAP BAGIAN PENTING KEHIDUPAN MEREKA

Mungkin teman kita memperjuangkan berbagai hal-karir, hubungan, hobi, keluarga, dan sebagainya.

Buat jelas bahwa kita tertarik dengan segala hal yang terjadi.

Bahkan ketika sendiri tidak sabar ingin curhat, tenanglah dan biarkan mereka berbagi apa yang sedang mereka lakukan belakangan ini.

Kebanyakan orang merasa seolah-olah tidak ada orang yang mau mendengerkan mereka.

Kalau kita adalah pendengar yang baik, kita tidak akan pernah kehabisan teman, karena kita akan membuat siapapun merasa didengarkan dan dihargai.

  • KETIKA BERKUMPUL, COBA JADWALKAN PERTEMUAN BERIKUT SEBELUM BERPISAH

Kadang mudah untuk berjanji untuk berkumpul “segera,” kemudian sadar bahwa sudah tiga bulan berlalu sejak kita terakhir bertemu.

Salah satu cara paling baik untuk mencegah ini terjadi adalah dengan memastikan tanggal untuk pertemuan berikut sebelum kita berpisah.

Jangan malu untuk bertanya pada teman kapan mereka ada waktu luang.

Kalau mereka adalah teman yang baik, mereka akan bersemangat untuk bertemu dengan kita lagi.

  • MENGENANG MASA-MASA INDAH

Tidak ada yang menyamai kenangan bersama dan nostalgia untuk mempererat hubungan persahatan.

Untuk menjaga persahabatan tetap sehat, kita perlu membuat kenangan baru, namun membicarakan sejarah dan petualangan bersama bisa menggembirakan.

  • JANGAN HANYA MAKAN DAN MINUM, JADWALKAN AKTIVITAS BERSAMA

Apakah kita dan sahabat kita biasanya hanya pergi minum kopi atau makan siang bersama?

Makan bersama memang menyenangkan, tapi mengapa tidak mencoba berbagai aktivitas seperti berjalan-jalan atau nonton film?

Ini akan memberikan kita hal yang baru untuk dibincangkan, yang akan membuat percakapan lebih menarik.

  • JANGAN TERLALU SOMBONG UNTUK MENYAPA DULUAN

Jika sudah cukup lama sejak kita terakhir bertemu teman, buatlah langkah pertama dengan menyapa dan bertanya apakah mereka ingin bertemu lagi lain kali.

Ada kemungkinan teman kita begitu sibuknya sampai lupa untuk tetap berhubungan, atau mereka terlalu merasa rendah diri untuk mengirim pesan.

  • JANGAN PERNAH HITUNGAN

Persahabatan yang sehat adalah berdasarkan saling mendukung dan tetap bersenang-senang.

Kalau kita merasa perlu menghitung apa yang kita beri dan terima dalam persahabatan, waktunya untuk memikirkan kembali dinamika persahabatan kita apakah sehat atau tidak.

Walaupun salah satu dari kita membutuhkan dukungan lebih dari waktu ke waktu, dalam jangka panjang persahabatan yang sehat harus seimbang dalam memberi dan menerima.

Jangan pernah mencoba untuk memanipulasi teman dengan menunjukkan seberapa banyak yang pernah kita lakukan untuk mereka.

Hal itu tidak akan mengilhami mereka untuk membalas budi, itu hanya akan menimbulkan rasa sebal dan cekcok.

  • BERBAGILAH MENGENAI HAL-HAL YANG MENGINGATKAN KITA PADA TEMAN

Walaupun ketika kita sudah lama tidak bertemu dengan teman, bagikan artikel, lelucon dan berita yang membuat kita memikirkan mereka.

Contoh, kirimkan tautan artikel online mengenai topik favorit mereka atau lampirkan gambar referensi lelucon yang  hanya dipahami kita dan teman kita melalui WhatsApp.

  • JAGALAH AGAR PENGHARAPAN KITA TETAP REALISTIS

Jangan terlalu berharap berlebihan dari teman kita.

Contoh, jika teman kita menjadi orang tua untuk pertama kalinya, kita harus bisa untuk berpikir realistis kalau saja mereka tidak bisa selalu ikut minum setiap hari Jumat.

Kalau kita memiliki teman yang selalu enggan jadi dewasa, jangan berharap mereka memberikan saran karir atau bisa menjadi babysitter ketika kita membutuhkan seseorang untuk dititipi anak kita jika diperlukan.

Begitu juga, jika mereka menginginkan terlalu banyak dari kita, mungkin sudah saatnya untuk mengatur batas yang jelas dan tepat agar tidak terjadi salah paham.

Contoh, jika mereka mengharapkan kita mendengarkan mereka berbicara soal masalah di kantor berjam-jam suatu waktu, kita harus memperjelas bahwa kita tidak mau jadi psikolog.

KESIMPULAN

Walaupun terkadang ketika kita mengkritik teman kita maksud kita baik, namu yang terjadi adalah kadang-kadang teman malah menjadi menjauh atau kehilangan kontak dengan kita selama bulanan bahkan tahunan.

Kita tentu tidak bisa berharap semua persahabatan kita akan bertahan selamanya bukan, namun ketika kita memiliki teman  yang telah dekat dan bersama dengan kita melalui suka dan duka bersama dalam jangku yang lebih dari hitung hari bahkan bulan, tentu kamu juga ingin menjaga hubungan baik yang telah terjalin selama ini bukan?teman dan sahabat merupakan bagian dari hidup kita yang tidak bisa kita pisahkan. Mereka selalu ada untuk membantu dan mendukung kita atau bahkan mau direpotkan ketika dibutuhkan. Seabagai kita manusia yang nyatanya adalah mahluk sosial, kehadiran orang-orang di sekitar kita lah yang membantu kita untuk bisa bertahan dalam menghadapi permasalahan dalam hidup kita.

Di samping itu, jika kamu mau mencoba tips yang kami berikan di atas, kemungkinan besar kamu akan tetap dekat dengan teman-teman mu untuk jangka waktu bertahun-tahun mendatang.

Yane Pranata