Ceriwis
Home » Inspirasi » 8 Hal yang Kebanyakan Orang Butuh Seumur Hidupnya untuk Dipelajari

8 Hal yang Kebanyakan Orang Butuh Seumur Hidupnya untuk Dipelajari

Apakah kita siap untuk mempelajari beberapa pelajaran hidup yang paling penting?

Bagus, karena di bawah ini adalah semacam peringatan untuk melihat kembali kehidupan kita secara baik-baik dan mengevaluasi kembali prioritas kita.

Ketika dokter memberitahu pasien bahwa waktu mereka di dunia sudah mendekati akhir, berbagai penyesalan mulai membanjiri pikiran mereka.

Kehidupan yang tidak mereka hargai akan mendekati akhirnya, dan kebanyakan orang langsung berharap mereka telah mempelajari berbagai pelajaran penting lebih awal.

Waktu itu fana. Waktu adalah sumber daya yang tidak bisa kita dapatkan kembali.  Sayang sekali, di masa sekarang kebanyakan orang terlambat menyadarinya.

Jika sedang membaca artikel ini, manfaatkanlah pelajaran umum ini yang seringnya membutuhkan waktu seumur hidup untuk kita pelajari..

TERAPKANLAH PELAJARAN INI DALAM HIDUP KITA HARI INI DAN NIKMATI KEHIDUPAN YANG LEBIH GENAP. JANGAN MENUNGGU SAMPAI AKHIR HIDUP KITA.

  • KEGAGALAN ADALAH PELAJARAN TERSAMAR

Beberapa pelajaran hidup penting kita pelajari dari kegagalan. Walaupun membuat kesalahan besar tidaklah terasa seperti kesempatan bagus untuk belajar pada saat itu, namun begitulah persisnya.

Belajarlah untuk merangkulnya daripada membiarkan kegagalan membebani kita.

Bahkan ambillah resiko dan keluarlah dari zona aman sesering yang kita bisa, walaupun itu artinya kita beresiko gagal.

Kegagalan kita adalah anugerah. mereka mengajarkan kita untuk menerima diri kita apa adanya. Kegagalan mengajarkan kita untuk menghadapi rasa takut. Dan juga mengajarkan kita integritas.

Kegagalan kita adalah alasan kita dapat tumbuh berkembang menjadi orang yang hebat. Belajarlah mencintai kegagalan.

  • HIDUP DI SAAT INI

Seringkali kita terperangkap, terobsesi akan masa lalu atau khawatir akan masa depan. Ketika waktu kita dalam kehidupan habis, kita akan sadar bahwa masa sekaranglah yang penting.

Masa lalu sudah berlalu dan masa depan bukanlah jaminan. Satu-satunya yang kita bisa kendalikan adalah bagaimana kita bertindak dan apa yang kita lakukan dengan waktu saat ini.

Tutuplah pintu masa lalu. Proseslah hal-hal yang kita pelajari, terapkan pelajaran itu dalam hidup saat ini dan jangan pernah melihat ke belakang. Buatlah rencana untuk masa depan, tapi jangan terlalu memikirkannya.

Hiduplah dengan fokus dalam saat ini. Hari esok belumlah terjadi.

  • HIDUPLAH UNTUK DIRI SENDIRI
Hasil gambar untuk Life time lesson

Ketika orang-orang menyadari bahwa hidup mereka hampir berakhir, mereka melihat ke belakang dengan kejernihan yang sebelumnya tidak dimiliki. Menjadi jelas bahwa mimpi yang selama ini mereka kejar bertahun-tahun sebelumnya adalah salah.

Mereka selama ini hidup berdasarkan tekanan eksternal. Tujuan mereka berdasarkan apa yang mereka pikir sebaiknya dilakukan, apa yang diharapkan untuk mereka lakukan, atau apa yang orang lain suruh untuk mereka lakukan.

Kita hanya memiliki satu kehidupan untuk dijalani. Mengapa hidup untuk orang lain? Dapatkan keberanian untuk setia pada hasrat terdalam kita. Tanyalah pada diri sendiri apakah yang diinginkan dari kehidupan, kemudian raihlah itu.

  • BEKERJALAH DENGAN KERAS, TAPI JANGAN TERLALU KERAS

Kejarlah mimpi dan bekerja keraslah untuk mewujudkan jadi nyata. Bekerjalah dengan keras sepanjang hari tapi pulanglah ke keluarga pada saat pulang kerja.

Salah satu penyesalan terbesar orang-orang di akhir hidupnya adalah mereka tidak menghabiskan lebih banyak waktu dengan orang-orang yang paling berharga bagi mereka.

Mereka melewatkan pertandingan sepakbola anaknya. Mereka gagal pergi berkencan dengan pasangannya. Mereka tidak pernah mengunjungi orang tuanya ketika masih masih hidup.

Walaupun penting untuk mengejar mimpi dan bekerja keras untuk mencapai cita-cita, berusahalah untuk menjaga keseimbangan dalam hidup. Luangkan waktu untuk keluarga, teman-teman dan diri sendiri.

  • PENUNDAAN MEMPERBUDAK KITA

Waktu adalah sumber daya yang berharga dan sayangnya sangat mudah untuk menyia-nyiakan waktu di dunia saat ini.

Ketika kita menunda dan membuang waktu yang berharga, kita menjadi budak dari masa lalu. Kita harus bekerja lebih keras untuk mengejar ketinggalan. Kita tetap melihat ke belakang bukannya ke depan.

Daripada membiarkan kemalasan menang, kita bisa jadi proaktif dan membereskan apa yang harus diselesaikan sekarang, kita bisa dengan percaya diri maju menuju masa depan tanpa belenggu kemarin menahan diri kita.

Lawanlah keinginan menunda, walaupun godaan itu di mana-mana.

  • APA YANG KITA LAKUKAN LEBIH PENTING DARIPADA YANG KITA UCAPKAN

Walaupun kebanyakan kita sudah pernah mendengar ungkapan populer ini, untuk memahaminya sepenuhnya bisa perlu seumur hidup.

Kita mempercayai kebohongan dunia, orang lain dan dari diri sendiri. Kita membiarkan orang untuk terus menerus menganiaya kita dan kita memilih untuk percaya pada janji bahwa itu tidak akan terjadi lagi.

Kita bilang pada diri sendiri bahwa akan mengubah hidup kita (lebih sehat, membereskan pendidikan,menghasilkan lebih banyak uang), tapi kita tidak pernah mengambil langkah menuju tujuan kita.

Kata-kata tersebut memberikan kenyamanan sesaat, namun perbuatan kitalah yang sesungguhnya menggambarkan siapa kita dan orang lain.

Ucapan dan tindakan seharusnya sejalan. Berbuatlah sesuai apa yang kita ucapkan, tapi percayailah orang lain berdasarkan tindakannya daripada kata-katanya.

  • KEBAIKAN HATI SANGAT PENTING
Hasil gambar untuk Life time lesson

Tersenyumlah pada orang asing yang kelihatannya sedang mengalami hari yang buruk. Bantulah wanita yang lupa membawa dompet dan sekarang sedang malu di antrian restoran makanan cepat saji bersama tiga anaknya yang berteriak. Hiburlah temanmu yang sedang bersedih.

Belajarlah untuk memberi lebih banyak dari kita menerima.

Selalu ada kesempatan untuk kebaikan di manapun kita lihat, dan tidak satupun itu terlalu kecil.

Tidak hanya kebaikan akan membuat dunia berbeda bagi orang di sekitar kita,  kebaikan juga akan mengubah hidup kita. Ketika kita fokus pada kebaikan, kita akan membawa begitu banyak

hal positif dalam hidup setiap hari. Dengan menolong orang lain, kita menolong diri sendiri.

  • BERSYUKUR

Semakin kita menjadi lebih tua, kita semakin menghargai berbagai hal yang kita miliki dalam kehidupan. Namun kita masih cenderung fokus pada semua hal yang tidak kita miliki.

Tentu saja ada jutaan hal yang tidak kita miliki. Tapi ada begitu banyak hal yang kita miliki.

Contoh, karena kita membaca artikel ini, artinya kita memiliki pendidikan untuk membaca, koneksi internet, dan sebuah gawai yang memungkinkan kita untuk memanfaatkan koneksi internet tersebut. Masih banyak orang di dunia yang tidak memiliki kemewahan tersebut.

Membentuk kebiasaan bersyukur adalah kunci sejati menuju kebahagiaan. Dengan penghargaan sejati, kita akan mendapat penerangan dalam hidup. Kita akan bisa hidup dalam saat ini dan berterima kasih atas seluruh hal luar biasa yang membuat kehidupan kita layak dijalani.

Maka mulailah meluangkan waktu untuk menghargai semua yang kita miliki. Mulai dari mandi air hangat yang bisa kita lakukan setiap pagi,makanan di dapur, pekerjaan yang kita miliki dan keluarga yang kita cintai.

Hidup kita seharusnya tidak diisi dengan penyesalan, namun ada wabah penyesalan yang menjangkiti banyak orang ketika mereka di akhir hidupnya.

Orang-orang ini menyadari bahwa hidup mereka akan jauh lebih genap bila mereka telah mempelajari pelajaran hidup hari ini.

Pelajaran apakah yang kita berharap pelajari lebih awal dalam hidup kita? Tinggalkan pesan di bawah agar kami tahu.

Yane Pranata

Add comment

window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({flush: true});