Ceriwis
depressed

8 Hal Yang Jangan Diabaikan Ketika Kamu Merasa Depresi

depressed

Ketika kamu merasa depresi, ini bisa terasa menyulitkan untuk mengumpulkan tenaga untuk melakukan hal-hal dalam hidupmu. Tentu saja, hal yang wajar untuk kamu mengambil waktu sejenak untuk bersantai dan memulihkan diri. Tetapi terkadang, ketika perasaan sedih itu bertahan sekian lama, tidak mengatasinya hanya akan membuatnya menjadi buruk.

Penting untuk mencoba dan membantu dirimu sendiri dari kekacauan tersebut. Bangun dan mengerjakan tugas-tugas bisa membantu, tetapi apakah ada hal yang spesifik yang bisa kamu lakukan yang terbukti efektif?

Berita baiknya bahwa banyak tips harian yang bisa membantumu untuk keluar dari momen buruk kamu. Dengan mempraktekannya, kamu bisa membantu meringankan beban otak dan tubuhmu keluar dari kekacauan.ini adalah beberapa hal yang jangan diabaikan ketika kamu merasa depresi.

8 HAL YANG JANGAN DIABAIKAN KETIKA KAMU MERASA DEPRESI

“Ketika kamu merasa kecewa, lihatlah ke langit. Kamu tidak selalu sendiri.”- EunB

  1. REFLEKSI DIRI

Sangatlah penting untuk memproses emosimu. Ketika kamu tidak melalui proses yang tepat atas apa yang kamu rasakan, kamu akan berakhir menyerap segala perasaan negatif untuk periode waktu yang lama. Hal yang paling mudah untuk memproses emosimu adalah dengan menuliskan yang kamu rasakan. Menggunakan jurnal atau diary untuk membiarkan dirimu menuliskan segala sesuatu yang mengganggumu. Tidak hanya ini membiarkanmu untuk melepaskan dan mengekspresikan perasaanmu, tetapi ini juga membantumu untuk melihat secara seksama apa yang ada dalam hati dan pikiranmu.

Ini bisa membantu kamu untuk mencerna emosimu. Terkadang, melihatnya dari sudut yang berbeda bisa membantu kamu untuk mencari solusinya. Atau paling tidak kamu bisa menempatkan prespektifmu agar lebih bisa membantu menyelesaikan masalahnya.

Jika perasaanmu terlalu membebankanmu, kamu selalu bisa untuk membuat To Do list dalam jurnalmu.  Kemudian atur ulang daftar ini dengan cara apapun yang kamu mau sampai kamu bisa memprosesnya dengan mudah. Lihatlah apa yang benar-benar perlu kamu lakukan untuk menurunkan perasaan ini.

Sering merasa depresi? Cobalah untuk membuat jurnal harian tentang perasaan kamu, atau kamu juga bisa mengunduh aplikasi mood tracking. Tulislah perasaan harianmu dan apa saja yang terjadi dalam sehari. Kamu akan bisa melihat pola yang membantu kamu menentukan pemicu bad mood kamu.

  1. MEDIA (SEMUA JENISNYA)

Kita tahu bahwa kehidupan bukanlah soal TV atau media sosial atau bahkan internet. Tetapi bila kamu mengisolasi diri kamu dari media ini bisa membuat kamu semakin merasa depresi. Kamu bisa memilih media yang lebih sehat untuk kamu.di bawah ini ada beberapa contohnya:

  • FILM DAN TV

Menonton film dan TV secara terus menerus bukanlah sesuatu yang kamu mau setiap waktu, tapi ketika kamu merasa depresi, tidak apa-apa untuk sesekali menonton tanpa henti sambil mengunyah cemilan favoritmu! Tontonlah acara yang selalu membuat kamu tertawa.

Ini juga bisa dilakukan dengan menonton film kesukaanmu yang bisa membuat kamu tertawa. Carilah video unik atau lucu di YouTube. Media yang positif bisa membantu kamu untuk merasa hebat atas diri kamu sendiri.

  • BUKU

Buku yang bagus bisa menjadi pelarian yang baik. Ini bisa membantu kamu untuk memisahkan dirimu sendiri dari esensi negatif, memberikan jalan keluar yang kamu butuhkan. Kamu bisa membaca buku Self-Help atau buku inspirasional, tetapi tidak salah kalau kamu membaca buku fiksi yang keren! Ketika kamu selelsai, kamu akan mudah untuk menaklukkan kewajibanmu.

  • MUSIK

Musik bisa membantumu dalam berbagai cara untuk merasa lebih baik. Menggunakan music yang ceria akan meningkatkan semangatmu. Menyanyi dan menari bisa melepaskan endorfin dan hormon positif lainnya. Memainkan music juga bisa mengalihkan dan menenangkan tubuhmu.

  • SUMBER INTERNET

Internet memiliki berbagai sumber informasi yang bisa membuat kamu sedih atau bisa membantu kamu untuk bangkit. Bacalah blog yang inspirasional, website yang di desain untuk menenangkan dan memberikan pemikiran bahagia, atau bisa hanya sekedar menggunakan media sosial untuk mengobrol dengan temanmu. Pastikan kamu memilih yang tepat. Hindari post yang negatif atau post yang menyombongkan diri dari temanmu. Oiya jangan juga kamu men-stalk mantanmu! Fokus dengan hal-hal yang bikin kamu bahagia.

  1. BEROLAHRAGA

Kami tahu kalau ini sering kamu dengar berkali-kali. Dan ketika kamu merasa kecewa atau down, biasanya kamu semakin malas melakukannya. Tetapi ini merupakan hal yang kamu butuhkan.

Berolahraga akan melepaskan sel hormon baik dari dalam diri kamu yaitu endorfin. Perasaan positif ini sama seperti ketika kamu menggunakan morfin! Menurut WebMD, ini bisa membuat kamu merasakan eforia, mengurangi stress atau kepanikan, dan meningkatkan pemikiran positif. Ini baik dilakukan ketika kamu merasa depresi. Olahraga ringan pun dapat membantu, ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan:

  • Pergi ke gym
  • Berjalan, jogging, atau berlari
  • Naik sepeda
  • Menari
  • Stretching ringan
  • Yoga
  • Mengerjakan tugas rumah tangga
  • Aktifitas olahraga
  • Berkebun

Bahkan berjalan-jalan menikmati matahari juga sudah cukup. Udara segar bisa meringankan kecemasanmu dan vitamin D dari sinar matahari bisa meningkatkan mood kamu.

Ya kami tahu kamu pasti lebih suka tidur di kasurmu sepanjang hari. Dan ya kami juga tahu kalau ini lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Tetapi percaya deh bangun dan bergerak akan menghilangkan perasaan sedih itu seketika.

  1. TUGAS HARIAN

Mengerjakan tugas harian kamu ketika kamu merasa depresi bisa terasa seperti kamu memaksakan dirimu sendiri. Tetapi ketika melakukannya kamu bisa mengalihkan diri kamu dari perasaan sedih itu. Ini bisa membantu kamu merasa positif dan produktif. Dan juga bisa membantu kamu melupakan pemikiran buruk dalam pikiran kamu! Jadi…

  • Bangun dan kerjakan tuga harian kamu
  • Lakukan tugas yang bisanya kamu lakukan
  • Mengerjakan proyek yang kamu sukai

Tugas sederhana bisa sangat membantu kamu. Bukan saja kamu akan melakukan hal yang produktif tetapi kamu juga akan membuat dirimu merasa berguna dan juga pikiranmu dapat terbebas dari awan gelap.

Lakukan hal sederhana seperti mandi dan memakai makeup, sikat gigi dan mencukur jika kamu menyukainya. Ini mungkin terlihat berlebihan tetapi merasa segar dan aktraktif bisa membangkitkan semangatmu.

  1. DIET

Hal yang alami jika kamu ingin makan junk food ketika kamu merasa emosional. Tetapi melakukannya hanya akan mebuat kamu semakin merasa depresi. Ini termasuk makanan berlemak, gula, dan semua yang tidak sehat dan diproses. Dasarnya, penelitian menyatakan bahwa mengalihkan perasaanmu dengan makan hanya akan membuat kamu semakin terpuruk.

Masih ingin menikmati cemilan? Opsi untuk yang lebih sehat misalnya:

– kacang

– buah

– biji-bijian

– telur

– keju

– Sayur

– salmon

– Dark Chocolate

Jadi kamu bisa memberikan dirimu hadiah ketika kamu merasa down, pastikan kamu memilih pilihan yang tepat untuk dimakan untuk menghindari kamu merasa lebih down lagi. Makanan yang tepat akan mengembangkan pemikiran positifmu, bukan menguranginya.

  1. MELAKUKAN SESUATU YANG BARU

Sangat mudah untuk tidak ingin melakukan hal apapun ketika kamu merasa down. Kenyataannya bahwa melakukan suatu hal yang baru dan ikut dalam petualangan mini akan menjadi cara terbaik untuk melepaskan pikiranmu dari apapun yang membuat kamu sedih.

Kamu tidak perlu untuk berlibur jauh ke ujung dunia untuk mendapatkannya. Hanya mencoba hal-hal baru. Kita kasih beberapa contoh seperti:

  • Membeli baju baru
  • Melakukan perjalanan pendek
  • Menemui teman
  • Menjadi relawan dalam organisasi
  • Kreatif dengan seni, fotografi, musik, kerajinan,dll
  • Membeli bunga
  • Mengatur kembali furnitur rumah
  • Membelikan sesuatu untuk teman atau keluarga
  • Makan di restoran baru yang ingin kamu coba

Lakukan hal spontan sulit dilakukan ketika kamu down, tetapi  usaha lebih akan menjadi lebih berharga untuk mendorong kamu merasa lebih baik.

  1. TEMAN, KELUARGA DAN SESEORANG YANG KAMU CINTAI

Lebih mudah untuk mengisolasi dirimu sendiri ketika merasa down. Tidak apa-apa untuk dilakukan sementara, tetapi jangan mengisolasi dirimu dari orang-orang yang peduli denganmu. Ini hanya membuat kamu merasa lebih buruk.

Berbicaralah dengan orang yang kamu percayai tentang apa yang kamu alami.ini bisa jadi anggota keluarga, teman, pasangan, atau siapapun yang kamu merasa nyaman. Mintalah pelukan jika kamu membutuhkannya, atau datang ke acara tertentu yang bisa kamu nikmati.

Penelitian membuktikan bahwa orang yang bahagia peduli dengan kehidupan sosial mereka. Terkadang, yang kamu butuhkan hanya beberapa kata penyemangat dan empati untuk membantu kamu kembali bersemangat ingatlah, teman dan keluargamu mencintaimu, dan mereka hanya ingin membantumu.

  1. KEBUTUHAN KESEHATAN MENTALMU

Terkadang kita jatuh dalam jebakan perasaan yang rasanya seperti kita tidak mempunyai alasan untuk merasa sedih. Kamu mungkin berpikir karena kondisi orang lain lebih buruk dari kamu, kesedihanmu tidaklah valid dan kamu harus menggunakan pemikiran positif.

Tetapi inilah kenyataannya: kesedihan bukanlah kompetisi. Pengalaman orang lain tidak mempengaruhimu. Tidak apa-apa kalau merasa sedih, bahkan jika orang lain mempunyai masalah yang lebih berat daripada kamu.

Jangan malu untuk membiarkan perasaanmu muncul. Menangis bisa membantu kamu untuk melewati permasalahan dan mengeluarkan perasaanmu. Mengambil jeda dan menutupi dirimu dalam selimut untuk semalam diperbolehkan dan membuatmu mendapatkan cukup istirahat.

quotes about what depression feels like

Jika kamu mempunyai akar kecemasan, ambil waktu untuk meditasi dan bernafas, banyak opsi yang bisa membantu kamu menenangkan diri sendiri dan menemukan pusat dirimu. Ini juga merupakan cara yang tepat untuk melepaskan energy negatif yang membuatmu merasa seperti ini.

Kamu harus mawas diri pada kesehatan mentalmu. Menurut WebMD, catatlah seberapa sering periode ini muncul, dan berapa lama kamu merasa depresi. Ini penting untuk di catat jika kamu mengalami depresi klinikal untuk gangguan depresi.penting untuk dicatat jika kamu mengalami depresi klinikal, berikut tips dan trik yang mungkin bisa memberikan gambaran. Gejala meliputi:

  • Kelelahan
  • Susah konsentrasi
  • Masalah ingatan
  • Kehilangan minat pada hal-hal yang kamu nikmati
  • Gatal dan nyeri
  • Sakit kepala dan kram
  • Terlalu Sedikit atau terlalu banyak tidur
  • Terlalu sedikit atau terlalu banyak makan
  • Merasa tidak berharga dan cemas
  • Merasa kosong
  • Keinginan untuk bunuh diri atau kematian

Jika kamu mengalami gejala ini, bicaralah ke dokter, terapis, penasihat, atau pelaku medis profesional lainnya secepatnya. Kalau kamu didiagnosa dengan depresi, catatlah tips ini siapa tahu bisa berguna, dan kamu mungkin membutuhkan bantuan tambahan untuk melalui saat ini.

KESIMPULAN

Tidak ada yang ingin merasakan depresi. Ini sulit untuk dilalui. Ketika ini terjadi, ketahuilah kalau kamu tidak sendiri. Merupakan hal yang alami bagi seseorang untuk merasa sedih sesekali, dan tidak ada yang salah dengan kamu hanya karena kamu merasa buntu.

Menyadari bahwa kamu merasa sedih merupakan kunci untuk dirimu bisa melalui masa sulit ini. Belajar untuk memproses emosi ini dan mencari cara untuk membantu dirimu merasa lebih baik bisa menjadi sulit. Tetapi jika kamu menyadarinya, kebahagiaan tidak akan jauh.

Ingatlah bahwa walaupun ini sulit, ada hal-hal baik yang menantimu. Jangan malu untuk mencari bantuan atau nasihat, dan tahu bahwa kamu akan melaluinya melewati petir dan pelangi pada akhirnya.

Yane Pranata