8 Perubahan Kecil yang Harus Kamu Lakukan Sekarang Untuk Kesuksesan Seumur Hidup

Apakah kamu ingin mengubah hidup kamu agar kamu bisa meraih kesuksesan seumur hidup? Banyak orang ingin meningkatkan kehidupan mereka, tapi tidak yakin harus mulai dari mana. Bagaimanapun, kamu bisa mengubah hidup kamu hari ini dan mulai bekerja untuk meraih kesuksesan dan kebahagiaan—perhatikan 8 perubahan kecil yang harus kamu lakukan berikut ini.

1. Mulailah bekerja untuk meraih mimpi seumur hidup

Kebanyakan orang punya tujuan hidup, seperti menulis buku atau memulai bisnis mereka sendiri. Tujuan ini sangat penting bagi mereka, tapi tujuan-tujuan ini dikesampingkan sehingga tuntutan yang lain bisa mengambil alih prioritas. Jangan jual impian kamu—mulailah bekerja mencapainya hari ini. Tanyakan kepada diri sendiri pertanyaan-pertanyaan ini untuk menggulirkan bola: Apa impian seumur hidup saya? Bisakah saya mulai mengerjakannya sekarang? Apa yang bisa saya lakukan tahun ini untuk bekerja menuju impian seumur hidup saya?

2. Temukan pola tidur yang baik dan pertahankan

Mungkin menggoda untuk bangun telat dan tidur selama akhir pekan kamu, tapi tidur berlebihan bahkan selama beberapa hari benar-benar bisa mengatur ulang siklus tidur kamu. Hindari kelelahan di kemudian hari dan menjadi kurang produktif dengan membuat perubahan. Bangun dan tidurlah pada waktu yang sama setiap hari. Ini juga membantu sebagian besar masalah tidur, jadi ada banyak manfaat untuk konsisten dengan pola tidur kamu.

3. Menabung untuk salah satu prioritas kamu

Salah satu perubahan penting yang haruas kamu lakukan untuk kesuksesan seumur hidup adalah menabung untuk salah satu prioritas utama kamu. Hidup itu penuh dengan hal tak terduga, dan penting untuk memiliki sedikit tabungan untuk keadaan darurat. Jika kamu tidak perlu uang untuk masalah tak terduga, kamu bisa menggunakan uang itu sebagai bagian dari tabungan pensiun kamu—situasi yang sama-sama menguntungkan.

[AdSense-A]

4. Mulailah berolahraga

Olahraga teratur punya beberapa manfaat: olahraga mengendalikan berat badan, memperbaiki suasana hati, meningkatkan energi, dan memerangi penyakit dan masalah kesehatan. Ada banyak jenis olahraga yang bisa kamu pertimbangkan, termasuk lari, berenang, jalan kaki, bersepeda, hiking, dan angkat beban. Inilah perubahan yang kamu ingin tekuni untuk sepanjang hidup kamu, jadi sangat penting untuk menemukan olahraga yang kamu nikmati.

5. Berhentilah membandingkan diri kamu dengan orang lain

Dunia ini penuh dengan begitu banyak orang dengan banyak keterampilan dan bakat yang berbeda. Saat kamu fokus pada apa yang dilakukan orang lain, tujuan kamu sendiri berhenti menjadi prioritas kamu. Ketimbang keras pada diri sendiri dan memikirkan kehidupan orang lain, fokuslah pada pencapaian tujuan dan kebahagiaan kamu sendiri.

6. Belajarlah sesuatu yang baru setiap hari

Belajar tidak harus berhenti saat kamu berhenti sekolah. Dunia ini penuh dengan hal-hal yang tidak kamu ketahui, jadi fokuslah untuk terus mendidik diri kamu sendiri. Inilah perubahan besar yang bisa dilakukan karena bias memajukan area kamu, membuka pikiran kamu, dan bahkan menunjukkan perspektif baru. Ada banyak cara kamu bisa mendidik diri sendiri sebagai orang dewasa, dari podcast sampai seminar hingga baca buku.

7. Dokumentasikan hidup kamu

Bagian penting dari keberhasilan adalah menghargai hal-hal baik dalam hidup kamu. Dari menulis jurnal sampai mengambil foto, ada kebahagiaan besar dalam mendokumentasikan kehidupan. Saat kamu tua nanti, kamu akan menghargai bisa melihat kenangan kamu, dan mereka bahkan akan berguna sekarang. Jika kamu merasa sedih setelah hari yang berat, melihat kenangan masa-masa bahagia akan membantu mengembalikan senyum di wajah kamu.

8. Tentukan apa yang menjadi renjana kamu

Apa arti kesuksesan bagi kamu? Tidak masalah jika kamu tidak tahu apa yang ingin kamu lakukan dengan hidup kamu sekarang, tapi mengidentifikasi renjana dan nilai-nilai kamu akan membantumu menjalani kehidupan bahagia dan sukses. Jika kamu tidak yakin harus mulai dari mana, duduklah dengan selembar kertas dan tuliskan prioritas kamu dalam hidup, apa arti sukses menurut kamu, dan bagaimana kamu ingin meningkatkan kehidupan kamu.

Semoga berhasil!

(Amy Johnson)

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *